MAGANG
DI SMP NEGERI 3 BANDA ACEH
Laporan ini disusun sebagai syarat mengikuti MAGANG Program
Studi Pendidikan Biologi
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Syiah Kuala
2016
Disusun oleh
Nama : Rizal Sunanda
NIM : 1406103010014
FAKULTAS
KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS SYIAH KUALA
BANDA ACEH
2016
BAB
I
PENDAHULUAN
1.1
Latar
Belakang
Kegiatan program
Magang I merupakan salah satu kewajiban yang harus diselesaikan oleh setiap
mahasiswa FKIP Prodi Biologi yang mencakup tugas-tugas keguruan secara mandiri
dan menjadi prakondisi dari sistem penyiapan guru yang profesional.
Tujuan utama
pelaksanaan program pengalaman Magang I adalah sarana latihan kerja bagi
mahasiswa FKIP dalam meningkatkan pemahaman, penghayatan, dan keterampilan di bidang
keguruan. Hal tersebut dimaksudkan untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa,
serta upaya untuk membentuk sikap dan keterampilan sebagai calon guru yang
profesional.
Oleh karena itu,
Program Magang I ini adalah untuk mempersiapkan pribadi calon pendidik yang
memiliki seperangkat pengetahuan, keterampilan, nilai dan sikap serta tingkah
laku yang diperlukan oleh profesinya.
1.2
Tujuan
Magang
I adalah serangkaian kegiatan terpadu yang terdiri dari aspek-aspek merancang,
mengorganisasikan, melaksanakan, memantau dan setiap daya dan dana agar
program Magang I selesai.
Dalam melakukan magang I ini, ada beberapa tujuan yang harus dicapai
diantaranya:
1.
Tujuan
Umum
Yang menjadi tujuan umum dari pelatihan
praktek lapangan ini adalah:
1.
Menghasilkan mahasiswa calon guru
yang memiliki kemampuan mewujudkan tujuan pendidikan nasional, yaitu
mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan
bertakwa kepada tuhan yang maha esa;
2.
Mendidik mahasiswa calon guru yang
berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga
negara yang demokratis serta bertanggung jawab;
3.
Memberi pengalaman
dasar penyiapan diri mahasiswa sebagai calon guru yang profesional sebelum
melakukan praktik mengajar secara langsung di kelas.
4.
Membentuk mahasiswa agar menjadi
calon tenaga kependidikan yang profesional, sesuai dengan prinsip-prinsip
pendidikan berdasarkan kompetensi pedagogik, kepribadian, profesional, dan sosial.
5.
Membentuk kompetensi calon tenaga
kependidikan sebagai guru mata pelajaran, guru pamong , dan tenaga
kependidikan lainnya.
2.
Tujuan
Khusus
Secara khusus Magang I dilakukan untuk :
- Mengenal secara cermat lingkungan fisik, administratif, akademik dan lingkungan sosial sekolah.
2.
Membangun landasan jati
diri calon guru melalui kegiatan pengamatan langsung kultur sekolah;
3. Melatih
mahasiswa mengenal lingkungan sekolah, baik terkait dengan administrasi akademik
sekolah maupun situasi dan gambaran lingkungan sekolah secara umum.
4. Berlatih
membiasakan diri dengan keadaan dan tuntutan sekolah dalam rangka mencapai
suatu proses pembelajaran yang efektif dan efisien yang bermuara pada capaian
prestasi siswa yang berkualitas sesuai yang diamanatkan di dalam kurikulum
nasional.
5. Membangun
kompetensi dasar pedagogik, kepribadian dan sosial;
6.
Menyiapkan tenaga kependidikan yang
terdiri dari: guru mata pelajaran, guru
pamong dan tenaga kependidikan lainnya.
3.
Manfaat
Magang I
berfungsi memberikan bekal kepada mahasiswa agar memiliki kompetensi dalam
pedagogik, kepribadian, profesional, dan sosial. Adapun
manfaat dari pelaksanaan magang I ini adalah:
a.
