ads

contoh laporan magang 1 SMP, bab 1, 2, 3

                                                                         LAPORAN
                                                                         MAGANG
DI SMP NEGERI 3 BANDA ACEH
TAHUN AJARAN 2016/2017
                                  
Laporan ini disusun sebagai syarat mengikuti MAGANG Program Studi Pendidikan Biologi
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Syiah Kuala
2016



Disusun oleh

Nama : Rizal Sunanda
                                                          NIM  : 1406103010014







FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS SYIAH KUALA
BANDA ACEH
2016




BAB I
PENDAHULUAN
1.1    Latar Belakang
Kegiatan program Magang I merupakan salah satu kewajiban yang harus diselesaikan oleh setiap mahasiswa FKIP Prodi Biologi yang mencakup tugas-tugas keguruan secara mandiri dan menjadi prakondisi dari sistem penyiapan guru yang profesional.
Tujuan utama pelaksanaan program pengalaman Magang I adalah sarana latihan kerja bagi mahasiswa FKIP dalam meningkatkan pemahaman, penghayatan, dan keterampilan di bidang keguruan. Hal tersebut dimaksudkan untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa, serta upaya untuk membentuk sikap dan keterampilan sebagai calon guru yang profesional.
Oleh karena itu, Program Magang I ini adalah untuk mempersiapkan pribadi calon pendidik yang memiliki seperangkat pengetahuan, keterampilan, nilai dan sikap serta tingkah laku yang diperlukan oleh profesinya.
1.2    Tujuan
Magang I adalah serangkaian kegiatan terpadu yang terdiri dari aspek-aspek merancang, mengorganisasikan, melaksanakan, memantau dan setiap daya dan dana agar program  Magang I selesai. Dalam melakukan magang I ini, ada beberapa tujuan yang harus dicapai diantaranya:
1.    Tujuan Umum
   Yang menjadi tujuan umum dari pelatihan praktek lapangan ini adalah:
1.      Menghasilkan mahasiswa calon guru yang memiliki kemampuan mewujudkan tujuan pendidikan nasional, yaitu mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada tuhan yang maha esa;
2.      Mendidik mahasiswa calon guru yang berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab;
3.      Memberi pengalaman dasar penyiapan diri mahasiswa sebagai calon guru yang profesional sebelum melakukan praktik mengajar secara langsung di kelas.
4.      Membentuk mahasiswa agar menjadi calon tenaga kependidikan yang  profesional, sesuai dengan prinsip-prinsip pendidikan berdasarkan kompetensi pedagogik, kepribadian,  profesional, dan sosial.
5.      Membentuk kompetensi calon tenaga kependidikan sebagai guru mata pelajaran, guru pamong , dan tenaga kependidikan lainnya.
2.    Tujuan Khusus
Secara khusus Magang I dilakukan untuk :
  1. Mengenal secara cermat lingkungan fisik, administratif, akademik dan lingkungan sosial sekolah.
2.      Membangun landasan jati diri calon guru melalui kegiatan pengamatan langsung kultur sekolah;
3.      Melatih mahasiswa mengenal lingkungan sekolah, baik terkait dengan administrasi akademik sekolah maupun situasi dan gambaran lingkungan sekolah secara umum.
4.      Berlatih membiasakan diri dengan keadaan dan tuntutan sekolah dalam rangka mencapai suatu proses pembelajaran yang efektif dan efisien yang bermuara pada capaian prestasi siswa yang berkualitas sesuai yang diamanatkan di dalam kurikulum nasional.
5.      Membangun kompetensi dasar pedagogik, kepribadian dan sosial;
6.      Menyiapkan tenaga kependidikan yang terdiri dari: guru mata pelajaran, guru  pamong dan tenaga kependidikan lainnya.
3.      Manfaat
Magang I berfungsi memberikan bekal kepada mahasiswa agar memiliki kompetensi dalam pedagogik, kepribadian, profesional, dan sosial. Adapun manfaat dari pelaksanaan magang I ini adalah:
a.         Mahasiswa dapat memperoleh pengalaman nyata yang terkait dengan situasi dan kondisi di sekolah.
b.         Mahasiswa dapat menjalin kerjasama dengan warga sekolah dan/atau para pemangku kepentingan sekolah.
c.         Mahasiswa semakin mudah melaksanakan kegiatan Magang II dan III, yakni praktik pengalaman lapangan (mengajar).



