KATA PENGANTAR
Segala puji bagi Allah kami memujinya, memohon pertolongan
dan ampunan kepadanya, kami berlindung kepada Allah dari kejahatan diri-diri
kami dan kejelekan amal perbuatan kami. Barang siapa yang Allah beri petunjuk,
maka tiada yang dapat menyesatkannya dan barang siapa yang Allah sesatkan, maka
tiada yang dapat memberi petunjuk.
Alhamdulillah atas petunjuk Allah saya telah dapat
menyelesaikan portofolio ini pada mata kuliah “Perencanaan dan Pembelajaran
Biologi”. Portofolio ini disusun guna untuk meningkatkan aktivitas pembelajaran
dan mengembangkan ilmu pengetahuan. Oleh karena itu, portofolio ini masih
terdapat banyak sekali kekurangan karena penyusun masih dalam tahap pembelajaran
dan masih perlu saran dan perbaikan dari para pembaca.
Banda
Aceh, 24 November 2016
Penyusun
DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR................................................................................................... i
DAFTAR ISI.................................................................................................................. ii
PENDAHULUAN......................................................................................................... 1
DOKUMEN...................................................................................................................
1. Dokumen Kurikulum SMA................................................................................ 2
2.
Refleksi Diri
Tentang Naskah Kurikulum.......................................................... 3
3.
Kalender
Pendidikan Tahun Pelajaran 2016/2017 SMA.................................... 4
4.
Refleksi Diri
Naskah Kalender Pendidikan........................................................ 6
5.
Program Tahunan
(PROTA)............................................................................... 7
6.
Refleksi Diri
Naskah PROTA............................................................................ 10
7.
Program Semester
(PROSEM)........................................................................... 11
8.
Refleksi Diri
Naskah PROSEM......................................................................... 13
9.
Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)......................................................... 14
10. Refleksi Diri Naskah RPP.................................................................................. 22
11. Materi Ajar.......................................................................................................... 24
12. Refleksi Diri Naskah Materi Ajar....................................................................... 28
13. Lembar Kerja Siswa (LKS)................................................................................ 27
14. Refleksi Diri Tentang Naskah LKS.................................................................... 35
15. Media.................................................................................................................. 36
16. Refleksi Diri Tentang Media.............................................................................. 39
17. Instrumen Penilaian............................................................................................ 40
18. Refleksi Diri Naskah Instrumen Penilaian.......................................................... 46
19. Refleksi Akhir Semester..................................................................................... 47
Lampiran
1. Pengecekan Portofolio Oleh Diri Sendiri..................................................... 48
2. Penilaian Portofolio Oleh Diri Sendiri.......................................................... 50
3. Pengecekan Portofolio Oleh Teman............................................................. 51
4. Penilaian Portofolio Oleh Teman.................................................................. 53
5.
Penilaian Portofolio
Oleh Dosen.................................................................. 55
PENDAHULUAN
Dalam matakuliah Perencanaan dan
pembelajaran kami diajarkan
tentang pembuatan RPP yang merupakan ciri khasi dari seorang guru. RPP
merupakan suatu hal yang wajib bagi seorang guru dalam mengajar dengan baik dan
terorganisir. Maka sudah sepatutnya matakuliah ini harus dipelajari oleh guru.
Di dalam mata kuliah ini, terdapat
banyak sekali hal-hal yang perlu dipelajari oleh seseorang yang akan menjdi
guru, misalnya cara membuat indikator, menentukan tujuan pelajaran, membuat
evaluasi dan lembaran kerja siswa. Oleh karena itu, mata
kuliah ini perlu dipelajari dengan sungguh-sungguh. Setelah mempelajari semua
hal yang berkaitan dengan dunia pembelajaran, diharapkan calon guru akan
mempunya ilmu tentang rencana pembelajaran dan komponen pembelajaran ketikan
nanti berkecimpung langsung dalam dunia pendidikan. Selain itu, mata kuliah ini
dapat menuntun seorang guru untuk dapat mengajar secara sempurna.
