Ateisme dan Skeptisisme di Yunani Kuno
Yunani Kuno adalah waktu yang menyenangkan untuk ide dan filosofi - mungkin untuk pertama kalinya, di sana mengembangkan sistem sosial yang cukup maju untuk membiarkan orang-orang duduk dan memikirkan topik yang sulit untuk mencari nafkah. Tidak mengherankan bahwa orang-orang berpikir tentang pengertian tradisional tentang dewa dan agama, tetapi tidak semua orang memutuskan mendukung tradisi. Hanya sedikit yang benar-benar bisa disebut filsuf atheis, tetapi mereka skeptis yang kritis terhadap agama tradisional.
Protagoras
Protagoras adalah skeptis dan kritikus pertama yang memiliki catatan yang dapat diandalkan. Dia menciptakan istilah terkenal "Man adalah ukuran semua hal." Ini kutipan lengkapnya:
"Manusia adalah ukuran dari segala sesuatu, dari hal-hal apa adanya, dari hal-hal yang bukan mereka."
Ini tampak seperti klaim yang samar-samar, tetapi itu sangat tidak ortodoks dan berbahaya pada saat itu: menempatkan manusia, bukan dewa, di pusat penilaian nilai.Sebagai bukti betapa berbahayanya sikap ini dirasakan, Protagoras dicap dengan kekejaman oleh orang Athena dan dibuang sementara semua karyanya dikumpulkan dan dibakar.
Jadi, sedikit yang kita ketahui berasal dari orang lain. Diogenes Laertius melaporkan bahwa Protagoras juga mengatakan:
"Mengenai para dewa, saya tidak memiliki sarana untuk mengetahui apakah mereka ada atau tidak ada. Bagi banyak orang adalah hambatan yang menghambat pengetahuan, baik ketidakjelasan pertanyaan dan pendeknya kehidupan manusia."
Itu adalah semboyan yang bagus untuk ateisme agnostik, tetapi tetap merupakan wawasan yang hanya dapat diterima oleh beberapa orang saat ini.
Aristophanes
Aristophanes (sekitar 448-380 SM) adalah dramawan Athena dan dianggap sebagai salah satu penulis komedi terbesar dalam sejarah sastra. Anehnya bagi seorang kritikus agama, Aristophanes terkenal karena konservatismenya.
Pada satu titik dia dikutip mengatakan:
"Buka mulutmu dan tutup matamu, dan lihat apa yang akan Zeus kirimkan padamu."
Aristophan dikenal karena sindirannya, dan ini mungkin komentar satir atas semua orang yang mengaku memiliki tuhan yang berbicara melalui mereka. Komentar lain lebih jelas kritis dan mungkin salah satu argumen "beban bukti" yang paling awal:
"Shrines! Shrines! Tentunya kau tidak percaya pada dewa. Apa argumenmu? Di mana buktinya?"
Anda dapat mendengar atheis hari ini, lebih dari dua milenium kemudian, mengajukan pertanyaan yang sama dan mendapatkan keheningan yang sama sebagai jawaban.
Aristoteles
Aristoteles (384-322 SM) adalah seorang filsuf dan ilmuwan Yunani yang berbagi dengan Plato dan Socrates perbedaan menjadi filsuf kuno yang paling terkenal. Dalam Metaphysics-nya, Aristoteles memperdebatkan keberadaan keberadaan ilahi, yang digambarkan sebagai Penggerak Utama, yang bertanggung jawab atas kesatuan dan kegunaan alam.
Aristoteles ada dalam daftar ini, karena dia juga cukup skeptis dan kritis terhadap ide-ide tradisional para dewa:
"Doa dan pengorbanan kepada para dewa tidak ada gunanya"
"Seorang tiran harus mengenakan penampilan pengabdian yang tidak biasa terhadap agama. Subjek kurang khawatir terhadap perlakuan ilegal dari seorang penguasa yang mereka anggap takut akan Tuhan dan saleh. Di sisi lain, mereka tidak mudah melawannya, percaya bahwa dia memiliki para dewa di sisinya. "
"Manusia menciptakan dewa sesuai dengan citra mereka sendiri, tidak hanya dalam bentuk mereka tetapi juga pada cara hidup mereka."
Jadi sementara Aristoteles tidak berarti "ateis" dalam arti yang paling ketat, dia bukan "theist" dalam arti tradisional - dan bahkan tidak dalam apa yang hari ini akan disebut "tradisional" akal. Teisme Aristoteles lebih dekat pada semacam teisme yang deisme yang populer selama Pencerahan dan yang paling ortodoks, orang Kristen tradisionalis hari ini akan menganggap sebagai sedikit berbeda dari ateisme. Pada tingkat yang murni praktis, itu mungkin tidak.