BAB II
PROGRAM DAN KEGIATAN YANG DILAKSANAKAN DI SEKOLAH
2.1        Observasi dan Orientasi Lapangan
2.1.1     Observasi Lapangan
Observasi lapangan sangat perlu dilakukan oleh mahasiswa FKIP Biologi sebagai seorang calon guru pada awal pelaksanaan magang, agar mahasiswa dapat memahami dan mengetahui kondisi dan situasi di sekolah.
Kegiatan observasi yang dilakukan di sekolah meliputi :
a.    Keadaan fisik sekolah
b.    Keadaan lingkungan yang mengelilingi sekolah
c.    Fasilitas sekolah (jenis, kuantitas, dan kualitas)
d.   Penggunaan sekolah
e.    Interaksi sosial (kesan antara guru-guru, guru-siswa, siswa-siswa, dan hubungan antara semua personil di sekolah)
f.     Tata tertib (untuk siswa, guru, dan pegawai sekolah)
g.    Kesan umum
Adapun hasil pengamatan yang dilakukan mengenai SMP Negeri 3 Banda Aceh secara rinci adalah sebagai berikut :
1.    Profil Sekolah
Nama Sekolah         : SMP Negeri 3 Banda Aceh
Alamat                     : Jl. Nyak Adam Kamil III Neusu Jaya, Banda Aceh

2.    Visi dan Misi SMP Negeri 3 Banda Aceh
a)   VISI
Mewujudkan siswa berprestasi, terampil dalam berkarya berdasarkan iptek imtaq dan berwawasan nasional.
b)   MISI
Untuk mencapai visi, maka di susunlah misi. Adapun misi di SMP Negeri 3 Banda Aceh adalah:
a.       Menanamkan kepercayaan kepada Stakeholder dengan cara meningkatkan mutu pendidikan.
b.      Meningkatkan komitmen seluruh tenaga kendidikan terhadap tugas pokok dan fungsinya
c.       Mempersiapkan dan melaksanakanpembelajaran yang efektif, inofatif, integratif, aplikasi dan islami
d.      Melaksanakan pembelajaran dan bimbingan secara efektif dan efisien
e.       Melaksanakan baca Al-Qur’an dan kajian serta shalat berjamaah
f.       Melaksanakan kultur sekolah yang Islami dan Qur’ani
g.      Meningkatkan penguasaan ilmu komunikasi dan komputerisasi untuk menghadapi era globalisasi
h.      Mengembangkan SDM melalui pembinaan KIR, Olimpiade, debat bahasa inggris, olahraga, dan kesenian yang siap berkompetisi secara nasional maupun internasional
i.        Menumbuhkan rasa cinta lingkungan yang bersih, indah, dan nyaman.
j.        Mengembangkan bakat minat dalam berkarir dan berbuat kreatif dan rasional.

3.    Identitas Sekolah
1.    Identitas Sekolah
a)    Nama Sekolah                           : SMP Negeri 3 Banda Aceh
b)   Nomor dan Tanggal Pendirian  : 01/08/1956
c)    Terhitung mulai                         : 01/08/1958
d)   Alamat sekolah                          : Jl. Nyak Adam Kamil III Neusu Jaya, Banda Aceh
e)    Luas Sekolah                             : 4.401 m2
f)    NSS/NPSN                                : 201066101003/ 10105411
g)   Telepon                                      : (0651) 21546 / 08126980906 / (0651) 21546
2.    Identitas Kepala Sekolah
a)    Nama                                         : Dra. Faridah Ibrahim
b)   NIP                                            : 196007201981112000
3.    Identitas Komite Sekolah
a)    Nama                                         : Drs. Mukhlis A. Hamid, MS
b)   No SK/Tanggal                          : 2010661020003/ 10105411