Ada berbagai kendala dan kesulitan dalam mempelajari
matakuliah ini membutuhkan tanaga, waktu dan kerja lebih, apalagi menyangkut
tentang menganalisa kalender pendidikan, masalah pengaturan waktu pada prota
serta pembuatan jadwal yang pas pada prosem. Namun, berbagai kendala dan kesulitan dapat diselesaikan
mahasiswa apabila mempelajarinya bersama (berkelompok) dan tak lupa diarahi
oleh dosen tentunya.
Pada akhirnya kami ditugaskan membuat RPP, pada
permulaannya susah dalam pembuatanya tetapi dengan metode khusus dan cara
tertentu untuk menghadapinya. Sehingga sudah menjadi tugas pokok bagi seorang
guru berhadapan dengan RPP. Awalnya memang sulit untuk memahami bagaimana cara
pembuatan RPP. Mata kuliah perencanaan ini menjadi titika acuan bagi calon guru
dalam tugasnya dan Sudah seharusnya calon guru harus benar-benar menguasai semu
hal yang berhubungan dengan mata kuliah ini supaya ke depannya akan lebih mudah
dalam mengajar dan mengerti bagaimana cara membuat evaluasi dengan baik.
Refleksi
Diri Tentang Naskah Kurikulum
24 September
2016
Perencanaan pengajaran dibimbing oleh 3 dosen diantaranya
ibu Hafnati rahmatan, ibu Cut nurmalian dan pak Hassanudin. Pada minggu pertama
bu hafnati mengenalkan kami apa itu dan bagaimana kurikulum 2013. Dikarenakan
sekarang pemerintah mengedepankan Kurikulum 2013 sebagai kurikulum untuk setiap jenjang pendidikan.
Perbedaan kurikulum 2013 dengan KTSP adalah pada pendekatan
terhadap Tuhan bukan tanpa alasan
pemerintah bertujuan agar siswa dapat mengkaitkan materi belajar dengan
pendekatan kepada Tuhan. Kurikulum 2013 mempunyai 4 kompetensi inti dua berisi
keaguangan terhadap tuhan dan duanya lagi berisi perilaku siswa dalam proses
belajar mengajar pada sekolah.
Ibu hafnati juga membagi kelompok agar diberi tugas
tersendiri. Saya mendapatkan KD 3.6 dari kurikulum SMA yang telah dibagikan. Berdasarkan tugas
yang diberikan, mahasiswa diberi tugas untuk mengembangkan indicator dn melatih
pembuatan LKS.
Refleksi
Diri Tentang Kalender Pendidikan
27 September
2016
Kami ditugaskan mencari Kalender
pendidikan, pada sebelumnya sudah dibagi kelompok, kelompok yang dapat KD SMA
diharuskan mendapatkan kalender SMA begitu juga dengan SMP. Kalender pendidikan didapatkan dari sekolah sekitar. Pada kalender
ini saya melihat banyak warna pada tanggal tertentu yang punya keterangan
dibawahnya.
Lalu ibu hafnati menjelaskan secara rinci bagaiamana cara melihat kalender
pendidikan dan kami ditugaskan memahami dan menghitung mingu efektif dengan
tidak efektif pada kalender tersebut.
Selain itu juga diajarkan menentukan
kapan ulangan di sekolah. Awalnya sedikit terjadi kesalahan dalam menghitung
minggu-minggu tersebut. Ada
beberapa kendala yang kami hadapi tapi dapat diselesaikan berkat arahan dosen
sehingga menganalisa kalender pendidikan dapat berjalan lancar. Tujuan
kita menganalisis kalender pendidikan yaitu untuk membuat prota dan prosem agar
proses belajar dan mengajar bisa terlaksana dengan baik.
Refleksi
Diri Tentang PROTA
04 October
2016
Hari
itu Selasa
tanggal 04 October 2016,
Program Tahunan merupakan program umum setiap mata pelajaran untuk setiap
kelas, berisi tentang garis-garis besar yang hendak dicapai dalam satu tahun
dan dikembangkan oleh guru mata pelajaran yang bersangkutan program ini perlu dipersiapkan
dan dikembangkan oleh guru sebelum tahun pelajaran dimulai , karena merupakan
pedoman bagi pengembangan program-progran berikutnya, yakni program semester,
mingguan dan harian serta pembuatan silabus dan sistem penilaian
komponen-komponen program tahunan meliputi identifikasi(satuan pendidikan,mata
pelajaran, tahun pelajaran) standart kompetensi , kompetensi dasar , alokasi
waktu dan keterangan
Prota dibuat berdasarkan pembagian waktu yang sudah
ditetapkan sebelumnya pada minggu efektif. Di minggu efektif ada didapatkan
pada semester 1: 54 jp yang akan ditarik ulur berdasarkan pada tiap KD, KD yang
kelihatan banyak materi akan mendapatkan alokasi waktu yang banyak.
