RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : SMPN 3 Banda Aceh
Mata pelajaran : Biologi
Kelas : VII/I
Materi
Pokok : Ciri Makhluk
hidup
Alokasi
waktu : 4 x 40 (2x
pertemuan)
A.
KOMPETENSI INTI (KI)
1. Menghargai dan menghayati ajaran
agama yang dianutnya
2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin,
tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan
pergaulan dan keberadaannya
3. Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan
prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi,
seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
4. Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam
ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan
ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai
dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut
pandang/ teori
5.
KOMPETENSI
DASAR
1.1.
Menerapkan
konsep pengukuran berbagai besaran yang ada pada diri sendiri, makhluk hidup
lain, dan benda-benda di sekitar serta pentingnya penggunaan satuan standar
(baku) dalam pengukuran.
C.
INDIKATOR
1.
Mengamati
benda benda disekitar kita
2.
Menjelaskan
ciri ciri makhluk hidup
3.
Menjelaskan
perbedaan makhluk hidup dan benda tak hidup
4.
Memiliki
rasa ingin tahu teliti, tanggung jawab dan peduli dalam lingkungan sekitar.
D. TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah
mengikuti proses pembelajaran diharapkan siswa dapat:
1.
Siswa
dapat mengetahui ciri benda hidup dan tak hidup dialam sekitar
2.
Siswa
dapat membedakan antara makhluk hidup dengan tak hidup
3.
Siswa
akan dapat lebih mengenal alam sekitar
4.
Siswa
dapat membuat bahan presentasi tentang ciri makhluk hidup
E. MATERI PEMBELAJARAN
Ciri
makhluk hidup
1.
Bernafas
Bernafas merupakan proses
menghirup oksigen yang digunakan makhluk hidup untuk melakukan pembakaran zat
makanan dalam tubuh (oksidasi biologis). Proses ini akan menghasilkan energi
yang nantinya digunakan untuk melakukan aktifitasnya. Sedangkan sisa pembakarannya
adalah karbon dioksida dan uap air.
Makhluk hidup melakukan
proses bernafas dengan cara berbeda-beda. Hewan darat termasuk manusia biasanya
bernafas dengan paru-paru, sedangkan hewan air rata-rata menggunakan insang
sebagai alat pernapasannya. Adapun tumbuhan dapat menghirup oksigen melalui
celah pada akar, batang, daun ataupun ranting.
2.
Menerima Rangsangan.
Ciri makhluk hidup yang
pertama adalah mampuan menerima rangsangan, baik rangsangan dari luar maupun
rangsangan yang berasal dari dalam. Kemampuan untuk menerima rangsangan ini
disebut dengan istilah iritabilitas.
Makhluk hidup dengan aneka
ragam jenisnya dapat menerima rangsangan dalam bentuk yang berbeda-beda pula.
Ada yang dapat merasakan rangsangan udara, cahaya, suhu, suara\, bau atau
makanan.
3.
Bergerak
Bergerak sebenarnya
merupakan salah satu reaksi yang timbul akibat rangsangan yang terjadi pada
makhluk hidup. Bergerak berarti pemindahan sebagian atau seluruh bagian makhluk
hidup baik bersifat aktif maupun pasif.
Ada dua jenis gerak yang
terjadi pada makhluk hidup, yaitu gerak aktif dan gerak pasif. Gerak aktif
merupakan perpindahan yang dilakukan organisme dari satu tempat ke tempat lain.
Misalnya, untuk mencari makanan, mencari pasangan, bersembunya atau menghindar
dari mara bahaya yang ditimbulkan organisme lain. Gerak ini biasa dilakukan
oleh hewan.
Adapun gerak fasif adalah
gerakan yang dilakukan organisme tanpa harus berpindah tempat. Misalnya,
gerakan bunga matahari mengikuti arah mata hari, mengatupnya daun putri malu
saat disentuh dan gerakan-gerakan semisal. Gerakan pasif banyak ditemukan pada
tumbuhan.
