ads

portofolio rpp perencanaan

KATA PENGANTAR

Segala puji bagi Allah kami memujinya, memohon pertolongan dan ampunan kepadanya, kami berlindung kepada Allah dari kejahatan diri-diri kami dan kejelekan amal perbuatan kami. Barang siapa yang Allah beri petunjuk, maka tiada yang dapat menyesatkannya dan barang siapa yang Allah sesatkan, maka tiada yang dapat memberi petunjuk.
Alhamdulillah atas petunjuk Allah saya telah dapat menyelesaikan portofolio ini pada mata kuliah “Perencanaan dan Pembelajaran Biologi”. Portofolio ini disusun guna untuk meningkatkan aktivitas pembelajaran dan mengembangkan ilmu pengetahuan. Oleh karena itu, portofolio ini masih terdapat banyak sekali kekurangan karena penyusun masih dalam tahap pembelajaran dan masih perlu saran dan perbaikan dari para pembaca.


                                                                                    Banda Aceh, 24 November 2016

                                                                                                Penyusun








DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR................................................................................................... i
DAFTAR ISI.................................................................................................................. ii
PENDAHULUAN......................................................................................................... 1
DOKUMEN...................................................................................................................
1.      Dokumen Kurikulum SMA................................................................................ 2
2.      Refleksi Diri Tentang Naskah Kurikulum.......................................................... 3
3.      Kalender Pendidikan Tahun Pelajaran 2016/2017 SMA.................................... 4
4.      Refleksi Diri Naskah Kalender Pendidikan........................................................ 6
5.      Program Tahunan (PROTA)............................................................................... 7
6.      Refleksi Diri Naskah PROTA............................................................................ 10
7.      Program Semester (PROSEM)........................................................................... 11
8.      Refleksi Diri Naskah PROSEM......................................................................... 13
9.      Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)......................................................... 14
10.  Refleksi Diri Naskah RPP.................................................................................. 22
11.  Materi Ajar.......................................................................................................... 24
12.  Refleksi Diri Naskah Materi Ajar....................................................................... 28
13.  Lembar Kerja Siswa (LKS)................................................................................ 27
14.  Refleksi Diri Tentang Naskah LKS.................................................................... 35
15.  Media.................................................................................................................. 36
16.  Refleksi Diri Tentang Media.............................................................................. 39
17.  Instrumen Penilaian............................................................................................ 40
18.  Refleksi Diri Naskah Instrumen Penilaian.......................................................... 46
19.  Refleksi Akhir Semester..................................................................................... 47
Lampiran
1.      Pengecekan Portofolio Oleh Diri Sendiri..................................................... 48
2.      Penilaian Portofolio Oleh Diri Sendiri.......................................................... 50
3.      Pengecekan Portofolio Oleh Teman............................................................. 51


4.      Penilaian Portofolio Oleh Teman.................................................................. 53
5.      Penilaian Portofolio Oleh Dosen.................................................................. 55