4.    Pendidik dan tenaga kependidikan

No
Jabatan
Nama
Jenis Kelamin
Usia
Pend.
Akhir
Masa Kerja
L
P
1.
Kepala Sekolah
Dra. Faridah Ibrahim

1
55
S-1
34
2.
Waka. Kurikulum
Nursiah, S. Pd

1
56
S-1
30
3.
Waka. Kesiswaan
Dra. Nurul Rufian

1
46
S-1
18
4.
Waka. Sarana & Prasarana
Rasyidah, S. Pd

1
50
S-1
26
5
Waka Humas
Hj. Asmiwati, S. Pd

1
54
S-1
31

4. Hasil Pengamatan
A.    Keadaan Fisik Sekolah
1. Luas tanah                                       : 4401 m2
2. Jumlah ruang kelas                          :  27
3. Ukuran ruang kelas                         : 6 x 7 m2
4.Bangunan lain yang ada                :
                                 a. Perpustakaan                                                       Luasnya 300 m2
                                 b. Lab TIK                                                   Luasnya 63 m2
                                 c. Lab IPA                                                   Luasnya 300 m2
                                 d. Aula                                                        Luasnya 70 m2
                                 e. Ruang TU                                                            Luasnya 80 m2
                                 f. Ruang Wakil kepala                                             Luasnya 35 m2
                                 g. Ruang Guru                                                         Luasnya -  m2
                                 h. Gudang Dekat Bawah tangga                   Luasnya -  m2
5.  Lapangan Olah Raga (Jenis dan ukuran) :
                                 Lapangan Tenis                                                       Luasnya 13 x 19 m2
Lapangan Voly                                                Luasnya 13 x 19 m2





B.     Keadaan Lingkungan yang Mengelilingi Sekolah
1.      Jenis Bangunan yang Mengelilingi Sekolah
·      Sebelah Depan berbatasan dengan Mesjid
·      Sebelah Belakang berbatasan dengan Kantor HMI
·      Selatan Kiri berbatasan dengan Asrama TNI
·      Sebelah Kanan berbatasan dengan SDN 27 Banda Aceh

2.      Kondisi Lingkungan Sekolah
SMP Negeri 3 Banda Aceh mempunyai letak yang strategis, dikelilingi oleh bangunan yang masih bersifat wajar, dan keberadaan bangunan lain sama sekali tidak mengganggu berlangsungnya proses belajar mengajar. Lingkungan SMP N 3 Banda Aceh sangat nyaman, hanya saja pada saat ini sedang berlangsung pembangunan beberapa ruang kelas demi memadainya sarana prasarana belajar.

C.    Fasilitas Sekolah
Jenis Ruangan
Jumlah (buah)
Ukuran (pxl)
Kondisi
1. Perpustakaan
1
12 x 10 m
Baik
2. Lab. IPA
1
12 x 10 m
Baik
3. Multimedia
1
11 x 7
Baik
4. BK
1
6 x 5 m
Baik
5.Kepala Sekolah
1
7 x 5 m
Baik
6. WaKepSek
1
17 x 4 m
Kurang Baik
7. Guru
1
14 x 17 m
Baik
8. Tata Usaha
1
8 x 9 m
Baik
9. Tata Usaha
1
8 x 9 m
Baik
10. Lab. Komputer
1
9 x 7 m

11. Gudang
1
5 x 11
Baik
12. OSIS
1
7 x 4
Baik






D.     Penggunaan Sekolah
1.      Jumlah sekolah yang menggunakan bangunan ini :
27    uangan Terpapar sift pagi dan siang
2.      Jumlah ’Shift’ tiap hari
4        Kelas Siang (Kelas VII).