4.
Memerlukan Makanan ( Nutrisi )
Untuk melakukan gerak,
tumbuh serta berkembang makhluk hidup memerlukan energi yang cukup. Energi yang
dibutuhkan makhluk hidup bersumber dari makanan. Makhluk hidup ada yang
memperoleh makanan dari makhluk lain dan ada pula yang membuatnya sendiri.
Makhluk hidup seperti manusia, hewan dan tumbuhan yang tidak berhijau daun
rata-rata memperoleh makanan dari makhluk hidup lainnya. Sedangkan tumbuhan
yang memiliki hijau daun yang dapat melakukan proses fotosintesis untuk
memperoleh makanan sendiri. Makan merupakan ciri makhluk hidup.
5.
Mengeluarkan Zat Sisa
Proses metabolisme yang
sebagimana disebutkan diatas ternyata menghasilkan zat sisa yang harus
dikeluarkan dari tubuh. Jika tidak, maka zat-zat tersebut akan berubah menjadi
racun dan berdampak buruk untuk kesehatan.
Manusia dan hewan biasanya
mengeluarkan zat sisa metabolisme berama urine, keringat dan karbon dioksida.
Adapun tumbuhan, zat sisa dikeluarkan melalui celah di permukaan ranting,
batang, dahan, dan mulut daun.
6.
Tumbuh dan Berkembang
Anak kucing yang terlahir
dengan ukuran yang begitu mini, lama kelamaan anak kucingitu akan tumbuh
menjadi seekor kelinci dewasa yang memiliki tubuh yang besar. Dari sini kita
dapat fahami bahwa salah satu ciri makhluk hidup adalah memiliki kemampuan
tumbuh kembang.
Pertumbuhan sendiri
merupakan proses perubahan dari kecil menjadi besar disebabkan bertambahnya
jumlah sel dan volume sel. Pada manusia dan hewan proses pertumbuhan sangat
terbatas oleh umur. Ada batas-batas tertentu dimana manusia berhenti tumbuh.
Adapun tumbuhan dapat tumbuh terus menerus sepanjang umurnya.
7.
Berkembang Biak ( Reproduksi )
Selain tumbuh dan
berkembang, makhluk hidup juga melakukan proses perkembang biakan. Hal ini
merupakan insting alami yang diberikan oleh yang maha pencipta yang bertujuan
untuk mempertahankan jenis mahluk hidup tersebut dari kepunahan.
Perkembang biakan yang
terjadi pada makhluk hidup sendiri terbagi menjadi dua macam, yaitu secara
kawin (seksual/generatif) dan (aseksual/vegetatif).
8.
Adaptasi
Untuk dapat bertahan hidup
di lingkungannya, makhluk hidup harus menyesuaikan diri dengan
lingkungannya,Tempat hidup bagi makhluk hidup dapat melakukan aktifitasnya
disebut habitat.Apabila makhluk hidup tersebut tidak bisa menyesuaikan diri
dengan lingkungannya maka akan mati atau bisa harus berpindah ke lingkungan
yang baru.
F. METODE
PEMBELAJARAN
a. Metode Pembelajaran
: Diskusi, ceramah,
tanya jawab
b. Model Pembelajaran : Inkuiri
terbimbing
G. MEDIA,
ALAT, DAN SUMBER PEMBELAJARAN
a. Alat :
LCD dan Laptop
b. Bahan :
LKS, buku, ppt (power point)
c. Sumber pembelajaran :
· Buku IPA Terpadu
· Buku buku yang relevan
· Internet.
H. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Pertemuan Pertama
kegiatan
|
deskripsi kegiatan
|
alokasi waktu
|
|
Guru
|
siswa
|
||
Kegiatan
awal
|
1. Guru menyapa siswa, berdoa,
mengabsen.