Refleksi
Diri Tentang Prosem
11 October 2016
Sebenarnya Prota dengan Prosem hampir sama, bedanya
dengan Prosem adalah menggunakan excel dan mulai tampak jelas bagaimana hari
pada kalender diisi dengan jam pelajaran dan jadwal masuk serta ulangan harian.
Struktur prosem sendiri terdiri dari warna tertentu yang punya makna
tersendiri, dalam prosem semester 1 ada beberapa hari diisi oleh waktu libur,
baik itu libur hari tertentu ataupun ujian, seperti UAS, TRY OUT dan lainnnya.
18 October
2016
Prota dan prosem yang kami buat, ibu haf menyuruh kami mempresentasikan
hasil kerja kami. Satu persatu orang ditunjuk maju kedepan, banyak kesalahan
dan kekeliruan yang kami dapatkan dalam pembuatan prota prosem serta minggu
efektif ini. Dosen memperbaiki dan menyuruh kami membuat ulang dengan teliti
agar hasilnya maksimal.
Refleksi
Diri Naskah RPP
25 Oktober 2016
Hari selasa. Tetap dengan matakuliah yang sama Perencanaan Pembelajaran,
materi hari ini adalah tentang pembuatan RPP. Rpp adalah hal yang wajib bagi
guru sebelum mengajar harus ada rencana pelaksanaan pembelajaran. RPP digunakan
sebagai pengangan oleh seorang guru dalam mengajar didalam kelas. RPP bertujuan
membantu guru dalam mengajar agar sesuai dengan standar kompetensi dan satandar
dasar pada hari tersebut.
Setelah kami menyiapkan prota prosem
dan minggu efektif, rintangan selanjutnya adalah RPP.
Sebelumnya pak hasan sudah kasih materi kepada kami
tentang metode pengajaran serta media alat dan sumber pengajaran. Matakuliah
ini adalah matakuliah yang langsung aplikasi atau aksi dalam proses belajarnya
ini dibuktikan dengan tugas akhir pembuatan protofolio. ibu Cut nurmaliah
mengatakan perencanaan pembelajaran ini berhubungan dengan kurikulum yang di
dalamnya berisi kompetensi inti dan kompetensi dasar yang nantinya akan
dikembangkan beberapaindikator berdasarkan kompetensi dasar tersebut. Pada hari
pertama masuk buk cut, beliau melihat sejauh mana kami telah menyelesaikan
minggu efektif sampai RPP, masih ada juga beberapa hal yang salah yang perlu
dikoreksi. Ini disebabkan “khususnya saya” kurang fokus dalam belajar. Buk cut
juga menjelaskan bahwa matakuliah ini tidaklah main main. Buk cut menyuruh kami
mempresentasikannya kedepan satu persatu. Tidak ada satu orang
pun yang menjawab, semua mahasiswa cuek
dan tidak berani untuk memperlihatkan tugasnya. Pikir saya dari pada tidak ada orang yang maju dan ditunjuk gawat ini!! Lebih
baik saya saja yang maju, biarpun salah saya terserah lah, yang penting maju. Pada
giliran pertama saya mengajukan diri, mau lihat sejauh mana kesalahan dalam
tugas saya. Setelah dikoreksi beliau, seperti saya bilang tadi ada banyak
kesalahan yang ada dalam tugas saya. Hari ini ada 3 atau 4 orang yang maju
presentasi masalah RPP dan tugas lainnya. Dikarenakan tidak habis dalam satu
hari, beliau mengatakan harus mempersiapkan RPP sejauh mana sebaik mungkin
untuk dipresentasikan didepan kelas, dan harus semua mahasiswa memperlihatkan
tugasnya.