E. Guru dan Siswa
1.   Jumlah guru                                         : 50 Orang
2.   Jumlah siswa per kelas (rata-rata)        : 32 Orang
3.   Jumlah siswa seluruhnya                     : 861 Orang

F.     Interaksi Sosial
Kesan tentang hubugan antara guru dan guru, guru dan siswa, siswa dengan siswa, dan hubungan antara semua personil di lingkungan SMP Negeri 3 Banda Aceh. 
·      Hubungan guru dengan guru
Hubungan guru dengan guru di SMP Negeri 3 Banda Aceh serta keseluruhan berkesan sangat baik karena antara seorang guru dengan yang lain selalu saling memberi dan menerima saran dan kritik yang disampaikan demi tercapai tujuan pendidikan sesuai dengan yang diharapkan.

·      Hubungan guru dengan siswa
Hubungan guru dengan siswa sangat akrab, guru pun selalu terbuka menerima keluhan peserta didik, begitu juga dengan peserta didik tidak segan untuk melaporkan setiap keluhan dan hambatan kepada gurunya sehingga proses belajar mengajar dapat berjalan dengan lancar dan selalu menumbuhkan keinginan untuk belajar.

·      Hubungan siswa dengan siswa
Hubungan siswa dengan siswa terkesan sangat harmonis, karena antara siswa yang satu dengan yang lain menyadari bahwa keberadaan mereka di sekolah adalah untuk menuntut ilmu pengetahuan, sehingga belajar mengajar dapat belajar dengan baik.

·      Hubungan sosial secara keseluruhan
Hubungan sosial secara keseluruhan dinilai sangat amat baik karena tampaknya hubungan tersebut dilandasi oleh dasar persaudaraan yang tinggi. Dimana suasana seperti ini diharapkan terus berjalan lancar sampai tahun-tahun selanjutnya yang tentunya akan menambah harum nama SMP Negeri 3 Banda Aceh itu sendiri.

G.    Tata Tertib
a.    Untuk siswa                    : ada
b.    Untuk Guru                    : ada
c.    Untuk pegawai              : ada

H.    Kesan Umum
SMP Negeri 3 Banda Aceh merupakan salah satu tempat generasi penerus bangsa menimba ilmu pendidikan guna menggapai mimpi. Sekolah yang terletak di Banda Aceh ini cukup bagus dari segi keadaan fisik dan lingkungan di sekeliling bangunan sekolah, fasilitas yang ada di sekolah sudah memadai, dan tenaga pendidik yang cukup dan kompoten di bidang dan skill masing-masing. Sekolah tersebut sangat menjunjung kedisiplinan semua lapisan yang terlibat di dalamnya, baik kepala sekolah, guru, pegawai, maupun siswa.
Tata tertib dan kedisiplinan yang diterapkan di sekolah sangat bermanfaat  untuk setiap orang yang berada di bawah naungan SMP Negeri 3 Banda Aceh ini, terutama untuk para siswa yang dipesiapkan untuk menjadi tamatan yang berkepribadian baik dan mampu mengembangkan diri serta disiplin yang selanjutnya akan melanjutkan pendidikannya ke jenjang yang lebih tinggi dan yang akan menuntut kedisiplinan yang lebih dari pada sekarang.
Selama observasi lapangan di SMP Negeri 3 Banda Aceh, hal yang paling penulis perhatikan adalah keramah tamahan para guru, pegawai, dan siswa kepada siapapun yang datang bertamu dan kerukunan yang terjalin baik antara guru maupun dengan  pihak lain.
2.2    Program Tahunan (Terlampir)
            Kita sebagai calon guru semestinya kita harus mengetahui tentang perencanaan. Untuk memperlancar suatu sistem pendidikan dan pembelajaran yang efektif maka diperlukan adanya perencanaan yang matang termasuk salah satunya adalah program satu tahun yang harus disiapkan dalam suatu lembaga pendidikan. Oleh karena itu di sini dibahas mengenai beberapa pengertian Program Tahunan.
            Program tahunan adalah rencana penetapan alokasi waktu satu tahun untuk mencapai tujuan (SK dan KD) yang telah ditetapkan. Penetapan alokasi waktu diperlukan agar seluruh kompetensi dasar yang ada dalam kurikulum seluruhnya dapat dicapai oleh siswa. Penentuan alokasi waktu ditentukan pada jumlah jam pelajaran sesuai dengan struktur kurikulum yang berlaku serta keluasan materi yang harus dikuasai oleh siswa.
            Program tahunan merupakan program umum setiap mata pelajaran untuk setiap kelas, berisi tentang garis-garis besar yang hendak dicapai dalam satu tahun dan dikembangkan oleh guru mata pelajaran yang bersangkutan program ini perlu dipersiapkan dan dikembangkan oleh guru sebelum tahun pelajaran dimulai , karena merupakan pedoman bagi pengembangan program-progran berikutnya, yakni program semester, mingguan dan harian serta pembuatan silabus dan sistem penilaian komponen-komponen program tahunan meliputi identifikasi (satuan pendidikan,mata pelajaran, tahun pelajaran) standart kompetensi, kompetensi dasar, alokasi waktu dan keterangan.
            Menyusun program tahunan pada dasarnya adalah menetapkan jumlah waktu yang tersedia untuk setiap kompetensi dasar berdasarkan penyusunan alokasi waktu yang telah ditetapkan.
Dalam mengembangkan program tahunan ditempuh langkah-langkah sebagai berikut :
a)    Menelaah kalender pendidikan, dan ciri khas sekolah/madrasah berdasarkan kebutuhan tingkat satuan pendidikan.
b)   Menandai hari-hari libur, permulaan tahun pelajaran, minggu efektif, belajar, waktu pembelajaran efektif (per minggu). Hari-hari libur meliputi:
1.    Jeda tengah semester           
2.    Jeda antar semester
3.    Libur akhir tahun pelajaran
4.    Hari libur keagaman
5.    Hari libur umum termasuk hari-hari besar nasional
6.    Hari libur khusus.
c)    Menghitung jumlah minggu efektif setiap bulan dan semester dalam satu tahun dan  memasukkan dalam format matrik yang tersedia.
d)   Medistribusikan alokasi waktu yang disediakan untuk suatu mata pelajaran, pada setiap KD dan topik bahasannya pada minggu efektif, sesuai ruang lingkup cakupan maeri, tingkat kesulitan dan pentingnya materi tersebut, serta mempertimbangkan waktu untuk ulangan serta review materi.
Komponen-komponen program tahunan meliputi:
1.     Identitas (satuan pendidikan, mata pelajaran, kelas, semester)
2.     Kompetensi Inti
3.     Kompetensi dasar
4.    Alokasi waktu, dan
5.    Keterangan

