RINCIAN MINGGU EFEKTIF
untuk mendownload (klik disini)
NAMA SEKOLAH : SMP NEGERI 3 BANDA ACEH
MATA PELAJARAN : BIOLOGI
TAHUN PELAJARAN : 2016/2017
1.
Jumlah
Minggu dalam Semester I
NO
|
BULAN
|
MINGGU
|
MINGGU
EFEKTIF
|
1
|
Juli
2016
|
4
|
3
|
2
|
Agustus
|
5
|
5
|
3
|
September
|
4
|
2
|
4
|
Oktober
|
4
|
4
|
5
|
November
|
5
|
4
|
6
|
Desember
|
4
|
-
|
JUMLAH
|
26
|
18
|
NO
|
BULAN
|
MINGGU TIDAK EFEKTIF
|
1
|
Juli
2016
|
1 minggu libur semester genap dan
puasa serta idul fitri
|
2
|
September
|
1 minggu libur hari raya idul adha
1 minggu UTS
|
3
|
November
|
1 minggu ujian SM I
|
4
|
Desember
|
2 Minggu pengolahan Nilai Dan Ekstra
Kurikuler
2 minggu libur SM II
|
JUMLAH
|
8
minggu
|
2. Jumlah minggu dalam semester I
Total Minggu 26 – 8 minggu tidak
efektif = 18 minggu efektif
Total
Jam Pelajaran = 18 x 3 jam = 54 Jam Pelajaran
Mengetahui,
Banda Aceh, 11 November 2016
Guru
Pamong Mahasiswa Praktikan
Ellisdar,
S.pd
Rizal Sunanda
Nip:
195801201980032001 1406103010014
RINCIAN MINGGU EFEKTIF
NAMA SEKOLAH : SMP NEGERI 3 BANDA ACEH
MATA PELAJARAN : BIOLOGI
KELAS/SEMESTER : VII / II
TAHUN PELAJARAN : 2016/2017
1. Jumlah Minggu dalam
Semester II
NO
|
BULAN
|
MINGGU
|
MINGGU
EFEKTIF
|
1
|
Januari
2017
|
4
|
4
|
2
|
Februari
|
4
|
4
|
3
|
Maret
|
5
|
4
|
4
|
April
|
4
|
2
|
5
|
Mei
|
5
|
3
|
6
|
Juni
|
4
|
-
|
JUMLAH
|
26
|
17
|
NO
|
BULAN
|
MINGGU TIDAK EFEKTIF
|
1
|
Maret 2017
|
1 minggu UTS
|
2
|
April
|
2 Minggu UAS kelas IX
|
3
|
Mei
|
1 minggu UN
1 Minggu libur awal bulan puasa
|
4
|
Juni
|
1 Ujian Semester 2
1 minggu Pengolahan Nilai
1 Minggu libur semester
1 Minggu libur hari raya idul fitri.
|
JUMLAH
|
9 minggu
|
2. Jumlah minggu dalam semester II
Total Minggu 26 – 9 minggu tidak
efektif = 17 minggu efektif
Total
Jam Pelajaran = 17 x 3 jam = 51 Jam Pelajaran
Mengetahui,
Banda Aceh, 11 November 2016
Guru
Pamong Mahasiswa Praktikan
Ellisdar,
S.pd
Rizal Sunanda
Nip:
195801201980032001
1406103010014
PROGRAM
TAHUNAN
Nama
Sekolah : SMP NEGERI 3 BANDA ACEH
Mata
Pelajaran : Biologi
Kelas : VII
Tahun Ajaran :
2016/2017
KOMPETENSI INTI
1. Menghargai
dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
2. Menunjukkan
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong),
santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan
sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
3. Memahami
pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan
kejadian tampak mata
4. Mencoba,
mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai,
memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung,
menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber
lain yang sama dalam sudut pandang/ teori.