PENDAHULUAN

            Dalam matakuliah Perencanaan dan pembelajaran kami diajarkan tentang pembuatan RPP yang merupakan ciri khasi dari seorang guru. RPP merupakan suatu hal yang wajib bagi seorang guru dalam mengajar dengan baik dan terorganisir. Maka sudah sepatutnya matakuliah ini harus dipelajari oleh guru.
            Di dalam mata kuliah ini, terdapat banyak sekali hal-hal yang perlu dipelajari oleh seseorang yang akan menjdi guru, misalnya cara membuat indikator, menentukan tujuan pelajaran, membuat evaluasi dan lembaran kerja siswa. Oleh karena itu, mata kuliah ini perlu dipelajari dengan sungguh-sungguh. Setelah mempelajari semua hal yang berkaitan dengan dunia pembelajaran, diharapkan calon guru akan mempunya ilmu tentang rencana pembelajaran dan komponen pembelajaran ketikan nanti berkecimpung langsung dalam dunia pendidikan. Selain itu, mata kuliah ini dapat menuntun seorang guru untuk dapat mengajar secara sempurna.
            Ada berbagai kendala dan kesulitan dalam mempelajari matakuliah ini membutuhkan tanaga, waktu dan kerja lebih, apalagi menyangkut tentang menganalisa kalender pendidikan, masalah pengaturan waktu pada prota serta pembuatan jadwal yang pas pada prosem. Namun, berbagai kendala dan kesulitan dapat diselesaikan mahasiswa apabila mempelajarinya bersama (berkelompok) dan tak lupa diarahi oleh dosen tentunya.
            Pada akhirnya kami ditugaskan membuat RPP, pada permulaannya susah dalam pembuatanya tetapi dengan metode khusus dan cara tertentu untuk menghadapinya. Sehingga sudah menjadi tugas pokok bagi seorang guru berhadapan dengan RPP. Awalnya memang sulit untuk memahami bagaimana cara pembuatan RPP. Mata kuliah perencanaan ini menjadi titika acuan bagi calon guru dalam tugasnya dan Sudah seharusnya calon guru harus benar-benar menguasai semu hal yang berhubungan dengan mata kuliah ini supaya ke depannya akan lebih mudah dalam mengajar dan mengerti bagaimana cara membuat evaluasi dengan baik.



Refleksi Diri Tentang Naskah Kurikulum

24 September 2016
            Perencanaan pengajaran dibimbing oleh 3 dosen diantaranya ibu Hafnati rahmatan, ibu Cut nurmalian dan pak Hassanudin. Pada minggu pertama bu hafnati mengenalkan kami apa itu dan bagaimana kurikulum 2013. Dikarenakan sekarang pemerintah mengedepankan Kurikulum 2013 sebagai kurikulum untuk setiap jenjang pendidikan. Perbedaan kurikulum 2013 dengan KTSP adalah pada pendekatan terhadap Tuhan bukan tanpa alasan pemerintah bertujuan agar siswa dapat mengkaitkan materi belajar dengan pendekatan kepada Tuhan. Kurikulum 2013 mempunyai 4 kompetensi inti dua berisi keaguangan terhadap tuhan dan duanya lagi berisi perilaku siswa dalam proses belajar mengajar pada sekolah.
            Ibu hafnati juga membagi kelompok agar diberi tugas tersendiri. Saya mendapatkan KD 3.6 dari kurikulum SMA yang telah dibagikan. Berdasarkan tugas yang diberikan, mahasiswa diberi tugas untuk mengembangkan indicator dn melatih pembuatan LKS.


Refleksi Diri Tentang Kalender Pendidikan

27 September 2016
            Kami ditugaskan mencari Kalender pendidikan, pada sebelumnya sudah dibagi kelompok, kelompok yang dapat KD SMA diharuskan mendapatkan kalender SMA begitu juga dengan SMP. Kalender pendidikan didapatkan dari sekolah sekitar. Pada kalender ini saya melihat banyak warna pada tanggal tertentu yang punya keterangan dibawahnya. Lalu ibu hafnati menjelaskan secara rinci bagaiamana cara melihat kalender pendidikan dan kami ditugaskan memahami dan menghitung mingu efektif dengan tidak efektif pada kalender tersebut.
            Selain itu juga diajarkan menentukan kapan ulangan di sekolah. Awalnya sedikit terjadi kesalahan dalam menghitung minggu-minggu tersebut. Ada beberapa kendala yang kami hadapi tapi dapat diselesaikan berkat arahan dosen sehingga menganalisa kalender pendidikan dapat berjalan lancar. Tujuan kita menganalisis kalender pendidikan yaitu untuk membuat prota dan prosem agar proses belajar dan mengajar bisa terlaksana dengan baik.