2.3  Program Semester (Terlampir)
            Program semester adalah program pengajaran yang harus dicapai selama satu semester, selama periode ini diharapkan para siswa menguasai pengetahuan, sikap dan keterampilan sebagai satu kesatuan utuh. Program semester dijabarkan dari Garis-Garis Besar Program Pengajaran pada masing-masing bidang studi/mata pelajaran, di dalamnya terdiri atas: pokok bahasan/ sub-pokok bahasan, alokasi waktu, dan alokasi pertemuan kapan pokok bahasan/sub-pokok bahasan tersebut disajikan.
            Komponen-komponen program semester melalui:
a.    Identitas (satuan pendidikan, mata pelajaran, kelas, semester)
b.    Standar kompetensi
c.    Kompetensi dasar
d.   Materi pokok
e.    Kegiatan pembelajaran
f.     Indikator Penilaian (teknik, bentuk instrumen, contoh instrumen)
g.    Alokasi waktu, dan
h.    Sumber belajar.

Langkah-langkah penyusunan program semester:
1.     Menghitung jumlah minggu kalender dalam setiap semester.
2.   Menghitung jumlah minggu tidak efektif dalam satu semester.
3.     Menghitung minggu efektif dalam satu semester.
4.   Menghitung jam tidak efektif dalam satu semester.
5.     Menghitung jam efektif dalam satu semester.
6.     Menjabarkan jam efektif untuk setiap kompetensi dasar.
7.     Mengurutkan kompetensi dasar pada setiap semester.
8.     Menuangkan hasil analisis ke dalam format program semester.