Diogenes of Sinope
Diogenes of Sinope (412? -323 SM) adalah filsuf Yunani yang umumnya dianggap pendiri Sinisme, sebuah sekolah filsafat kuno. Praktis baik adalah tujuan filsafat Diogenes dan dia tidak menyembunyikan penghinaannya terhadap sastra dan seni rupa.Misalnya, dia menertawakan orang-orang yang menulis surat untuk membaca penderitaan Odiseus sambil mengabaikan kata-kata mereka sendiri.
Penghinaan ini dilakukan langsung ke agama yang, untuk Diogenes of Sinope, tidak memiliki relevansi yang jelas dengan kehidupan sehari-hari:
"Demikianlah Diogenes mengorbankan semua dewa sekaligus." (sambil memecahkan kutu di atas altar sebuah kuil)
"Ketika saya melihat pelaut, pria sains, dan filsuf, manusia adalah yang paling bijak dari semua hal. Ketika saya melihat para imam, nabi, dan penafsir mimpi, tidak ada yang begitu hina seperti manusia."
Penghinaan terhadap agama dan dewa ini dimiliki oleh banyak ateis saat ini. Memang, sulit untuk mendeskripsikan penghinaan ini sebagai sesuatu yang kurang kasar dibandingkan dengan kritik agama yang disebut "Atheis Baru" hari ini.
Epicurus
Epicurus (341-270 SM) adalah seorang filsuf Yunani yang mendirikan sekolah pemikiran yang disebut, cukup tepat, Epicureanisme. Doktrin penting dari Epicureanisme adalah bahwa kesenangan adalah kebaikan dan tujuan tertinggi dari kehidupan manusia. Kecintaan intelektual ditempatkan di atas yang sensual.Kebahagiaan sejati, Epicurus ajarkan, adalah ketenangan yang dihasilkan dari penaklukan rasa takut akan dewa, kematian, dan akhirat. Tujuan utama dari semua spekulasi Epicurean tentang alam adalah untuk menyingkirkan orang-orang dari ketakutan tersebut.
Epicurus tidak menyangkal keberadaan dewa-dewa, tetapi ia berpendapat bahwa sebagai "makhluk bahagia dan bisa binasa" dari kekuatan supernatural, mereka tidak bisa melakukan apa pun dengan masalah manusia - meskipun mereka mungkin merasa senang dalam merenungkan kehidupan manusia yang baik.
"Persuasi yang luar biasa dalam iman adalah persetujuan dari ide-ide atau gagasan-gagasan yang dipalsukan; itu adalah keyakinan yang meyakinkan akan realitas hantu."
"... Laki-laki, percaya pada mitos, akan selalu takut pada sesuatu yang mengerikan, hukuman abadi sebagai sesuatu yang pasti atau mungkin. ... Laki-laki mendasarkan semua ketakutan ini bukan pada pendapat yang matang, tetapi pada pandangan irasional, sehingga mereka lebih terganggu oleh rasa takut yang tidak diketahui selain dengan menghadapi fakta. Ketenangan pikiran terletak pada terbawa dari semua ketakutan ini. "
"Seorang pria tidak bisa menghilangkan rasa takutnya tentang hal-hal yang paling penting jika dia tidak tahu apa sifat alam semesta tetapi mencurigai kebenaran dari beberapa cerita mitos. Sehingga tanpa ilmu alam itu tidak mungkin untuk mencapai kesenangan kita tidak bersunat."
"Entah Tuhan ingin menghapuskan kejahatan, dan tidak bisa, atau dia bisa, tetapi tidak mau. ... Jika dia ingin, tetapi tidak bisa, dia tidak berdaya. Jika dia bisa, tetapi tidak mau, dia jahat. ... Jika, seperti yang mereka katakan, Tuhan dapat menghapuskan kejahatan, dan Tuhan benar-benar ingin melakukannya, mengapa ada kejahatan di dunia? "
Sikap epikurus terhadap dewa mirip dengan yang biasanya diberikan kepada Sang Buddha: dewa mungkin ada, tetapi mereka tidak dapat membantu kita atau melakukan apa pun untuk kita sehingga tidak ada gunanya mengkhawatirkan mereka, berdoa kepada mereka, atau mencari mereka untuk bantuan apa saja. Kita manusia tahu kita ada di sini dan sekarang jadi kita perlu khawatir tentang cara terbaik menjalani hidup kita di sini dan saat ini; biarkan para dewa - jika ada - jagalah diri mereka sendiri.
sumber:
https://www.thoughtco.com/atheism-and-skepticism-with-greek-philosophers-248345
0 Response to "Ateisme dan Skeptisisme di Yunani Kuno"
Post a Comment