Refleksi Diri Tentang PROTA

04 October 2016
            Hari itu Selasa tanggal 04 October 2016, Program Tahunan merupakan program umum setiap mata pelajaran untuk setiap kelas, berisi tentang garis-garis besar yang hendak dicapai dalam satu tahun dan dikembangkan oleh guru mata pelajaran yang bersangkutan program ini perlu dipersiapkan dan dikembangkan oleh guru sebelum tahun pelajaran dimulai , karena merupakan pedoman bagi pengembangan program-progran berikutnya, yakni program semester, mingguan dan harian serta pembuatan silabus dan sistem penilaian komponen-komponen program tahunan meliputi identifikasi(satuan pendidikan,mata pelajaran, tahun pelajaran) standart kompetensi , kompetensi dasar , alokasi waktu dan keterangan
            Prota dibuat berdasarkan pembagian waktu yang sudah ditetapkan sebelumnya pada minggu efektif. Di minggu efektif ada didapatkan pada semester 1: 54 jp yang akan ditarik ulur berdasarkan pada tiap KD, KD yang kelihatan banyak materi akan mendapatkan alokasi waktu yang banyak.

Refleksi Diri Tentang Prosem

11 October 2016
            Sebenarnya Prota dengan Prosem hampir sama, bedanya dengan Prosem adalah menggunakan excel dan mulai tampak jelas bagaimana hari pada kalender diisi dengan jam pelajaran dan jadwal masuk serta ulangan harian. Struktur prosem sendiri terdiri dari warna tertentu yang punya makna tersendiri, dalam prosem semester 1 ada beberapa hari diisi oleh waktu libur, baik itu libur hari tertentu ataupun ujian, seperti UAS, TRY OUT dan lainnnya.

18 October 2016
Prota dan prosem yang kami buat, ibu haf menyuruh kami mempresentasikan hasil kerja kami. Satu persatu orang ditunjuk maju kedepan, banyak kesalahan dan kekeliruan yang kami dapatkan dalam pembuatan prota prosem serta minggu efektif ini. Dosen memperbaiki dan menyuruh kami membuat ulang dengan teliti agar hasilnya maksimal.

Refleksi Diri Naskah RPP

25 Oktober 2016
Hari selasa. Tetap dengan matakuliah yang sama Perencanaan Pembelajaran, materi hari ini adalah tentang pembuatan RPP. Rpp adalah hal yang wajib bagi guru sebelum mengajar harus ada rencana pelaksanaan pembelajaran. RPP digunakan sebagai pengangan oleh seorang guru dalam mengajar didalam kelas. RPP bertujuan membantu guru dalam mengajar agar sesuai dengan standar kompetensi dan satandar dasar pada hari tersebut.
 Setelah kami menyiapkan prota prosem dan minggu efektif, rintangan selanjutnya adalah RPP. Sebelumnya pak hasan sudah kasih materi kepada kami tentang metode pengajaran serta media alat dan sumber pengajaran. Matakuliah ini adalah matakuliah yang langsung aplikasi atau aksi dalam proses belajarnya ini dibuktikan dengan tugas akhir pembuatan protofolio. ibu Cut nurmaliah mengatakan perencanaan pembelajaran ini berhubungan dengan kurikulum yang di dalamnya berisi kompetensi inti dan kompetensi dasar yang nantinya akan dikembangkan beberapaindikator berdasarkan kompetensi dasar tersebut. Pada hari pertama masuk buk cut, beliau melihat sejauh mana kami telah menyelesaikan minggu efektif sampai RPP, masih ada juga beberapa hal yang salah yang perlu dikoreksi. Ini disebabkan “khususnya saya” kurang fokus dalam belajar. Buk cut juga menjelaskan bahwa matakuliah ini tidaklah main main. Buk cut menyuruh kami mempresentasikannya kedepan satu persatu. Tidak ada satu orang pun yang menjawab, semua mahasiswa cuek dan tidak berani untuk memperlihatkan tugasnya. Pikir saya dari pada tidak ada orang yang maju dan ditunjuk gawat ini!! Lebih baik saya saja yang maju, biarpun salah saya terserah lah, yang penting maju. Pada giliran pertama saya mengajukan diri, mau lihat sejauh mana kesalahan dalam tugas saya. Setelah dikoreksi beliau, seperti saya bilang tadi ada banyak kesalahan yang ada dalam tugas saya. Hari ini ada 3 atau 4 orang yang maju presentasi masalah RPP dan tugas lainnya. Dikarenakan tidak habis dalam satu hari, beliau mengatakan harus mempersiapkan RPP sejauh mana sebaik mungkin untuk dipresentasikan didepan kelas, dan harus semua mahasiswa memperlihatkan tugasnya.






