ads

contoh RPP SMA ruang lingkup biologi ktsp , kurikulum 2013

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah                       : SMAN 1 Banda Aceh
Mata pelajaran             : Biologi
Kelas                           : X
Materi Pokok              : Memahami tentang ruang lingkup biologi (permasalahan pada berbagai obyek biologi dan tingkat organisasi kehidupan),  metode ilmiah dan  prinsip keselamatan kerja berdasarkan pengamatan dalam kehidupan sehari-hari.
Alokasi waktu            : 6 x 45 menit (2 pertemuan)

A.           KOMPETENSI INTI (KI)
1.    Menghayati dan mengamalkan  ajaran agama yang dianutnya.
2.    Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3.    Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4.    Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.

B.            KOMPETENSI DASAR
1.1    Mengagumi keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan tentang keanekaragaman hayati, ekosistem dan lingkungan hidup.
1.2    Menyadari dan mengagumi pola pikir ilmiah dalam kemampuan mengamati bioproses.
1.3    Peka dan peduli terhadap permasalahan lingkungan hidup, menjaga dan menyayangi lingkungan sebagai manisfestasi pengamalan ajaran agama yang dianutnya.
2.1    Berperilaku ilmiah: teliti, tekun, jujur terhadap data dan fakta, disiplin, tanggung jawab, dan peduli dalam observasi dan eksperimen, berani dan santun dalam mengajukan pertanyaan dan berargumentasi, peduli lingkungan,  gotong royong, bekerjasama, cinta damai, berpendapat secara ilmiah dan kritis, responsif dan proaktif dalam dalam setiap tindakan dan dalam melakukan pengamatan dan percobaan di dalam kelas/laboratorium maupun di luar kelas/laboratorium.
3.1  Memahami tentang ruang lingkup biologi (permasalahan pada berbagai obyek biologi dan tingkat organisasi kehidupan),  metode ilmiah dan  prinsip keselamatan kerja berdasarkan pengamatan dalam kehidupan sehari-hari.
4.1  Menyajikan data tentang objek dan permasalahan biologi pada berbagai tingkatan organisasi kehidupan sesuai dengan metode ilmiah dan memperhatikan aspek keselamatan kerja serta menyajikannya dalam bentuk laporan tertulis.

C.           INDIKATOR
1.        Mengidentifikasi permasalahan biologi pada berbagai objek biologi, dan tingkat organisasi kehidupan.
2.        Menjelaskan permasalahan biologi pada berbagai objek biologi, dan tingkat organisasi kehidupan.
3.        Menjelaskan cabang-cabang ilmu dalam biologi dan kaitannya dengan pengembangan karir di masa depan.
4.        Menjelaskan manfaat mempelajari biologi bagi diri sendiri dan lingkungan, serta masa depan peradapan bangsa.
5.        Menganalisis komponenkomponen metode ilmiah dalam permasalahan biologi.
6.        Menjelaskan aspek-aspek keselamatan kerja laboratorium biologi.
7.        Melaksanakan secara tanggung jawab aspek keselamatan kerja di laboratorium. 
8.        Membuat desain kegiatan percobaan sederhana untuk mempelajari kerja ilmiah.
9.        Melakukan percobaan sederhana dengan menggunakan  kerja ilmiah.
10.    Mengkomunikasikan hasil percobaan sederhana berkaitan dengan kerja ilmiah
11.    Membuat laporan hasil penelitian dengan  menggunakan format laporan ilmiah sederhana(tugas mandiri)
12.    Menjelaskan tentang ruang lingkup biologi, kerja ilmiah dan keselamatan kerja, serta rencana pengembangan karir masa depan berbasis biologi.