2.4    Kalender Akademik (Terlampir)
Kalender pendidikan adalah pengaturan waktu untuk kegiatan pembelajaran peserta didik selama satu tahun ajaran yang mencakup permulaan tahun pelajaran, minggu efektif belajar, waktu pembelajaran efektif dan hari libur. Permulaan tahun pelajaran adalah waktu dimulainya kegiatan pembelajaran pada awal tahun pelajaran. Minggu efektif belajar adalah jumlah minggu kegiatan pembelajaran untuk setiap tahun pelajaran. Waktu pembelajaran efektif adalah jumlah jam setiap minggu, meliputi jumlah jam pembelajaran untuk setiap mata pelajaran termasuk termasuk muatan lokal, ditambah jumlah jam untuk kegiatan pengembangan diri. Waktu libur adalah waktu yang ditetapkan untuk tidak diadakan kegiatan pembelajaran. Waktu libur dapat berbentuk jeda tengah semester, jeda antar semester, libur akhir tahun pelajaran, hari libur keagamaan, hari libur umum, termasuk hari-hari besar nasional, dan hari libur khusus.






BAB III
PENUTUP
3.1    Kesimpulan
Program Magang I adalah salah satu kegiatan akademik yang diwajibkan bagi setiap mahasiswa FKIP dalam bentuk pelatihan dan praktek pendidikan, sehingga mahasiswa memiliki seperangkat pengetahuan keterampilan dan sikap profesional guru. Program Magang I sangat bermanfaat bagi mahasiswa praktik sabagai calon guru karena melalui kegiatan ini mahasiswa praktikan memperoleh pengalaman atas profesi yang ditekuninya kelak.
Dari kegiatan magang I yang dilaksanakan di SMP Negeri 3 Banda Aceh selama 3 minggu, dapat disimpulkan bahwa sekolah tersebut baik. Penulis dapat memahami betapa sulitnya menjadi guru yang profesional. Penulis juga dapat mengenal kondisi fisik sekolah, kegiatan belajar-mengajar, dan kegiatan yang sebenarnya di SMP Negeri 3 Banda Aceh. Penulis dapat langsung berhadapan dengan program semester, program tahunan, kalender akademik, interaksi antar warga sekolah. Setelah mengikuti magang ini penulis mendapat pengetahuan yang lebih mengenai situasi dan kondisi lingkungan sekolah tingkat pertama, cara menghadapi berbagai tugas saat menjadi seorang guru. Maka dari itu, penulis mengharap semoga hasil dari kegiatan ini dapat bermanfaat bagi penulis ketika berada dilingkungan sekolah yang sebenarnya.
3.2    Saran
Dari hasil kegiatan magang yang telah dilaksanakan, beberapa saran yang dapat kami berikan yaitu :
1.         Sebagai calon guru yang profesional hendaknya mahasiswa magang serius dan bertanggung jawab saat mengikuti magang di sekolah latihan.
2.         Kepada mahasiswa yang melakukan Magang I agar dapat meningkatkan kedisiplinan, terutama dalam hal kehadiran ke sekolah latihan serta tepat waktu.
3.         Mengingat waktu magang sangat singkat, maka mahasiswa praktikan agar lebih memanfaatkan kesempatan ini dengan sebaik-baiknya, sebagai bekal untuk menjadi guru yang baik dan profesional.
4.         Perlunya ketersediaan waktu kepada dosen untuk menghantarkan mahasiswa, membimbing, dan penutupan magang.


Daftar Pustaka

Arikunto, S. 2000.  Penilaian Program Pendidikan, Cet 1. Jakarta: PT. Ina Aksara.

Hamalik, Umar. 2004. Kurikulum Berbasis Kompetensi. Bandung : PT Rosda karya.

Mulyasa, E. 2008. Kurikulum Berbasis Kompetensi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Sanjaya, W. 2008. Perencanaan Dan Desain System Pembelajaran. Jakarta : Prenada Media Grup.


http://www.wawasanpendidikan. com/2014/09/Contoh-Minggu-Efektif-dalam-Satu-Semster .html.

sambungan untuk lampiran kalender akademik (klik disni)


Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.

0 Response to "contoh laporan magang 1 SMP, bab 1, 2, 3"