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Sub Materi
|
Alokasi waktu
|
SEMESTER I
3.1 Mendeskripsikan ciri-ciri makhluk hidup
|
ü Ciri-ciri
makhluk hidup
|
Ciri- ciri makhluk hidup
·
Bergerak
·
Makan
·
Peka terhadap rangsangan
·
Bernafas
·
Mengeluarkan zat sisa
·
Berkembang biak
|
15 JP
|
3.2 Mengklasifikasi-kan makhluk hidup dan benda berdasarkan
karakteristik yang diamati
|
ü Klasifikasi
makhluk hidup
|
Klasifikasi
·
Makhluk hidup dan benda tak hidup
·
Klasifikasi makhluk hidup Pengenalan
mikroskop
|
21 JP
|
3.3 Memahami sistem organisasi kehidupan mulai
dari tingkat sel sampai organism dan
komposisi utama penyusun sel
|
ü Organisasi
kehidupan
|
Sistem Organisasi Kehidupan
·
Sel
·
Jaringan
·
Organ
·
Sistem organ
·
Organisme
|
18 JP
|
SEMESTER II
3.4
Menganalisis interaksi antara makhluk
hidup dan lingkungannya serta dinamika populasi akibat interaksi tersebut
|
ü Ekosistem
|
Makhluk Hidup dan Lingkungan
· Interaksi
antara makhluk hidup dan lingkungan
· Dinamika
populasi
|
15JP
|
3.5 Menganalisis terjadinya pencemaran
lingkungan dan dampaknya bagi ekosistem
|
ü Pencemaran
Lingkungan
|
Pencemaran Lingkungan
· Pencemaran
udara
· Pencemaran
air
· Pencemaran
tanah
· Dampak
pencemaran bagi ekosistem
|
15JP
|
3.6 Memahami perubahan iklim dan dampaknya bagi
ekosistem
|
ü Pemanasan
Global
|
Perubahan
Iklim
· Penyebab
terjadinya perubahan iklim
· Dampak perubahan iklim bagi ekosistem
· Upaya
pengendalian pemanasan global
|
21JP
|
Mengetahui, Banda Aceh, 11 November 2016
Guru Pamong
Mahasiswa Praktikan
Ellisdar,
S. Pd Rizal Sunanda
Nip: 195801201980032001 1406103010014
PROGRAM SEMESTER
Mata
Pelajaran : Biologi
Kelas/Semester : VII/I
Tahun :
2016-2017
No
|
Kompetensi dasar
|
Alokasi waktu
|
Bulan
|
|||||||||||||||||||||||||
Juli
|
Agustus
|
September
|
Oktober
|
November
|
Desember
|
|||||||||||||||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
|||
1
2.
3.
|
3.1 Mendeskripsikan ciri-ciri makhluk hidup
3.2 Mengklasifikasi-kan makhluk hidup dan benda
berdasarkan karakteristik yang diamati
3.2 Memahami sistem organisasi kehidupan mulai
dari tingkat sel sampai organisme dan komposisi utama penyusun sel
|
15JP
21JP
18 JP
|
L
I
B
U
R
S
E
M
E
S
T
E
R
G
E
N
A
P
&
P
U
A
S
A
S
E
R
T
A
I
D
U
L
F
I
T
R
I
|
L
I
B
U
R
H
A
R
I
R
A
Y
A
I
D
U
L
A
D
H
A
|
L
I
B
U
R
U
T
S
|
L
I
B
U
R
U
J
I
A
N
S
E
M
E
S
T
E
R
I
|
M
I
N
G
G
U
P
E
N
G
O
L
A
H
A
N
N
I
L
A
I
|
E
K
S
T
R
A
K
U
R
I
K
U
L
E
R
|
L
I
B
U
R
S
E
M
E
S
T
E
R
S
M
11
|
L
I
B
U
R
S
E
M
E
S
T
E
R
S
M
11
|
Mengetahui,
Banda Aceh, 11 November 2016
Guru
Pamong Mahasiswa Praktikan
Ellisdar, S.pd Rizal
Sunanda
Nip: 195801201980032001 1406103010014
PROGRAM SEMESTER
Mata Pelajaran :
Biologi
Kelas/Semester : VII/II
Tahun :
2016-2017
No
|
Kompetensi dasar
|
Alokasi waktu
|
Bulan
|
||||||||||||||||||||||||||
Januari
|
Februari
|
Maret
|
April
|
Mei
|
Juni
|
||||||||||||||||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
|||||
1.
2.
3.
|
3.4
Menganalisis interaksi antara makhluk
hidup dan lingkungannya serta dinamika populasi akibat interaksi tersebut
3.5 Menganalisis terjadinya pencemaran
lingkungan dan dampaknya bagi ekosistem
3.6 Memahami perubahan iklim dan dampaknya bagi
ekosistem
|
15JP
15JP
21JP
|
L
I
B
U
R
U
T
S
|
L
I
B
U
R
K
E
L
A
S
|
U
A
S
I
X
|
M
I
N
G
G
U
L
I
B
U
R
U
N
|
L
I
B
U
R
A
W
A
L
B
U
L
A
N
P
U
A
S
A
|
U
J
I
A
N
S
E
M
E
S
T
E
R
2
|
M
I
N
G
G
U
P
E
N
G
O
L
A
H
A
N
N
I
L
A
I
|
M
I
N
G
G
U
L
I
B
U
R
S
E
M
E
S
T
E
R
|
M
I
N
G
G
U
H
A
R
I
R
A
Y
A
I
D
U
L
F
I
T
R
I
|
Mengetahui, Banda Aceh, 11 November 2016
Guru
Pamong Mahasiswa Praktikan
Ellisdar, S. Pd
Rizal Sunanda
Nip:
195801201980032001 1406103010014
RINCIAN MINGGU EFEKTIF
NAMA SEKOLAH : SMP NEGERI 3 BANDA ACEH
MATA PELAJARAN : BIOLOGI
KELAS/SEMESTER : VIII / II
TAHUN PELAJARAN : 2016/2017
1.