Refleksi Diri Tentang Pengembangan Materi Ajar

01 November 2016
            Perencanaan adalah suatu matakuliah yang menurut saya paling menarik semester ini, selain langsung aplikatif tidak duduk dengar materi selalu, saya juga diajarkan untuk memecahkan masalah sakah satunya seperti pengembangan materi ajar. Perencanaan ini masuk tiap hari selasa jam 10: 40 dalam seminggu. Hari senin pun tiba, rpp yang saya buat pun Alhamdulillah telah rampung dan siap untuk dipresentasi di depan kelas. Jam 10.40 telah tiba dan dosen saya yang mengajar hari itu telah bergegas menuju meja ruangan kelas. Semua mahasiswa tampaknya sibuk dengan laptop masing-masing, di tengah kesibukan itu ada yang sedang berdiskusi dengan teman sebelahnya, ada yang lagi melihat-lihat indikator yang telah dibuat. Namun, saya tidak mempedulikan kesibukan mereka, saya hanya focus tertuju ke depan layar laptop saya. Giliran presentasi RPP pun belum selesai. Pada refleksi sebelumnya saya katakan bahwa satu hari tidak cukup untuk presentasi rpp semua mahasiswa. Waktu untuk mempresentasikan rpp tiba dan dosen menanyakan siapa yang ingin tampil duluan untuk mempresentasikan rpp. Teman teman saya satu persatu pun kedepan, saya duduk di barisan biasanya (belakang) tetap menyimak dengan perasaan kantuk sambil mandang laptop. Ada juga beberapa kesalahan dari Rpp punya kawan saya yang masih belum lengkap dan harus diperbaiki beberapa. Hingga pertemuan ketiga seingat saya masih tetap presentasi masalah Rpp ini.
           
  
Refleksi Diri Tentang LKS

13 Desember 2016
            Sebenarnya LKS ini saya kurang mengerti karena ada satu minggu saya tidak masuk, entah pada minggu tersebut dijelaskan bagaimana format LKS entahlah, ada beberapa bagian yang tidak mengerti menurut saya. Lalu saya search di internet dengan kata kunci format LKS RPP 2013, contoh LKS RPP 2013. LKS merupakan lembaran yang berisi tugas yang harus dikerjakan oleh peserta didik, isi dari LKS biasanya langkah dan petunjuk tentang penyelesaian soal. Lks harus berisi tugas yang sama dengan KD dan tujuan pembelajaran yang hendak ingin dicapai. Menurut saya LKS itu lebih kepada panduan kerja siswa untuk mempermudah dalam melaksanakan pembelajaran.
            Ada beberapa kriteria syarat dalam menyusun LKS seperti kalimatnya harus sederhana dan mudah dimengerti, diisi dengan gambar dan illustrasi agar dapat membantu siswa dalam memahami materi. Selain itu juga harus diperhatikan dalam menentukan kegiatan yang harus dilakukan oleh siswa sesuai Kompetensi dasar dan Indikator. Lalu ada juga alat dan bahan serta sumber belajar.



REFLEKSI DIRI MEDIA PEMBELAJARAN

Tanggal 27 Desember 2016
            Hal yang telah saya pelajari dari media adalah bagaimana cara menyusun dan membuat media pembelajaran. Dengan adanya media ini saya juga menyadari bahwa media umumnya digunakan sebagai alat bantu proses belajar dalam kelas sewaktu mengajar nanti. Apa saja yang dapat merangsang pikiran , perasaan dan perhatian dan kemampuan ataupun keterampilan pembelajaran sehingga dapat mendorong terjadinya proses pembelajaran.
            Dalam media pembelajaran ini juga dapat saya ketahui dapat merangsang, pikiran, perasaan, perhatian, ataupun kemampuan, Keterampilan pembelajaran. Dengan belajar media saya mengetahui fungsi dan tujuan dari media pembelajaran.  Dalam mempelajari media pembelajaran.