D.      TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah melaksanakan proses pembelajaran, siswa mampu :
1.        Mengidentifikasi permasalahan biologi pada berbagai objek biologi, dan tingkat organisasi kehidupan.
2.        Menjelaskan permasalahan biologi pada berbagai objek biologi, dan tingkat organisasi kehidupan.
3.        Menjelaskan cabang-cabang ilmu dalam biologi dan kaitannya dengan pengembangan karir di masa depan.
4.        Menjelaskan manfaat mempelajari biologi bagi diri sendiri dan lingkungan, serta masa depan peradapan bangsa.
5.        Menganalisis komponenkomponen metode ilmiah dalam permasalahan biologi.
6.        Menjelaskan aspek-aspek keselamatan kerja laboratorium biologi.
7.        Melaksanakan secara tanggung jawab aspek keselamatan kerja di laboratorium. 
8.        Membuat desain kegiatan percobaan sederhana untuk mempelajari kerja ilmiah.
9.        Melakukan percobaan sederhana dengan menggunakan  kerja ilmiah.
10.    Mengkomunikasikan hasil percobaan sederhana berkaitan dengan kerja ilmiah
11.    Membuat laporan hasil penelitian dengan  menggunakan format laporan ilmiah sederhana(tugas mandiri)
12.    Menjelaskan tentang ruang lingkup biologi, kerja ilmiah dan keselamatan kerja, serta rencana pengembangan karir masa depan berbasis biologi.

E.      MATERI PEMBELAJARAN  
1.    Ruang Lingkup Biologi
2.    Cabang-cabang biologi
3.    Manfaat Mempelajari Biologi
4.    Metode Ilmiah sebagai Pendekatan untuk mempelajari Biologi
5.    Keselamatan Kerja di Laboraorium


F.      METODE PEMBELAJARAN
a.    Metode Pembelajaran :  Diskusi, ceramah, tanya jawab
b.    Model Pembelajaran   : Inkuiri terbimbing

G.     MEDIA, ALAT, DAN SUMBER PEMBELAJARAN
a.    Alat                                       : LCD dan Laptop
b.    Bahan                                    : LKS, buku, ppt (power point)
c.    Sumber pembelajaran           :
·      Pratiwi, D.A, dkk. 2006. Biologi Untuk SMA Kelas X. Jakarta: Erlangga.
·      Buku-buku yang relevan.
·      Internet.

H.      KEGIATAN PEMBELAJARAN
Pertemuan Pertama
Kegiatan
Alokasi waktu
Kegiatan Pendahuluan
1.    Guru menyapa siswa, berdoa, mengabsen.
Apersepsi
2.    Guru menanyakan : Apa saja yang dipelajari dalam Biologi?
Motivasi
3.    Guru meluruskan jawaban siswa jika kurang tepat
4.    Guru menyampaikan tujuan pembelajaran

15 menit
Kegiatan Inti
Mengamati :
1.    Guru membimbing siswa untuk mengamati berbagai aktivitas, atau profesi yang berkaitan dengan biologi.
2.    Guru mengarahkan siswa untuk berdiskusi dengan teman sebangkunya mengenai hal-hal apa saja di kehidupan masa kini yang berkaitan dengan biologi. Contohnya, bidang kedokteran, gizi, lingkungan, makanan, penyakit, serta karier.
3.    Guru membimbing siswa untuk mendiskusikan dampak positif dan negatif dalam memepelajari biologi
Menanya :
1.    Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya mengenai hal-hal yang berkaitan dengan pokok pembahasan.
Mengumpulkan data :
1.    Guru membagikan LKS kepada siswa untuk didiskusikan dengan teman sebangku.
2.    Siswa mengumpulkan data dengan membaca literatur untuk mengetahui ruang lingkup kajian ilmu biologi, cabang-cabang biologi, dan manfaat mempelajari Biologi
Mengasosiasi :
1.    Mendiskusikan hasil-hasil pengamatan yang dibantu oleh guru dan kegiatan tentang ruang lingkup biologi, cabang-cabang biologi untuk membentuk/memperbaiki pemahaman tentang ruang lingkup biologi serta mengetahui manfaat mempelajari biologi
Mengkomunikasikan :
1.    Guru menunjuk perwakilan dari teman sebangku untuk mempresentasikan hasil diskusinya.
2.    Guru memberi kesempatan beberapa siswa untuk menanggapi penjelasan dari temannya.
3.    Guru menilai keterampilan siswa menyaji dan berkomunikasi.
110 Menit
Kegiatan Penutup
1.    Guru meluruskan penjelasan siswa dan memberi tambahan materi jika terdapat konsep yang kurang.
2.    Guru membimbing siswa untuk menyusun kesimpulan.
3.    Guru mengadakan evaluasi.
4.    Guru menyampaikan materi yang akan dipelajari pada pertemuan selanjutnya dan memberikan motivasi kepada siswa agar lebih giat belajar.
10 Menit