Mahasiswa dapat
memperoleh pengalaman nyata yang terkait dengan situasi dan kondisi di sekolah.
b.
Mahasiswa dapat
menjalin kerjasama dengan warga sekolah dan/atau para pemangku kepentingan
sekolah.
c.
Mahasiswa semakin mudah
melaksanakan kegiatan Magang II dan III, yakni praktik pengalaman lapangan
(mengajar).
BAB
II
PROGRAM DAN KEGIATAN
YANG DILAKSANAKAN DI SEKOLAH
2.1 Observasi dan Orientasi Lapangan
2.1.1 Observasi Lapangan
Observasi lapangan sangat perlu
dilakukan oleh mahasiswa FKIP Biologi sebagai seorang calon guru pada awal
pelaksanaan magang, agar mahasiswa dapat memahami dan mengetahui kondisi dan
situasi di sekolah.
Kegiatan observasi yang dilakukan
di sekolah meliputi :
a. Keadaan
fisik sekolah
b. Keadaan
lingkungan yang mengelilingi sekolah
c. Fasilitas
sekolah (jenis, kuantitas, dan kualitas)
d. Penggunaan
sekolah
e. Interaksi
sosial (kesan antara guru-guru, guru-siswa, siswa-siswa, dan hubungan antara
semua personil di sekolah)
f. Tata
tertib (untuk siswa, guru, dan pegawai sekolah)
g. Kesan
umum
Adapun hasil pengamatan yang
dilakukan mengenai SMP Negeri 3 Banda Aceh secara rinci adalah sebagai berikut
:
1.
Profil
Sekolah
Nama Sekolah : SMP Negeri 3 Banda Aceh
Alamat : Jl. Nyak Adam Kamil III
Neusu Jaya, Banda Aceh
2.
Visi
dan Misi SMP Negeri 3 Banda Aceh
a)
VISI
Mewujudkan
siswa berprestasi, terampil dalam berkarya berdasarkan iptek imtaq dan
berwawasan nasional.
b)
MISI
Untuk mencapai visi, maka di susunlah
misi. Adapun misi di SMP Negeri 3 Banda Aceh adalah:
a. Menanamkan
kepercayaan kepada Stakeholder dengan cara meningkatkan mutu pendidikan.
b. Meningkatkan
komitmen seluruh tenaga kendidikan terhadap tugas pokok dan fungsinya
c. Mempersiapkan
dan melaksanakanpembelajaran yang efektif, inofatif, integratif, aplikasi dan
islami
d. Melaksanakan
pembelajaran dan bimbingan secara efektif dan efisien
e. Melaksanakan
baca Al-Qur’an dan kajian serta shalat berjamaah
f. Melaksanakan
kultur sekolah yang Islami dan Qur’ani
g. Meningkatkan
penguasaan ilmu komunikasi dan komputerisasi untuk menghadapi era globalisasi
h. Mengembangkan
SDM melalui pembinaan KIR, Olimpiade, debat bahasa inggris, olahraga, dan
kesenian yang siap berkompetisi secara nasional maupun internasional
i.
Menumbuhkan rasa cinta
lingkungan yang bersih, indah, dan nyaman.
j.
Mengembangkan bakat
minat dalam berkarir dan berbuat kreatif dan rasional.
3.
Identitas
Sekolah
1.
Identitas Sekolah
a) Nama
Sekolah : SMP
Negeri 3 Banda Aceh
b) Nomor
dan Tanggal Pendirian : 01/08/1956
c) Terhitung
mulai : 01/08/1958
d) Alamat
sekolah : Jl.