Refleksi Diri Tentang Instrumen Penilaian

06 Desember 2016
            “Instrumen penilaian adalah suatu alat yang memenuhi persyaratan akademis, sehingga dapat dipergunakan sebagai alat untuk mengukur suatu objek ukur atau mengumpulkan data mengenai suatu variabel” itulah penjelasan yang dapat saya uraikan dari penjelasan dosen. Ada 5 kompetensi inti yang dan yang dapat dikembangkan adalah 3, ketiganya tersebut berisi materi. Dua lagi berisi yang dapat dikembangkan untuk aspek penilaian adalah kompetensi inti 3 yang berisi materi-materi. Namun 2 lagi hanya perlu pengembangan instrumen penialain seperti sikap keagamaan, sikap jujur, tanggung jawab, toleransi, santun, gotong royong dan disiplin. Semuanya itu hanya dapat diukur dengan instrument yang telah dibuat.
            Instrumen penilaian diantaranya berisi soal yang sesuai dengan indikator yang telah dibuat dan dikembangkan sebelumnya. Soal tersebut akan digunakan ketika akhir pembelajaran ataupun pada ulangan umum dari guru pada proses pembelajaran dalam kelas.  Saya telah mengembangkan 16 indikator dan harus menyusun soal sekitar 16 atau lebih. Tidak boleh kurang. Didalam instrumen penilaian juga terdapat rubrik yang akan menilai siswa dalam menjawab soal.

Refleksi Diri Akhir Semester

            Ini adalah refleksi terakhir yang saya buat, selama semester 5 saya menghadapi matakuliah perencanaan pembelajaran biologi, ada berbagai hal menarik yang saya pelajari yang pastinya menambah wawasan saya dalam mematangkan diri sebagai seorang calon guru dimasa depan. Berbagai kendala dan permasalahan saya hadapi pada matakuliah ini, tetapi semua terselesaikan dengan menghadapinya. Banyak suasana yang saya lewati ketika di kelas, semuanya sekarang telah berlalu. Matakuliah ini sangat pentinga bagi saya dan semua mahasiswa yang mengambil jurusan keperguruan karena materi yang diajarkan akan diaplikasikan dalam pembelajaran nanti disekolah.
            Hal yang telah saya pelajari diantaranya bagaimana cara membuat kurikulum, kalender pendidika, prota dan prosem, indikator, media dan metode serta bagaimana cara membuat evaluasi. Itu adalah hal terpenting dan unsur yang sangat berguna dalam proses belajar dan mengajar nantinya. Rasa terimakasih saya, untuk ketiga dosen yang mengajarkan kami matakuliah ini diantaranya ibu Hafnati rahmatan, ibu Cut nurmalian dan pak Hassanudin. Sehingga kami, saya khususnya dapat memahami matakuliah ini dengan baik. Semoga kedepannya prose pembelajaran matakuliah perencanaan pembelajaran ini lebih baik. Ilmu yang kudapat tidak akan kulupakan, akan terus menjadi aplikasi ketika nanti sudah berada di dunia pendidikan.






PENGECEKAN PORTOFOLIO OLEH DIRI SENDIRI
Nama Pemilik Portofolio / Kelas        : Rizal Sunanda / REG 02
Tangal Pengecekan                             :