Refleksi
Diri Tentang Pengembangan Materi Ajar
01 November
2016
Perencanaan adalah suatu matakuliah yang menurut saya
paling menarik semester ini, selain langsung aplikatif tidak duduk dengar
materi selalu, saya juga diajarkan untuk memecahkan masalah sakah satunya
seperti pengembangan materi ajar. Perencanaan ini masuk tiap hari selasa jam
10: 40 dalam seminggu. Hari senin pun tiba, rpp yang saya buat
pun Alhamdulillah telah rampung dan siap untuk dipresentasi di depan kelas. Jam
10.40 telah tiba dan dosen saya yang mengajar hari itu telah bergegas menuju
meja ruangan kelas. Semua mahasiswa tampaknya sibuk dengan laptop
masing-masing, di tengah kesibukan itu ada yang sedang berdiskusi dengan teman
sebelahnya, ada yang lagi melihat-lihat indikator yang telah dibuat. Namun,
saya tidak mempedulikan kesibukan mereka, saya hanya focus tertuju ke depan
layar laptop saya. Giliran
presentasi RPP pun belum selesai. Pada refleksi sebelumnya saya katakan bahwa
satu hari tidak cukup untuk presentasi rpp semua mahasiswa. Waktu
untuk mempresentasikan rpp tiba dan dosen menanyakan siapa yang ingin tampil
duluan untuk mempresentasikan rpp.
Teman teman saya satu persatu pun kedepan, saya duduk di barisan biasanya
(belakang) tetap menyimak dengan perasaan kantuk sambil mandang laptop. Ada
juga beberapa kesalahan dari Rpp punya kawan saya yang masih belum lengkap dan
harus diperbaiki beberapa. Hingga pertemuan ketiga seingat saya masih tetap
presentasi masalah Rpp ini.
Refleksi
Diri Tentang LKS
13 Desember
2016
Sebenarnya LKS ini saya kurang mengerti karena ada satu
minggu saya tidak masuk, entah pada minggu tersebut dijelaskan bagaimana format
LKS entahlah, ada beberapa bagian yang tidak mengerti menurut saya. Lalu saya
search di internet dengan kata kunci format LKS RPP 2013, contoh LKS RPP 2013. LKS
merupakan lembaran yang berisi tugas yang harus dikerjakan oleh peserta didik,
isi dari LKS biasanya langkah dan petunjuk tentang penyelesaian soal. Lks harus
berisi tugas yang sama dengan KD dan tujuan pembelajaran yang hendak ingin
dicapai. Menurut saya LKS itu lebih kepada panduan kerja siswa untuk
mempermudah dalam melaksanakan pembelajaran.
Ada beberapa kriteria syarat dalam
menyusun LKS seperti kalimatnya harus sederhana dan mudah dimengerti, diisi
dengan gambar dan illustrasi agar dapat membantu siswa dalam memahami materi. Selain
itu juga harus diperhatikan dalam menentukan kegiatan yang harus dilakukan oleh
siswa sesuai Kompetensi dasar dan Indikator. Lalu ada juga alat dan bahan serta
sumber belajar.
REFLEKSI DIRI MEDIA PEMBELAJARAN
Tanggal 27 Desember 2016
Hal yang telah saya pelajari dari
media adalah bagaimana cara menyusun dan membuat media pembelajaran. Dengan
adanya media ini saya juga menyadari bahwa media umumnya digunakan sebagai alat
bantu proses belajar dalam kelas sewaktu mengajar nanti. Apa saja yang dapat
merangsang pikiran , perasaan dan perhatian dan kemampuan ataupun keterampilan
pembelajaran sehingga dapat mendorong terjadinya proses pembelajaran.
Dalam media pembelajaran ini juga
dapat saya ketahui dapat merangsang, pikiran, perasaan, perhatian, ataupun
kemampuan, Keterampilan pembelajaran. Dengan belajar media saya mengetahui
fungsi dan tujuan dari media pembelajaran.
Dalam mempelajari media pembelajaran.
Refleksi
Diri Tentang Instrumen Penilaian
06 Desember 2016
“Instrumen penilaian adalah suatu
alat yang memenuhi persyaratan akademis, sehingga dapat dipergunakan sebagai
alat untuk mengukur suatu objek ukur atau mengumpulkan data mengenai suatu
variabel” itulah penjelasan yang dapat saya uraikan dari penjelasan dosen. Ada
5 kompetensi inti yang dan yang dapat dikembangkan adalah 3,
ketiganya tersebut berisi materi. Dua lagi berisi yang
dapat dikembangkan untuk aspek penilaian adalah kompetensi inti 3 yang berisi
materi-materi. Namun 2 lagi hanya
perlu pengembangan instrumen penialain seperti sikap keagamaan,
sikap jujur, tanggung jawab, toleransi, santun, gotong royong dan disiplin.