Jumlah
Minggu dalam Semester II
NO
|
BULAN
|
MINGGU
|
MINGGU EFEKTIF
|
1
|
Januari
2017
|
4
|
4
|
2
|
Februari
|
4
|
4
|
3
|
Maret
|
5
|
4
|
4
|
April
|
4
|
2
|
5
|
Mei
|
5
|
3
|
6
|
Juni
|
4
|
-
|
JUMLAH
|
26
|
17
|
NO
|
BULAN
|
MINGGU TIDAK EFEKTIF
|
1
|
Maret 2017
|
1 minggu UTS
|
2
|
April
|
2 Minggu UAS kelas IX
|
3
|
Mei
|
1 minggu UN
1 Minggu libur awal bulan puasa
|
4
|
Juni
|
1 Ujian Semester 2
1 minggu Pengolahan Nilai
1 Minggu libur semester
1 Minggu libur hari raya idul fitri.
|
JUMLAH
|
9
Minggu
|
2. Jumlah minggu dalam semester II
Total Minggu 26 – 9 minggu tidak
efektif = 17 minggu efektif
Total
Jam Pelajaran = 17 x 3 jam = 51 Jam Pelajaran
Mengetahui,
Banda Aceh, 11 November 2016
Guru
Pamong Mahasiswa Praktikan
Ellisdar,
S.pd Rizal Sunanda
Nip: 195801201980032001 1406103010014
PROGRAM
TAHUNAN
Nama Sekolah : SMP NEGERI 3 BANDA ACEH
Mata Pelajaran :
Biologi
Kelas : VIII
Tahun Ajaran :
2016
– 2017
KOMPETENSI INTI
5. Menghargai
dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
6. Menunjukkan
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong),
santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan
sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
7. Memahami
pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan
kejadian tampak mata
8. Mencoba,
mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai,
memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung,
menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber
lain yang sama dalam sudut pandang/ teori.
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Sub Materi
|
Alokasi waktu
|
SEMESTER I
3.1 Memahami gerak pada makhluk
hidup, sistem gerak pada manusia, dan upaya menjaga kesehatan sistem gerak
|
ü Sistem
Gerak pada Manusia
|
Struktur
dan fungsi rangka
· Struktur
dan fungsi sendi
· Struktur
dan fungsi otot
· Upaya
menjaga kesehatan sistem gerak
|
12JP
|
3.2 Menganalisis keterkaitan struktur jaringan tumbuhan dan
fungsinya, serta teknologi yang terinspirasi oleh struktur tumbuhan
|
ü Struktur
dan Fungsi Tumbuhan
|
·
Struktur dan fungsi akar, batang dan
daun
· Struktur
dan fungsi bunga, buah dan biji
·
Struktur dan fungsi Jaringan
|
15JP
|
3.3 Menganalisis sistem pencernaan pada manusia dan memahami gangguan
yang berhubungan dengan sistem pencernaan, serta upaya menjaga kesehatan
sistem pencernaan
|
ü Sistem
Pencernaan pada manusia
|
· Zat
makanan
· Uji
bahan makanan
· Organ
pencernaan
· Enzim
pencernaan
· Penyakit
yang berhubungan dengan sistem pencernaan
|
15JP
|
3.4
Memahami berbagai zat aditif dalam makanan dan minuman, zat adiktif, serta
dampaknya terhadap kesehatan
|
ü Zat
Aditif dan Zat Adiktif
|
·
Jenis zat
aditif (alami dan buatan) dalam makanan dan minuman
· Jenis zat adiktif
· Pengaruh zat aditif dan adiktif terhadap kesehatan
|
12JP
|
SEMESTER
II
3.5 Menganalisis
sistem pernapasan pada manusia dan memahami gangguan pada sistem pernapasan
serta upaya menjaga kesehatan sistem pernapasan
|
ü Sistem
pernapasan
|
Sistem
pernapasan pada manusia
·
Organ pernapasan
·
Mekanisme pernapasan
Gangguan pada sistem pernapasan
·
Upaya menjaga kesehatan sistem
pernapasan
|
18JP
|
3.6 Menganalisis sistem peredaran darah pada manusia dan memahami
gangguan pada sistem peredaran darah, serta upaya menjaga kesehatan sistem
peredaran darah
|
ü Sistem
Peredaran Darah
|
Sistem
Peredaran Darah
·
Organ peredaran darah
·
Jenis peredaran darah
·
Penyakit pada sistem peredaran darah
|
18JP
|
3.7 Menganalisis
sistem ekskresi pada manusia dan memahami gangguan pada sistem ekskresi serta
upaya menjaga kesehatan sistem ekskresi
|
ü Sistem
ekskeresi
|
Sistem Ekskresi pada Manusia
·
Struktur dan fungsi sistem ekskresi
·
Gangguan pada sistem ekskresi
·
Upaya menjaga kesehatan sistem
ekskresi
|
15JP
|
Mengetahui
Guru pamong
Ellisdar, S.Pd
NIP:
195801201980032001
PROGRAM SEMESTER
Mata
Pelajaran : Biologi
Kelas/Semester : VIII/II
No
|
Kompetensi
dasar
|
Alokasi waktu
|
Bulan
|
||||||||||||||||||||||||||
Januari
|
Februari
|
Maret
|
April
|
Mei
|
Juni
|
||||||||||||||||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
|||||
1.