Periksalah kelengkapan portofolio Saudara dan berilah tanda cek (√) bila ada dan silang (x) bila tidak ada.
1.      (           ) KATA PENGANTAR        
2.      (           ) DAFTAR ISI
3.      (           ) PENDAHULUAN
(           ) DOKUMEN
4.      (           ) Dokumen Kurikulum
5.      (           ) Refleksi Diri Tentang Naskah Kurikulum
6.      (           ) Kalender Pendidikan Tahun Pelajaran 2016/2017 SMP
7.      (           ) Refleksi Diri Naskah Kalender Pendidikan
8.      (           ) Program Tahunan (PROTA)
9.      (           ) Refleksi Diri Naskah PROTA
10.  (           ) Program Semester (PROSEM)
11.  (           ) Refleksi Diri Naskah PROSEM
12.  (           ) Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
13.  (           ) Refleksi Diri Naskah RPP
14.  (           ) Materi Ajar
15.  (           ) Refleksi Diri Naskah Materi Ajar
16.  (           ) Lembar Kerja Siswa (LKS)
17.  (           ) Refleksi Diri Tentang Naskah LKS
18.  (           ) Media
19.  (           ) Refleksi Diri Tentang Media
20.  (           ) Instrumen Penilaian
21.  (           ) Refleksi Diri Naskah Instrumen Penilaian
22.  (           ) Refleksi Akhir Semester
23.  (           ) Pengecekanportofolio Oleh Diri Sendiri
24.  (           ) Penilaian Portofolio Oleh Diri Sendiri
25.  (           ) Pengecekan Portofolio Oleh Teman
26.  (           ) Penilaian Portofolio Oleh Teman
27.  (           ) Penilaian Portofolio Oleh Dosen
Komentar :

PENILAIAN PORTOFOLIO DIRI SENDIRI
Portofolio Kriteria: 1 (Sangat Kurang), 2 (Kurang), 3 (Cukup), 4 (Baik), Atau 5 (Sangat Baik)
No
Aspek Penilaian
Skor
1.
Kata Pengantar

2.
Daftar Isi

3.
Pendahuluan


Dokumen

4.
Dokumen Kurikulum

5.
Refleksi Diri Tentang Naskah Kurikulum

6.
Kalender Pendidikan Tahun Pelajaran 2016/2017

7.
Refleksi Diri Naskah Kalender Pendidikan

8.
Program Tahunan (PROTA)

9.
Refleksi Diri Naskah PROTA

10.
Program Semester (PROSEM)

11.
Refleksi Diri Naskah PROSEM

12.
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)

13.
Refleksi Diri Naskah RPP

14.
Pengembangan Materi Ajar sesuai tugas

15.
Refleksi Diri Naskah Materi Ajar

16.
Lembar Kerja Siswa (LKS) sesuai materi

17.
Refleksi Diri Tentang Naskah LKS

18.
Pengembangan Media

19.
Refleksi Diri Tentang Media

20.
Instrumen Penilaian

21.
Refleksi Diri Naskah Instrumen Penilaian

22.
Refleksi Akhir Semester


Total Skor


Nilai Portofolio


PENGECEKAN PORTOFOLIO OLEH TEMAN
Nama Pemilik Portofolio / Kelas        : Rizal Sunanda / REG 02
Tangal Pengecekan                             :

Periksalah kelengkapan portofolio Saudara dan berilah tanda cek (√) bila ada dan silang (x) bila tidak ada
1.      (           ) KATA PENGANTAR        
2.      (           ) DAFTAR ISI
3.      (           ) PENDAHULUAN
(           ) DOKUMEN
4.      (           ) Dokumen Kurikulum
5.      (           ) Refleksi Diri Tentang Naskah Kurikulum
6.      (           ) Kalender Pendidikan Tahun Pelajaran 2016/2017 SMP
7.      (           ) Refleksi Diri Naskah Kalender Pendidikan
8.      (           ) Program Tahunan (PROTA)
9.      (           ) Refleksi Diri Naskah PROTA
10.  (           ) Program Semester (PROSEM)
11.  (           ) Refleksi Diri Naskah PROSEM
12.  (           ) Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
13.  (           ) Refleksi Diri Naskah RPP
14.  (           ) Materi Ajar
15.  (           ) Refleksi Diri Naskah Materi Ajar
16.  (           ) Lembar Kerja Siswa (LKS)
17.  (           ) Refleksi Diri Tentang Naskah LKS
18.  (           ) Media
19.  (           ) Refleksi Diri Tentang Media
20.  (           ) Instrumen Penilaian
21.  (           ) Refleksi Diri Naskah Instrumen Penilaian
22.  (           ) Refleksi Akhir Semester
23.  (           ) Pengecekanportofolio Oleh Diri Sendiri
24.  (           ) Penilaian Portofolio Oleh Diri Sendiri
25.  (           ) Pengecekan Portofolio Oleh Teman
26.  (           ) Penilaian Portofolio Oleh Teman
27.  (           ) Penilaian Portofolio Oleh Dosen
Komentar :