Semuanya itu hanya dapat diukur dengan instrument yang telah dibuat.
Instrumen penilaian diantaranya berisi soal yang sesuai
dengan indikator yang telah dibuat dan dikembangkan sebelumnya. Soal tersebut
akan digunakan ketika akhir pembelajaran ataupun pada ulangan umum dari guru
pada proses pembelajaran dalam kelas. Saya telah mengembangkan 16 indikator dan harus menyusun soal sekitar 16 atau lebih. Tidak boleh
kurang.
Didalam instrumen penilaian juga terdapat rubrik yang akan
menilai siswa dalam menjawab soal.
Refleksi
Diri Akhir Semester
Ini adalah refleksi terakhir yang saya buat, selama
semester 5 saya menghadapi matakuliah perencanaan pembelajaran biologi, ada
berbagai hal menarik yang saya pelajari yang pastinya menambah wawasan saya
dalam mematangkan diri sebagai seorang calon guru dimasa depan.
Berbagai kendala dan permasalahan saya hadapi pada
matakuliah ini, tetapi semua terselesaikan dengan menghadapinya. Banyak
suasana yang saya lewati ketika di kelas, semuanya sekarang telah berlalu. Matakuliah ini sangat pentinga bagi saya dan semua
mahasiswa yang mengambil jurusan keperguruan karena materi yang diajarkan akan
diaplikasikan dalam pembelajaran nanti disekolah.
Hal yang telah saya pelajari diantaranya bagaimana cara
membuat kurikulum, kalender pendidika, prota dan prosem,
indikator, media dan metode serta bagaimana cara membuat evaluasi. Itu adalah hal terpenting dan unsur yang sangat berguna
dalam proses belajar dan mengajar nantinya. Rasa terimakasih saya, untuk ketiga
dosen yang mengajarkan kami matakuliah ini diantaranya ibu Hafnati rahmatan,
ibu Cut nurmalian dan pak Hassanudin. Sehingga kami, saya khususnya dapat memahami
matakuliah ini dengan baik. Semoga kedepannya prose pembelajaran matakuliah
perencanaan pembelajaran ini lebih baik. Ilmu yang kudapat tidak
akan kulupakan, akan terus menjadi aplikasi ketika nanti sudah berada di dunia
pendidikan.
PENGECEKAN
PORTOFOLIO OLEH DIRI SENDIRI
Nama
Pemilik Portofolio / Kelas : Rizal Sunanda / REG 02
Tangal
Pengecekan :
Periksalah
kelengkapan portofolio Saudara dan berilah tanda cek (√) bila ada dan silang
(x) bila tidak ada.
1. ( )
KATA PENGANTAR
2.
( ) DAFTAR ISI
3.
( ) PENDAHULUAN
( ) DOKUMEN
4.
( ) Dokumen Kurikulum
5. ( ) Refleksi
Diri Tentang Naskah Kurikulum
6. ( ) Kalender
Pendidikan Tahun Pelajaran 2016/2017 SMP
7. ( ) Refleksi
Diri Naskah Kalender Pendidikan
8. ( ) Program
Tahunan (PROTA)
9. ( )
Refleksi Diri Naskah PROTA
10. ( )
Program Semester (PROSEM)
11. ( )
Refleksi Diri Naskah PROSEM
12. ( ) Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
13. ( )
Refleksi Diri Naskah RPP
14. ( ) Materi
Ajar
15. ( ) Refleksi
Diri Naskah Materi Ajar
16. ( )
Lembar Kerja Siswa (LKS)
17. ( )
Refleksi Diri Tentang Naskah LKS
18. ( ) Media
19. ( ) Refleksi
Diri Tentang Media
20. ( ) Instrumen
Penilaian
21. ( ) Refleksi
Diri Naskah Instrumen Penilaian
22. ( ) Refleksi
Akhir Semester
23. ( ) Pengecekanportofolio
Oleh Diri Sendiri
24. ( ) Penilaian
Portofolio Oleh Diri Sendiri
25. ( ) Pengecekan
Portofolio Oleh Teman
26. ( ) Penilaian
Portofolio Oleh Teman
27. ( ) Penilaian
Portofolio Oleh Dosen
Komentar :
PENILAIAN
PORTOFOLIO DIRI SENDIRI
Portofolio
Kriteria: 1 (Sangat Kurang), 2 (Kurang), 3 (Cukup), 4 (Baik), Atau 5 (Sangat
Baik)
No
|
Aspek Penilaian
|
Skor
|
1.