Nyak Adam Kamil III Neusu Jaya, Banda Aceh
e) Luas
Sekolah :
4.401 m2
f) NSS/NPSN
:
201066101003/ 10105411
g) Telepon
:
(0651) 21546 / 08126980906 / (0651) 21546
2. Identitas
Kepala Sekolah
a) Nama
:
Dra. Faridah Ibrahim
b) NIP : 196007201981112000
3. Identitas
Komite Sekolah
a) Nama : Drs.
Mukhlis A. Hamid, MS
b) No
SK/Tanggal : 2010661020003/ 10105411
4. Pendidik
dan tenaga kependidikan
No
|
Jabatan
|
Nama
|
Jenis Kelamin
|
Usia
|
Pend.
Akhir
|
Masa Kerja
|
|
L
|
P
|
||||||
1.
|
Kepala Sekolah
|
Dra. Faridah Ibrahim
|
1
|
55
|
S-1
|
34
|
|
2.
|
Waka. Kurikulum
|
Nursiah, S. Pd
|
1
|
56
|
S-1
|
30
|
|
3.
|
Waka. Kesiswaan
|
Dra. Nurul
Rufian
|
1
|
46
|
S-1
|
18
|
|
4.
|
Waka. Sarana & Prasarana
|
Rasyidah, S.
Pd
|
1
|
50
|
S-1
|
26
|
|
5
|
Waka Humas
|
Hj. Asmiwati,
S. Pd
|
1
|
54
|
S-1
|
31
|
4. Hasil Pengamatan
A.
Keadaan
Fisik Sekolah
1. Luas tanah : 4401 m2
2. Jumlah ruang kelas : 27
3. Ukuran ruang kelas :
6 x 7 m2
4.Bangunan
lain yang ada :
a.
Perpustakaan Luasnya
300 m2
b.
Lab TIK Luasnya 63 m2
c.
Lab IPA Luasnya
300 m2
d.
Aula Luasnya 70 m2
e.
Ruang TU Luasnya
80 m2
f.
Ruang Wakil kepala Luasnya
35 m2
g.
Ruang Guru Luasnya
- m2
h.
Gudang Dekat Bawah tangga Luasnya
- m2
5. Lapangan Olah Raga (Jenis dan ukuran) :
Lapangan
Tenis Luasnya 13 x 19 m2
Lapangan Voly Luasnya
13 x 19 m2
B.
Keadaan
Lingkungan yang Mengelilingi Sekolah
1.
Jenis
Bangunan yang Mengelilingi Sekolah
· Sebelah
Depan berbatasan dengan Mesjid
· Sebelah
Belakang berbatasan dengan Kantor HMI
· Selatan
Kiri berbatasan dengan Asrama TNI
· Sebelah
Kanan berbatasan dengan SDN 27 Banda Aceh
2.
Kondisi
Lingkungan Sekolah
SMP Negeri 3 Banda Aceh mempunyai
letak yang strategis, dikelilingi oleh bangunan yang masih bersifat wajar, dan
keberadaan bangunan lain sama sekali tidak mengganggu berlangsungnya proses
belajar mengajar. Lingkungan SMP N 3 Banda Aceh sangat nyaman, hanya saja pada
saat ini sedang berlangsung pembangunan beberapa ruang kelas demi memadainya
sarana prasarana belajar.
C.
Fasilitas
Sekolah
Jenis
Ruangan
|
Jumlah
(buah)
|
Ukuran
(pxl)
|
Kondisi
|
1.
Perpustakaan
|
1
|
12 x 10 m
|
Baik
|
2. Lab. IPA
|
1
|
12 x
10 m
|
Baik
|
3. Multimedia
|
1
|
11 x 7
|
Baik
|
4.
BK
|
1
|
6
x 5 m
|
Baik
|
5.Kepala
Sekolah
|
1
|
7
x 5 m
|
Baik
|
6.
WaKepSek
|
1
|
17
x 4 m
|
Kurang
Baik
|
7.
Guru
|
1
|
14
x 17 m
|
Baik
|
8.