Apersepsi
2. Guru menanyakan : Apa saja
perbedaan cir makhluk hidup dengan tak hidup?
Motivasi
3.
Guru meluruskan jawaban siswa jika kurang tepat
Guru menyampaikan tujuan
pembelajaran
|
1.
Siswa mampu menjawab apersepsi dari guru
2.
Mampu menjawab motivasi dari guru
3.
Siswa mendengar penyampaian tujuan belajar
dan mengikuti langkah pembelajaran
|
10 menit
|
Kegiatan Inti
|
1. Guru
membimbing siswa untuk mengamati berbagai macam perbedaan benda hidup dengan
tidak hidup
2. Guru mengarahkan
siswa untuk berdiskusi dengan teman sebangkunya mengenai karakteristik masing
masing dari ciri makhluk hidup dengan tidak hidup
3. Guru membimbing
siswa untuk mendiskusikan Menanya :
1. Guru
memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya mengenai hal-hal yang
berkaitan dengan pokok pembahasan.
Mengumpulkan data :
1. Guru membagikan LKS kepada siswa
untuk didiskusikan dengan teman sebangku.
2. Siswa
mengumpulkan data dengan membaca literatur untuk mengetahui ciri makhluk
hidup dengan tidak hidup
Mengasosiasi :
1. Mendiskusikan hasil-hasil pengamatan yang dibantu oleh guru dan
kegiatan tentang ciri
ciri makhluk hidup
Mengkomunikasikan :
1. Guru menunjuk perwakilan dari
teman sebangku untuk
mempresentasikan hasil diskusinya.
2. Guru memberi kesempatan beberapa
siswa untuk menanggapi penjelasan dari temannya.
Guru menilai keterampilan siswa menyaji dan berkomunikasi.
|
1.
Siswa mengamati perbedaan antara makhluk
hidup dengan tidak hidup
2.
Siswa mengamati gambar dan memahami
penjelasan yang diberikan oleh guru
3.
Siswa mengajukan pertanyaan hal hal yang
belum mengerti baik itu dari powerpoint ataupun penjelasan dari guru.
4.
Siswa membentuk kelompok yang diarahkan
oleh guru
5.
Siswa mengumpulkan data informasi tentang
perbedaan ciri makhluk hidup dan tak hidup
6.
Siswa merangkum hasil diskusi bersama teman
kelompo yang telah mereka dapat dari berbagai sumber
7.
Siswa mempresentasikan hasil diskusi mereka
rangkum didepan kelas
|
60 menit
|
Kegiatan penutup
|
1. Guru meluruskan penjelasan siswa
dan memberi tambahan materi jika terdapat konsep yang kurang.
2.
Guru membimbing siswa untuk menyusun kesimpulan.
3.
Guru mengadakan
evaluasi.
Guru menyampaikan materi yang akan
dipelajari pada pertemuan selanjutnya dan memberikan motivasi kepada siswa
agar lebih giat belajar.
|
1.
Siswa mendengarkan penjelasan dan penguatan
materi yang telah didiskusikan bersama oleh guru
2.
Siswa mengerjakan kuis sebagai evaluasi
dari guru
3.
Siswa mendengar arahan guru untuk materi
pertemuan selanjutnya
|
20 menit
|
I. PENILAIAN
INSTRUMEN
PENILAIAN SIKAP SPIRITUAL
(LEMBARA
OBSERVASI)
A.
Petunjuk
Umum
1.
Instrumen penialaian sikap spiritual
berupa Lembar Observasi
2.
Instrumen ini diisi oleh guru yang
mengajar peserta didik yang dinilai
B. Petunjuk Penilaian
Berdasarkan pengamatan anda selama dua
minggu terakhir, nilailah sikap tiap peserta didik anda dengan member skor
4,3,2,1 pada lembar observasi dengan ketentuan sebagai berikut.