2.
3.
|
3.5 Menganalisis
sistem pernapasan pada manusia dan memahami gangguan pada sistem pernapasan
serta upaya menjaga kesehatan sistem pernapasan
3.6 Menganalisis sistem peredaran darah pada
manusia dan memahami gangguan pada sistem peredaran darah, serta upaya
menjaga kesehatan sistem peredaran darah
3.7 Menganalisis
sistem ekskresi pada manusia dan memahami gangguan pada sistem ekskresi serta
upaya menjaga kesehatan sistem ekskresi
|
18JP
18JP
15JP
|
L
I
B
U
R
U
T
S
|
L
I
B
U
R
K
E
L
A
S
|
U
A
S
I
X
|
M
I
N
G
G
U
L
I
B
U
R
U
N
|
L
I
B
U
R
A
W
A
L
B
U
L
A
N
P
U
A
S
A
|
U
J
I
A
N
S
E
M
E
S
T
E
R
2
|
M
I
N
G
G
U
P
E
N
G
O
L
A
H
A
N
N
I
L
A
I
|
M
I
N
G
G
U
L
I
B
U
R
S
E
M
E
S
T
E
R
|
M
I
N
G
G
U
H
A
R
I
R
A
Y
A
I
D
U
L
F
I
T
R
I
|
Mengetahui,
Banda Aceh, 11 November 2016
Guru
Pamong Mahasiswa
Praktikan
Ellisdar, S.pd Rizal Sunanda
Nip: 195801201980032001 1406103010014
Lampiran
Jadwal
Tatap Muka
Senin
|
Selasa
|
Rabu
|
3-5 Kelas VII8
|
1-3 Kelas VIII3
|
Piket
|
6-8 Kelas VII6
|
6-8 Kelas VIII4
|
6-8 Kelas VII7
|
Kamis
|
Jum’at
|
Sabtu
|
3-5 Kelas VIII2
|
4-6 Kelas VIII1
|
|
6-8 Kelas VIII5
|
Mengetahui, Banda Aceh, 11
November 2016
Guru
Pamong Mahasiswa Praktikan
Ellisdar,
S.Pd Rizal
Sunanda
NIP.195801201980032001 1406103010014
Rencana
Kerja Harian Mahasiswa Magang
No
|
Hari/Tanggal
|
Kegiatan
|
1.
|
Senin/24 Oktober 2016
|
-
Penyerahan mahasiswa
magang I kesekolah yang
ditempatkan, dengan didampingi oleh pembimbing
-
Pembagian guru pamong
|
2.
|
Kamis/27 Oktober 2016
|
-
Berkenalan dengan
guru pamong
-
Melakukan observasi
kegitan fisik sekolah latihan
-
Mengamati Situasi
Sekolah dan Lingkungan Sekolah
-
Mempelajari kalender
akademik dengan guru pamong
-
Mempelajari rincian
minggu efektif
-
Membuat rincian
minggu efektif dengan guru pamong
|
3.
|
Kamis/3 November 2016
|
-
Mempelajari program
tahunan dengan guru
-
Mempelajari program
semester dengan guru pamong
|
4.
|
Selasa/8 November 2016
|
-
Mempelajari program
tahunan dengan guru pamong (Lanjutan)
-
Mempelajari program
semester dengan guru pamong (Lanjutan)
|
5.
|
Kamis/10 November 2016
|
-
Membuat program
tahunan
-
Membuat program
semester
|
6.
|
Jumat/11
November 2016
|
- Membuat program tahunan
- Membuat program semester
|
7.
|
Sabtu/12
November 2016
|
-
Penyusunan laporan
Magang
|
Mengetahui, Banda Aceh, 11
November 2016
Guru
Pamong Mahasiswa Praktikan
Ellisdar,
S.Pd Rizal Sunanda
NIP.195801201980032001 1406103010014
untuk mendownload (klik disini)
0 Response to "contoh rincian minggu efektif dan program semester, program tahunan pada magang 1, RPP"
Post a Comment