Pertemuan Kedua
Kegiatan
Alokasi waktu
Kegiatan Pendahuluan
1.    Guru menyapa siswa, berdoa, mengabsen.
2.    Guru menanyakan tentang materi minggu lalu.
3.    Apersepsi
-       Guru menanyakan “apakah kalian pernah melakukan sebuah penelitian? Bagaimana langkah-langkahnya?”
-       Guru menanyakan “apakah kalian pernah memasuki ruangan laboratorium? Apa fungsi dari laboratorium?”
5.    Guru meluruskan jawaban siswa jika kurang tepat dan mengkomunikasikan tujuan pembelajaran.
15 Menit
Kegiatan Inti
Mengamati :
1.    Guru menjelaskan langkah-langkah metode ilmiah dan pengertian laboratorium
2.    Guru membimbing siswa untuk mengamati pejelasan pada ppt yang ditampilkan
3.    Guru membagi siswa dalam kelompok-kelompok dan mengarahkan siswa untuk membuat langka-langkah metode ilmiah
Menanya :
1.    Siswa bertanya hal-hal yang tidak dimengerti mengenai penyampaian guru.
Mengumpulkan data :
1.    Guru membagikan LKS dan menjelaskan kepada siswa tentang tugas yang akan dikerjakan.
2.    Siswa secara berkelompok mengumpulkan data dengan membaca literatur untuk menyelesaikan tugas yang diberikan oleh guru
Mengasosiasi :
1.    Siswa secara berkelompok menguraikan apa saja langkah-langkah dalam metode ilmiah dan tata tertib keselamatan kerja di laboratorium
2.    Siswa membuat laporan tertulis mengenai hasil diskusi
Mengkomunikasikan :
1.    Tiap kelompok mempresentasikan hasil diskusinya dengan menggunakan media yang telah dirangkai.
2.    Tiap kelompok yang belum mengerti diberikan kesempatan untuk bertanya.
110 Menit
Kegiatan Penutup
1.    Guru memberi penguatan kepada siswa dari hasil diskusi yang diskusi yang telah dilakukan.
2.    Guru membimbing siswa untuk menyusun kesimpulan dan menempelkan hasil kerja siswa pada dinding kelas.
3.    Guru memberikan evaluasi.
4.    Guru mengakhiri pembelajaran dengan memberi motivasi untuk tetap belajar dan mempelajari materi yang akan dipelajari minggu depan.
10 Menit


I.       PENILAIAN
No
Aspek
Jenis/teknik penilaian
Bentuk instrumen
1.
Sikap
-       Observasi Kerja Kelompok
-       Lembar Observasi
2.
Pengetahuan
-       Tes tertulis
-       Soal pilihan ganda
3.
Keterampilan
-       Kinerja presentasi
-       Tugas membuat ringkasan
-       Lembar observasi
-       Lembar penilaian ringkasan
*Contoh Instrumen terlampir
Mengetahui,                                                                Banda Aceh, Maret 2015
Guru Pamong                                                              Mahasiswa Praktikan



Guru pamong                                                              mahasiswa
NIP.                                                                                     NIM



Penilaian Sikap (Afektif)
Materi                          :  Keanekaragaman Hayati
Kelas/Semester            :  X/2
Hari/Tanggal                : 
No.
Nama
Disiplin
Kerjasama
Kejujuran
Kepedulian
Tanggungjawab
Jumlah Skor
Nilai
1.








2.








3.








4.








5.








6.