|
Kata
Pengantar
|
|
2.
|
Daftar
Isi
|
|
3.
|
Pendahuluan
|
|
Dokumen
|
||
4.
|
Dokumen Kurikulum
|
|
5.
|
Refleksi Diri Tentang Naskah Kurikulum
|
|
6.
|
Kalender Pendidikan Tahun Pelajaran
2016/2017
|
|
7.
|
Refleksi
Diri Naskah Kalender Pendidikan
|
|
8.
|
Program
Tahunan (PROTA)
|
|
9.
|
Refleksi
Diri Naskah PROTA
|
|
10.
|
Program
Semester (PROSEM)
|
|
11.
|
Refleksi
Diri Naskah PROSEM
|
|
12.
|
Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
|
|
13.
|
Refleksi
Diri Naskah RPP
|
|
14.
|
Pengembangan
Materi Ajar sesuai tugas
|
|
15.
|
Refleksi
Diri Naskah Materi Ajar
|
|
16.
|
Lembar
Kerja Siswa (LKS) sesuai materi
|
|
17.
|
Refleksi
Diri Tentang Naskah LKS
|
|
18.
|
Pengembangan
Media
|
|
19.
|
Refleksi
Diri Tentang Media
|
|
20.
|
Instrumen
Penilaian
|
|
21.
|
Refleksi
Diri Naskah Instrumen Penilaian
|
|
22.
|
Refleksi
Akhir Semester
|
|
Total Skor
|
||
Nilai Portofolio
|
PENGECEKAN
PORTOFOLIO OLEH TEMAN
Nama
Pemilik Portofolio / Kelas : Rizal Sunanda / REG 02
Tangal
Pengecekan :
Periksalah
kelengkapan portofolio Saudara dan berilah tanda cek (√) bila ada dan silang
(x) bila tidak ada
1. ( )
KATA PENGANTAR
2.
( ) DAFTAR ISI
3.
( ) PENDAHULUAN
( ) DOKUMEN
4.
( ) Dokumen Kurikulum
5. ( ) Refleksi
Diri Tentang Naskah Kurikulum
6. ( ) Kalender
Pendidikan Tahun Pelajaran 2016/2017 SMP
7. ( ) Refleksi
Diri Naskah Kalender Pendidikan
8. ( ) Program
Tahunan (PROTA)
9. ( )
Refleksi Diri Naskah PROTA
10. ( )
Program Semester (PROSEM)
11. ( )
Refleksi Diri Naskah PROSEM
12. ( ) Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
13. ( )
Refleksi Diri Naskah RPP
14. ( ) Materi
Ajar
15. ( ) Refleksi
Diri Naskah Materi Ajar
16. ( )
Lembar Kerja Siswa (LKS)
17. ( )
Refleksi Diri Tentang Naskah LKS
18. ( ) Media
19. ( ) Refleksi
Diri Tentang Media
20. ( ) Instrumen
Penilaian
21. ( ) Refleksi
Diri Naskah Instrumen Penilaian
22. ( ) Refleksi
Akhir Semester
23. ( ) Pengecekanportofolio
Oleh Diri Sendiri
24. ( ) Penilaian
Portofolio Oleh Diri Sendiri
25. ( ) Pengecekan
Portofolio Oleh Teman
26. ( ) Penilaian
Portofolio Oleh Teman
27. ( ) Penilaian
Portofolio Oleh Dosen
Komentar :
PENILAIAN
PORTOFOLIO AKHIR SEMESTER OLEH TEMAN
Nama
Pemilik Portofolio / Kelas : Rizal Sunanda / REG 02
Nama
Penilai / Kelas :
Tangal
Penilaian :
Portofolio Kriteria: 1 (Sangat Kurang),
2 (Kurang), 3 (Cukup), 4 (Baik), Atau 5 (Sangat Baik)
No
|
Aspek Penilaian
|
Skor
|
1.