PENILAIAN PORTOFOLIO AKHIR SEMESTER OLEH TEMAN
Nama Pemilik Portofolio / Kelas        : Rizal Sunanda / REG 02
Nama Penilai / Kelas                           :
Tangal Penilaian                                  :

Portofolio Kriteria: 1 (Sangat Kurang), 2 (Kurang), 3 (Cukup), 4 (Baik), Atau 5 (Sangat Baik)
No
Aspek Penilaian
Skor
1.
Kata Pengantar

2.
Daftar Isi

3.
Pendahuluan


Dokumen

4.
Dokumen Kurikulum

5.
Refleksi Diri Tentang Naskah Kurikulum

6.
Kalender Pendidikan Tahun Pelajaran 2016/2017

7.
Refleksi Diri Naskah Kalender Pendidikan

8.
Program Tahunan (PROTA)

9.
Refleksi Diri Naskah PROTA

10.
Program Semester (PROSEM)

11.
Refleksi Diri Naskah PROSEM

12.
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)

13.
Refleksi Diri Naskah RPP

14.
Pengembangan Materi Ajar sesuai tugas

15.
Refleksi Diri Naskah Materi Ajar

16.
Lembar Kerja Siswa (LKS) sesuai materi

17.
Refleksi Diri Tentang Naskah LKS

18.
Pengembangan Media

19.
Refleksi Diri Tentang Media

20.
Instrumen Penilaian

21.
Refleksi Diri Naskah Instrumen Penilaian

22.
Refleksi Akhir Semester

23.
Penampilan Naskah

24.
Teknik Penulisan


Total Skor


Nilai Portofolio




PENILAIAN PORTOFOLIO AKHIR SEMESTER OLEH DOSEN
Nama Pemilik Portofolio / Kelas        : Rizal Sunanda / REG 02
Nama Penilai                                       : Dr. Cut Nurmaliah, M.Pd.
Tangal Penilaian                                  :

Portofolio Kriteria: 1 (Sangat Kurang), 2 (Kurang), 3 (Cukup), 4 (Baik), Atau 5 (Sangat Baik)
No
Aspek Penilaian
Skor
1.
Kata Pengantar

2.
Daftar Isi

3.
Pendahuluan


Dokumen

4.
Dokumen Kurikulum

5.
Refleksi Diri Tentang Naskah Kurikulum

6.
Kalender Pendidikan Tahun Pelajaran 2016/2017

7.
Refleksi Diri Naskah Kalender Pendidikan

8.
Program Tahunan (PROTA)

9.
Refleksi Diri Naskah PROTA

10.
Program Semester (PROSEM)

11.
Refleksi Diri Naskah PROSEM

12.
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)

13.
Refleksi Diri Naskah RPP

14.
Pengembangan Materi Ajar sesuai tugas

15.
Refleksi Diri Naskah Materi Ajar

16.
Lembar Kerja Siswa (LKS) sesuai materi

17.
Refleksi Diri Tentang Naskah LKS

18.
Pengembangan Media

19.
Refleksi Diri Tentang Media

20.
Instrumen Penilaian

21.
Refleksi Diri Naskah Instrumen Penilaian

22.
Refleksi Akhir Semester

23.
Penampilan Naskah

24.
Teknik Penulisan


Total Skor


Nilai Portofolio





Penilaian Diri Sendiri


Penilaian Oleh Teman


Penilaian Dosen


Total Skor


Nilai Akhir Portofolio= (skor total/3)




Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.

0 Response to "portofolio rpp perencanaan"