7.








dst








*) Ketentuan:
·           1 = jika peserta didik sangat kurang konsisten memperlihatkan perilaku yang tertera dalam indikator
·           2 = jika peserta didik kurang konsisten memperlihatkan perilaku yang tertera dalam indikator,  tetapi belum konsisten
·           3 = jika peserta didik mulai konsisten memperlihatkan perilaku yang tertera dalam indikator
·           4 = jika peserta didik konsisten memperlihatkan perilaku yang tertera dalam indikator
·           5 = jika peserta didik selalu konsisten memperlihatkan perilaku yang tertera dalam indikator
FORMAT PENILAIAN
Nilai :
Jumlah Skor   X 100
         30




PENILAIAN PENGETAHUAN (KOGNITIF)


Coba kerjakan di buku kerja kalian.
A. Pilihlah salah satu jawaban soal berikut dengan tepat.
1.    Sains memiliki objek kajian berupa ....
a.    alam sekitar kita
b.    alam sekitar baik yang bersifat nyata maupun abstrak
c.    benda konkret yang dapat direspons oleh pancaindra kita
d.   benda konkret yang hanya dapat diobservasi dengan penglihatan
e.    benda konkret yang dapat diketahui dengan bantuan instrumen/alat bantu

2.    Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi sangat pesat. Pesatnya perkembangan ini didasarkan atas pengalaman ....
a.    laboratorik
b.    subjektif
c.    psikologis
d.   empiris
e.    sistematik

3.    Alasan bahwa sains dikembangkan menurut langkah yang sistematis adalah ....
a.    agar hasilnya selalu benar
b.    agar hasilnya selalu bermanfaat
c.    agar mendapatkan hasil yang subjektif
d.   agar tidak terjadi kesalahan
e.    agar setiap orang yang melakukan langkah tersebut menghasilkan produk yang sama

4.    Hasil penelitian sains selalu memihak kepada ....
a.    kebenaran ilmiah
b.    kebenaran absolut
c.    kebenaran sementara
d.   keyakinan
e.    penguasa

5.    Di bawah ini merupakan kegiatan observasi dalam melakukan penelitian ilmiah, kecuali ....
a.    melihat
b.    mendengar
c.    memikir
d.   membau
e.    mengecap

6.    Langkah pertama yang dilakukan oleh peneliti dalam melakukan penelitian ilmiah adalah ....
a. melakukan percobaan
b. mengobservasi hasil pengamatan
c. mengidentifikasi permasalahan
d. menganalisis data
e. merancang eksperimen

7.    Deskripsi hasil pengamatan terhadap objek biologi dengan indra penglihatan adalah ....
a.    bau dan rasa
b.    warna dan rasa
c.    suara dan ukuran
d.   bau dan warna
e.    bentuk dan ukuran

8.    Amir membaca skala termometer menunjukkan 37o C waktu mengukur suhu tubuh temannya. Keterampilan yang dimiliki oleh Amir adalah ....
a.    keterampilan mengukur
b.    keterampilan melihat
c.    keterampilan menarik kesimpulan
d.   keterampilan mengamati
e.    keterampilan mempredeksi

9.    Seorang siswa mengamati tanaman mangga yang bunganya sangat banyak. Ia mengatakan sebentar lagi pohon mangga itu akan berbuah banyak pula. Pernyataan tersebut termasuk ....
a.    observasi
b.    rumusan masalah
c.    kesimpulan
d.   penjelasan
e.    rumusan hipotesis

10.    Dalam sistematika penulisan ilmiah, latar belakang masalah ditempatkan pada ....
a.     Pendahuluan
b.    Data dan pembahasan
c.     Kesimpulan dan saran
d.    Metode penelitian
e.    Tinjauan pustaka

11.    Seorang siswa kelas X ingin mengetahui pengaruh pemberian pupuk kandang terhadap pertumbuhan tanaman bawang merah. Rumusan masalah dari rencana penelitian tersebut adalah ....
a.         Apakah pupuk kandang lebih mudah diperoleh?
b.         Bagaimanakah mekanisme penyerapan pupuk kandang oleh tanaman bawang merah?
c.         Apakah tanaman bawang merah cocok dipupuk dengan pupuk kandang?
d.        Bagaimana pengaruh pupuk kandang terhadap pertumbuhan tanaman bawang merah?
e.         Apakah pertumbuhan tanaman bawang merah yang baik menyebabkan hasil produksi juga meningkat?