4 = apabila SELALU melakukan perilaku
yang diamati
3 = apabila SERING melakukan perilaku
yang diamati
2 = apabila KADANG KADANG melakukan
perilaku yang diamati
1 = apabila TIDAK PERNAH melakukan
perilaku yang diamati
C. LEMBAR OBSERVASI
Kelas :
Semester :
Tahun ajar :
Periode pengamatan :
Butir nilai :
menghayati dan mengamati ajaran agama yang dianut
Indikator sikap
Indikator
Sikap
|
Deskripsi
|
Skor
|
|
1.1 mengagumi
keteraturan dan kompleksitas ciptaan tuhan tentang aspek fisik dan kimiawi,
kehorupan dalam ekosistem, dan peranan manusia dalam lingkungan serta
mewujudkan dalam pengalaman ajaran agama yang dianutnya
|
selalu
mengamalkan ajaran agama
|
4
|
|
sering
mengamalkan ajaran agama
|
3
|
||
kadang kadang
mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
|
2
|
||
tidak pernah
mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
|
1
|
||
Lembar Penilaian
No
|
Nama
Peserta Didik
|
Skor
Yang Dinilai
|
Jumlah
Perolehan Skor
|
Skor
Akhir
|
Tuntas/Tidak
Tuntas
|
|
indikator
|
||||||
1
|
2
|
|||||
1
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
|
6
|
|
|
|
|
|
|
7
|
|
|
|
|
|
|
8
|
|
|
|
|
|
|
9
|
|
|
|
|
|
|
10
|
|
|
|
|
|
|
11
|
|
|
|
|
|
|
12
|
|
|
|
|
|
|
13
|
|
|
|
|
|
|
14
|
|
|
|
|
|
|
15
|
|
|
|
|
|
|
16
|
|
|
|
|
|
|
17
|
|
|
|
|
|
|
18
|
|
|
|
|
|
|
19
|
|
|
|
|
|
|
20
|
|
|
|
|
|
|
21
|
|
|
|
|
|
|
22
|
|
|
|
|
|
|
23
|
|
|
|
|
|
|
24
|
|
|
|
|
|
|
25
|
|
|
|
|
|
|
26
|
|
|
|
|
|
|
27
|
|
|
|
|
|
|
28
|
|
|
|
|
|
|
29
|
|
|
|
|
|
|
30
|
|
|
|
|
|
|
INTRUMEN PENILAIAN SIKAP SPIRITUAL
(LEMBAR OBSERVASI)
A. Petunjuk Umum
3.
Instrumen penialaian sikap spiritual
berupa Lembar Observasi
4.
Instrumen ini diisi oleh guru yang
mengajar peserta didik yang dinilai
B. Petunjuk Penilaian
Berdasarkan pengamatan anda selama dua
minggu terakhir, nilailah sikap tiap peserta didik anda dengan member skor
4,3,2,1 pada lembar observasi dengan ketentuan sebagai berikut.
4 = apabila SELALU melakukan perilaku
yang diamati
3 = apabila SERING melakukan perilaku
yang diamati
2 = apabila KADANG KADANG melakukan
perilaku yang diamati
1
= apabila TIDAK PERNAH melakukan
perilaku yang diamati
C. LEMBAR OBSERVASI
Kelas :
Semester :
Tahun ajar :
Periode pengamatan :
Butir nilai : menghayati dan
mengamati ajaran agama yang dianut Mengembangkan perilaku (jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, ramah
lingkungan, gotong royong, kerjasama, cinta damai, responsive dan pro-aktive
dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan
bangsa dalam berinteraksi secara efektive dengan lingkungan sosial dan alam
serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
Indikator sikap
Indikator
Sikap
|
Deskripsi
|
Skor
|
|
1.
Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa
ingin tahu, objektive, jujur, teliti, cermat, tekun, hati hati, bertanggung
jawab, terbuka, kritis, kreative, inovative dan peduli lingkungan dalam
aktivitas sehari hari sebagai wujud implementasi melaksanakan percobaan dan
melaporkan hasil percobaan.
|
selalu menunjukkan
perilaku ilmiah dalam kehidupan sehari hari
|
4
|
|
sering menunjukkan
perilaku ilmiah dalam kehidupan sehari hari
|
3
|
||
kadang kadang menunjukkan
perilaku ilmiah dalam kehidupan sehari hari
|
2
|
||
tidak pernah menunjukkan
perilaku ilmiah dalam kehidupan sehari hari
|
1
|
||
2.
Menunjukan perilaku bijaksana dan
bertanggung jawab dalam aktivitas sehari hari
|
selalu menunjukkan
perilaku ilmiah dalam kehidupan sehari hari
|
4
|
|
sering menunjukkan
perilaku ilmiah dalam kehidupan sehari hari
|
3
|
||
kadang kadang menunjukkan
perilaku ilmiah dalam kehidupan sehari hari
|
2
|
||
tidak pernah menunjukkan
perilaku ilmiah dalam kehidupan sehari hari
|
1
|
||
3.
Menghargai kerja individu dan kelompok
dalam aktivitas sehari hari sebagai wujud implementasi melaksanakan percobaan
dan melaporkan hasil percobaan
|
selalu menunjukkan
perilaku ilmiah dalam kehidupan sehari hari
|
4
|
|
sering menunjukkan
perilaku ilmiah dalam kehidupan sehari hari
|
3
|
||
kadang kadang menunjukkan
perilaku ilmiah dalam kehidupan sehari hari
|
2
|
||
tidak pernah menunjukkan
perilaku ilmiah dalam kehidupan sehari hari
|
1
|
||
Lembar Penilaian
No
|
Nama
Peserta Didik
|
Skor
Yang Dinilai
|
Jumlah
Perolehan Skor
|
Skor
Akhir
|
Tuntas/Tidak
Tuntas
|
|
indikator
|
||||||
1
|
2
|
|||||
1
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
|
6
|
|
|
|
|
|
|
7
|
|
|
|
|
|
|
8
|
|
|
|
|
|
|
9
|
|
|
|
|
|
|
10
|
|
|
|
|
|
|
11
|
|
|
|
|
|
|
12
|
|
|
|
|
|
|
13
|
|
|
|
|
|
|
14
|
|
|
|
|
|
|
15
|
|
|
|
|
|
|
16
|
|
|
|
|
|
|
17
|
|
|
|
|
|
|
18
|
|
|
|
|
|
|
19
|
|
|
|
|
|
|
20
|
|
|
|
|
|
|
21
|
|
|
|
|
|
|
22
|
|
|
|
|
|
|
23
|
|
|
|
|
|
|
24
|
|
|
|
|
|
|
25
|
|
|
|
|
|
|
26
|
|
|
|
|
|
|
27
|
|
|
|
|
|
|
28
|
|
|
|
|
|
|
29
|
|
|
|
|
|
|
30
|
|
|
|
|
|
|
PETUNJUK PENENTUAN NILAI SIKAP
1.
Rumus penghitungan skor akhir
Skor akhir = jumlah perolehan skor X 4
skor
maksimal
skor maksimal = banyaknya indikator X 4
2.
Kategori nilai sikap peseta didik
didasarkan pada permendibud NO 82A Tahun2013 yaitu:
Sangat
baik (SB) : apabila memperoleh skor akhir: 3,33< skor akhir £ 4,00
Baik (B) :
apabila memperoleh skor akhir: 2,33< skor akhir £ 3,33
Cukup (C) :
apabila memperoleh skor akhir: 1,33< skor akhir £ 2,33
Kurang (K) :
apabila memperoleh skor akhir: < skor akhir £ 1,33.
Pertemuan 1
LEMBAR KERJA SISWA
(LKS)
I.
Hari, tanggal :..........
II.
Kelompok :..........
III.