|
Kata
Pengantar
|
|
2.
|
Daftar
Isi
|
|
3.
|
Pendahuluan
|
|
Dokumen
|
||
4.
|
Dokumen Kurikulum
|
|
5.
|
Refleksi Diri Tentang Naskah Kurikulum
|
|
6.
|
Kalender Pendidikan Tahun Pelajaran
2016/2017
|
|
7.
|
Refleksi
Diri Naskah Kalender Pendidikan
|
|
8.
|
Program
Tahunan (PROTA)
|
|
9.
|
Refleksi
Diri Naskah PROTA
|
|
10.
|
Program
Semester (PROSEM)
|
|
11.
|
Refleksi
Diri Naskah PROSEM
|
|
12.
|
Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
|
|
13.
|
Refleksi
Diri Naskah RPP
|
|
14.
|
Pengembangan
Materi Ajar sesuai tugas
|
|
15.
|
Refleksi
Diri Naskah Materi Ajar
|
|
16.
|
Lembar
Kerja Siswa (LKS) sesuai materi
|
|
17.
|
Refleksi
Diri Tentang Naskah LKS
|
|
18.
|
Pengembangan
Media
|
|
19.
|
Refleksi
Diri Tentang Media
|
|
20.
|
Instrumen
Penilaian
|
|
21.
|
Refleksi
Diri Naskah Instrumen Penilaian
|
|
22.
|
Refleksi
Akhir Semester
|
|
23.
|
Penampilan
Naskah
|
|
24.
|
Teknik
Penulisan
|
|
Total Skor
|
||
Nilai Portofolio
|
PENILAIAN
PORTOFOLIO AKHIR SEMESTER OLEH DOSEN
Nama
Pemilik Portofolio / Kelas : Rizal Sunanda / REG 02
Nama
Penilai :
Dr. Cut Nurmaliah, M.Pd.
Tangal
Penilaian :
Portofolio Kriteria: 1 (Sangat Kurang),
2 (Kurang), 3 (Cukup), 4 (Baik), Atau 5 (Sangat Baik)
No
|
Aspek Penilaian
|
Skor
|
1.
|
Kata
Pengantar
|
|
2.
|
Daftar
Isi
|
|
3.
|
Pendahuluan
|
|
Dokumen
|
||
4.
|
Dokumen Kurikulum
|
|
5.
|
Refleksi Diri Tentang Naskah Kurikulum
|
|
6.
|
Kalender Pendidikan Tahun Pelajaran
2016/2017
|
|
7.
|
Refleksi
Diri Naskah Kalender Pendidikan
|
|
8.
|
Program
Tahunan (PROTA)
|
|
9.
|
Refleksi
Diri Naskah PROTA
|
|
10.
|
Program
Semester (PROSEM)
|
|
11.
|
Refleksi
Diri Naskah PROSEM
|
|
12.
|
Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
|
|
13.
|
Refleksi
Diri Naskah RPP
|
|
14.
|
Pengembangan
Materi Ajar sesuai tugas
|
|
15.
|
Refleksi
Diri Naskah Materi Ajar
|
|
16.
|
Lembar
Kerja Siswa (LKS) sesuai materi
|
|
17.
|
Refleksi
Diri Tentang Naskah LKS
|
|
18.
|
Pengembangan
Media
|
|
19.
|
Refleksi
Diri Tentang Media
|
|
20.
|
Instrumen
Penilaian
|
|
21.
|
Refleksi
Diri Naskah Instrumen Penilaian
|
|
22.
|
Refleksi
Akhir Semester
|
|
23.
|
Penampilan
Naskah
|
|
24.
|
Teknik
Penulisan
|
|
Total Skor
|
||
Nilai Portofolio
|
||
Penilaian Diri Sendiri
|
||
Penilaian Oleh Teman
|
||
Penilaian Dosen
|
||
Total Skor
|
||
Nilai Akhir Portofolio= (skor total/3)
|
0 Response to "portofolio rpp perencanaan"
Post a Comment