12.    Variabel bebas dari pernyataan soal nomor 11 di atas adalah ....
a.         variasi bibit bawang merah
b.         variasi banyak sedikitnya pupuk kandang
c.         variasi pertumbuhan tanaman bawang merah
d.        variasi cara pengolahan tanah
e.         variasi banyak sedikitnya daun
13.    Hipotesis yang dirumuskan dari pernyataan soal nomor 11di atas adalah ....
a.    pupuk kandang berpengaruh pada pertumbuhan tanaman bawang merah
b.    produksi tanaman bawang merah dipengaruhi oleh teknik pengolahan tanah
c.    tingkat pertumbuhan tanaman yang masih muda menentukan tingkat produksi bawang merah
d.   apakah pupuk kandang memengaruhi pertumbuhan tanaman bawang merah
e.    pertumbuhan tanaman bawang merah dipengaruhi oleh pupuk kandang

14.    Seorang siswa bertanya kepada guru. Bu, mengapa penyakit demam berdarah sering mewabah? Pertanyaan tersebut merupakan suatu sikap ilmiah dalam hal ....
a.    mengembangkan rasa ingin tahu
b.    peduli terhadap lingkungan
c.    berpendapat secara ilmiah dan kritis
d.   mampu membedakan antara fakta dan opini
e.    berani dan santun dalam mengajukan pertanyaan dan argumentasi

15.    Beberapa syarat yang perlu diperhatikan dalam penulisan ilmiah adalah berikut ini, kecuali ....
a.    kalimat padat, singkat dan jelas
b.    kalimat dicetak tebal
c.    kalimat lugas
d.   bermakna sebenarnya
e.    bersifat meyakinkan

B. Jawablah soal berikut dengan jawaban yang tepat.

1.        Penelitian apakah yang tidak memerlukan hipotesis?
2.        Para ilmuwan mendapatkan ilmu melalui pendekatan keterampilan proses, sebutkan aktivitas yang dapat digolongkan pada keterampilan proses.
3.        Sebutkan sistematika objek yang dipelajari oleh biologi dari tingkatan yang paling sederhana hingga tingkatan yang paling kompleks.
4.        Ciri apakah yang dimiliki kingdom fungi?
5.        Bagaimanakah biologi berperan dalam meningkatkan kesejahteraan manusia? Jelaskan.


Penilaian Keterampilan (Psikomotorik)

Topik               : ……………………………..…………..
Tanggal            : ……………………………………….
Jumlah Siswa  : …………….……… orang.
                       
No
Nama siswa
Menyampaikan pendapat
Menanggapi
Mempertahankan argumentasi
Jumlah score
Nilai
1.

1
2
3
1
2
3
4
1
2
3
4


2.














dst















Rubrik Penilaian :
a.    Menyampaikan pendapat
1.        Tidak sesuai masalah
2.        Sesuai dengan masalah, tapi belum benar
3.        Sesuai dengan masalah dan benar
b.   Menanggapi pendapat
1.         Langsung setuju   atau menyanggah tanpa alasan
2.         Setuju atau menyanggah dengan alasan yang benar tidak sempurna
3.         Setuju atau menyanggah dengan alasan yang benar 
4.         Setuju atau menyanggah dengan alasan yang benar  dengan didukung referensi
c.    Mempertahankan pendapat
1.        Tidak dapat mempertahankan pendapat
2.        Mampu Mempertahankan pendapat, alasan kurang benar
3.        Mampu mempertahankan pendapat, alasan benar tidak didukung referensi
4.        Mampu mempertahankan pendapat, alasan benar didukung referensi






LEMBAR KERJA SISWA
(LKS)