Nama
1. .......
2........
3.........
IV.
Tujuan :
dapat mengidentifikasi ciri makhluk
hidup dan tak hidup
V.
Materi
Secara umum ciri makhluk hidup dapat bernafas, bergerak,
makan dan minum dan lainnya.
VI.
Bahan
Benda disekitar sekolah
VII.
Cara Kerja
-
Bentuk kelompok diskusi yang masing
masing terdiri dari 5 orang, diskusikan ciri benda pada tabel, ciri ciri benda
dapat bergerak, tumbuh dan berkembang, bernafas, berkembang biak dan peka
terhadap ransangan. Kemudian isilah tabel berdasarkan hasil diskusi kelompokmu.
Nama
benda
|
Ciri
ciri benda
|
Tas
|
|
Ban
mobil
|
|
bola
|
|
Pesawat
helikopter
|
|
Tumbuhan
|
|
Orang
utan
|
|
Burung
|
|
-
Dari hasil pengamatanmu, apakah benda
benda itu mempunyai ciri yang sama!
-
Catat ciri benda yang didapatkan!
-
Tulis kesimpulan dari hasil pengamatanmu
pada buku tugas dan kumpulkan pada gurumu!
1. Alat dan bahan :
-
Alat tulis menulis.
-
Jurnal karya ilmiah.
2. Cara kerja :
-
Kunjungi perpustakaan umum dikota anda
-
Carilah buku-buku jurnal yang berisikan
kumpulan karya ilmiah.
-
Bacalah salah satu karya ilmiah biologi
yang ada dalam buku-buku jurnal tersebut.
-
Buatlah bahan analisis tentang cara
kerja peneliti dan tentang komponen-komponen dalam karya tulis ilmiah tersebut
berkaitan dengan metode ilmiah dalam biologi.
-
Susunlah hasil anasilis anda dalam
bentuk tabel.
3. Hasil Pengamatan
Hal yang perlu diketahui
|
Keterangan
|
Judul
penelitian
|
|
Tujuan
|
|
Manfaat
|
|
Rumusa Masalah
|
|
Hipotesis
|
|
Percobaan
·
Unit percobaan
·
Jumlah unit
percobaan
·
Perlakuan
·
Dosis yang
dipakai
·
Variabel bebas
·
Variabel
terikat
·
Respons yang
diukur
|
|
Pengujian
hipotesis
|
|
Kesimpulan
|
|
Rekomendasi
|
|
Pertemuan
2
LEMBAR KERJA SISWA
(LKS)
A. TUJUAN
1.
Mengetahui perbedaan makhluk hidup dan
benda tak hidup
2.
Mengetahui ciri ciri makhluk hidup
B. CARA KERJA
1.
Bekerja samalah dengan anggota
kelompokmu
2.
Amati lingkungan sekitar sekolah
3.
Isilah tabel ini dengan nama benda yang
diamati beserta ciri dan penggolongannya
C. TABEL PENGAMATAN
No
|
Nama Benda Disekitar Sekolah
|
Ciri
Ciri Benda
|
Penggolongan Benda
|
|
Makhluk Hidup
|
Benda Tak Hidup
|
|||
1
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
6
|
|
|
|
|
7
|
|
|
|
|
8
|
|
|
|
|
9
|
|
|
|
|
10
|
|
|
|
|
....
|
|
|
|
|
D. PERTANYAAN
Dari hasill pengamatan yang telah kalian
isi jawablah pertanyaan berikut
1.
Benda apa saja yang termaksud makhluk
hidup?
2.
Apa yang membedakan makhluk hidup dengan
benda tak hidup?
3.
Sebutkan ciri apa saja yang dimiliki
oleh makhluk hidup?
Mengetahui, Banda
Aceh, Desember 2016
Guru Pamong Mahasiswa
Praktikan
0 Response to "RPP SMP kelas vii ciri makhluk hidup"
Post a Comment