Judul   : Metode Ilmiah
Tujuan : Mengetahui langkah-langkah metode ilmiah

1.    Alat dan bahan :
-       Alat tulis menulis.
-       Jurnal karya ilmiah.

2.    Cara kerja :
-       Kunjungi perpustakaan umum dikota anda
-       Carilah buku-buku jurnal yang berisikan kumpulan karya ilmiah.
-       Bacalah salah satu karya ilmiah biologi yang ada dalam buku-buku jurnal tersebut.
-       Buatlah bahan analisis tentang cara kerja peneliti dan tentang komponen-komponen dalam karya tulis ilmiah tersebut berkaitan dengan metode ilmiah dalam biologi.
-       Susunlah hasil anasilis anda dalam bentuk tabel.

3.    Hasil Pengamatan
Hal yang perlu diketahui
Keterangan
Judul penelitian

Tujuan

Manfaat

Rumusa Masalah

Hipotesis

Percobaan
·         Unit percobaan
·         Jumlah unit percobaan
·         Perlakuan
·         Dosis yang dipakai
·         Variabel bebas
·         Variabel terikat
·         Respons yang diukur

Pengujian hipotesis

Kesimpulan

Rekomendasi


4.    Pertanyaan :
-     Tuliskan tujuan pengolahan data penelitian!
-     Jika hasil penelitian tidak sesuai dengan yang anda harapkan, apakah hal itu merupakan suatu kegagalan? Bagaimana anda menyikapi hal tersebut?
  
MATERI AJAR
RUANG LINGKUP BIOLOGI

A.           Ruang Lingkup Biologi
Biologi adalah ilmu mengenai kehidupan. Istilah biologi diambil dari bahasa Belanda biologie, yang juga diturunkan dari gabungan kata dalam bahsa Yunani, bios = hidup dan logos = ilmu. Ilmu Biologi disebut juga ilmu hayat yang artinya “ilmu kehidupan”. Istilah ilmu hayat diambil dari bahasa Arab dan digunakan di negara kita, hingga tahun 1970-an.
Apa saja yang dipelajari dalam biologi? Objek yang menjadi kajian biologi sangat banyak, yaitu semua yang bekaitan dengan makhluk hidup, baik pada tingkat molekul, sel, jaringan, organ, sistem irgan, individu, populasi, ekosistem, maupun tingkat biom.
1.      Tingkat molekul
2.      Tingkat sel
3.      Tingkat jaringan
4.      Tingkat sistem organ
5.      Tingkat individu
6.      Tingkat populasi
7.      Tingkat ekosistem
8.      Tingkat biom

B.            Cabang-Cabang Biologi
Ibarat sebatang pohon, biologi merupakan pohon ilmu yang sangat besar yang memiliki banyak cabang ilmu. Tiap cabang ilmu itu akan bercabang lagi menjadi anak cabnag ilmu yang baru. Beberapa cabang biologi yang tekah berkembang, diantaranya adalah seperti yang disebutkan berikut ini.
1.      Berdasarkan objek kajiannya.
2.      Berdasarkan struktur dan fungsi makhluk hidup.
3.      Berdasarkan tema pokoknya.
4.      Berdasarkan objek dan tema pokoknya.

C.           Manfaat Mempelajari Biologi
Apakah manfaat mempelajari bioalogi ? Telah diuraikan diatas bahwa objek kajian biologi mengenai makhluk hidup sangat luas, dari tingkat molekuler sampai tingkat biom. Biologi juga telah berkembang menjadi berbagai cabang ilmu yang kajiannya lebih mendalam. Dengan mempelajari makhluk hidup, termasuk dirinya sendiri, manusia akan dapat mengambil banyak manfaat, bagi dirinya, bagi lingkungan, dan bagi masa depan bangsa.
D.           Metode Ilmiah
Metode ilmiah adalah proses pemerolehan fakta mengenai suatu fenomena dengan menggunakan kaidah yang disetujui oleh seluruh komunitas sains. Metode ilmiah merupakan teknik yang disusun sehingga suatu hasil penelitian dapat lebih dipertanggungjawabkan.
            Secara sederhana, metode ilmiah dimulai dengan mengidentifikasi atau mnentukan masalah, menentukan hipotesis untuk menjelaskan masalah, merancang percobaan untuk mengumpulkan data, menentukan variabel yang akan diuji, mengolah data dengan cara analisis, membuat kesimpulan, dan mengomunikasikan hasil penelitian.

E.            Keselamatan Kerja di Laboratorium
Sebagian besar penelitian ilmiah dilakukan dilaboratorium. Apakah laboratorium itu ? Secara umum, laboratorium adalah suatu bangunan yang didalamnya terdapat berbagai peralatan dan bahan-bahan untuk melakukan percobaan ilmiah, melakukan penelitian, praktik pembelajaran, pengujian, atau kalibrasi alat tertentu. Kecelakaan kerja di laboratorium dapat terjadi karena kelalaian diri sendiri atau orang lain yang bekerja didalam laboratorium.
1.        Faktor Penyebab Kecelakaan Kerja di Laboratorium
a.       Faktor Manusia
b.      Bahan Kimia
c.       Peralatan
d.      Sarana dan Prasarana Penunjang.

2.      Mengenal Bahan Kimia dan Simbol Bahaya.
Pengenalan bahan kimia merupakan hal yang sangat penting bagi setiap prang yang bekerja di laboratorium, termasuk para siswa. Sebagian bahan kimia bersifat berbahaya bagi lingkungan, mudah terbakar, mudah meledak, korosif, beracun, merusak organ tubuh, atau meracuni ikan, serangga dan makhluk hidup lainnya. Bahan kimia biasanya dikemas denga baik dan setiap kemasan terdapat label dan simbol yang merupakan informasisandar yang diakui diseluruh dunia. Beberapa simbol yang sering dijumpai pada kemasan bahan kimia adalah sebagai berikut.




3.      Tata Tertib Laboratorium
Sebelum bekerja di laboratorium, setiap siswa harus sudah memahami beberapa hal penting, antara lain
a.    Memahami tata tertib laboratorium;
b.    Memahami prosedur kerja yang akan dilakukan di laboratorium;
c.    Mempersiapkan perlengkapan keselamatan kerja (misalnya kacamata, jas, dan sarung tangan karet);
d.   Memahami pertolongan pertama pada kecelakaan kerja di laboratorium;
Berikut ini merupakan contoh tata tertib yang umum di laboratorium
a.    Selama bekerja di laboratorium harus mengenakan jas laboratorium
b.    Setiap pengguna laboratorium harus menjaga ketertiban, kebersihan, dan keamanan laboratorium
c.    Dilarang bekerja sendirian di laboratorium
d.   Dilarang bersenda gurau di laboratorium
e.    Dilarang bermain-main dengan peralatan laboratorium dan bahan kimia
f.     Sebelum bekerja di laboratorium siapkan buku kerja dan alat tulis
g.    Pelajari dengan seksama jenis percobaan, jenis bahan, jenis peralatan, dan cara membuang limbah sisa percobaan
h.    Dilarang makan, minum, dan merokok di dalam laboratorium
i.      Jagalah kebersihan meja percobaan. Apabila meja percobaan basah, segera keringkan dengan lap
j.      Setiap prakikan harus mencatat semua kegiatan dengan selengkap-lengkapnya
k.    Gunakan peralatan kerja khusus, seperti kacamata pengaman, untuk melindungi mata
l.      Dilarang memakai sandal atau sepatu terbuka atau sepatu ber hak tinggi
m.  Biasakanlah mencuci tangan dengan sabun dan air bersih, terutama setelah melakukan percobaan
n.    Apabila terjadi kecelakaan yang berkaitan dengan bahan kimia, laporkan segera kepada asisten
o.    Matikan keran air dan aliran listrik sebelum meninggalkan laboratorium



Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.

0 Response to "contoh RPP SMA ruang lingkup biologi ktsp , kurikulum 2013"