Tata Usaha
|
1
|
8
x 9 m
|
Baik
|
9.
Tata Usaha
|
1
|
8
x 9 m
|
Baik
|
10. Lab.
Komputer
|
1
|
9 x 7
m
|
|
11.
Gudang
|
1
|
5
x 11
|
Baik
|
12.
OSIS
|
1
|
7
x 4
|
Baik
|
D.
Penggunaan Sekolah
1.
Jumlah
sekolah yang menggunakan bangunan ini :
27
uangan
Terpapar sift pagi dan siang
2.
Jumlah
’Shift’ tiap hari
4
Kelas
Siang (Kelas VII).
E. Guru dan Siswa
1. Jumlah guru :
50 Orang
2. Jumlah siswa per kelas (rata-rata) :
32 Orang
3. Jumlah siswa seluruhnya :
861 Orang
F.
Interaksi
Sosial
Kesan
tentang hubugan antara guru dan guru, guru dan siswa, siswa dengan siswa, dan
hubungan antara semua personil di lingkungan SMP Negeri 3 Banda Aceh.
· Hubungan
guru dengan guru
Hubungan
guru dengan guru di SMP Negeri 3 Banda Aceh serta keseluruhan berkesan sangat
baik karena antara seorang guru dengan yang lain selalu saling memberi dan
menerima saran dan kritik yang disampaikan demi tercapai tujuan pendidikan
sesuai dengan yang diharapkan.
· Hubungan
guru dengan siswa
Hubungan
guru dengan siswa sangat akrab, guru pun selalu terbuka menerima keluhan
peserta didik, begitu juga dengan peserta didik tidak segan untuk melaporkan
setiap keluhan dan hambatan kepada gurunya sehingga proses belajar mengajar
dapat berjalan dengan lancar dan selalu menumbuhkan keinginan untuk belajar.
· Hubungan
siswa dengan siswa
Hubungan
siswa dengan siswa terkesan sangat harmonis, karena antara siswa yang satu
dengan yang lain menyadari bahwa keberadaan mereka di sekolah adalah untuk
menuntut ilmu pengetahuan, sehingga belajar mengajar dapat belajar dengan baik.
· Hubungan
sosial secara keseluruhan
Hubungan
sosial secara keseluruhan dinilai sangat amat baik karena tampaknya hubungan
tersebut dilandasi oleh dasar persaudaraan yang tinggi. Dimana suasana seperti
ini diharapkan terus berjalan lancar sampai tahun-tahun selanjutnya yang
tentunya akan menambah harum nama SMP Negeri 3 Banda Aceh itu sendiri.
G.
Tata
Tertib
a. Untuk
siswa : ada
b. Untuk
Guru : ada
c. Untuk
pegawai : ada
H.
Kesan
Umum
SMP
Negeri 3 Banda Aceh merupakan salah satu tempat generasi penerus bangsa menimba
ilmu pendidikan guna menggapai mimpi. Sekolah yang terletak di Banda Aceh ini
cukup bagus dari segi keadaan fisik dan lingkungan di sekeliling bangunan
sekolah, fasilitas yang ada di sekolah sudah memadai, dan tenaga pendidik yang
cukup dan kompoten di bidang dan skill masing-masing. Sekolah tersebut sangat
menjunjung kedisiplinan semua lapisan yang terlibat di dalamnya, baik kepala
sekolah, guru, pegawai, maupun siswa.
Tata
tertib dan kedisiplinan yang diterapkan di sekolah sangat bermanfaat untuk setiap orang yang berada di bawah
naungan SMP Negeri 3 Banda Aceh ini, terutama untuk para siswa yang dipesiapkan
untuk menjadi tamatan yang berkepribadian baik dan mampu mengembangkan diri
serta disiplin yang selanjutnya akan melanjutkan pendidikannya ke jenjang yang
lebih tinggi dan yang akan menuntut kedisiplinan yang lebih dari pada sekarang.
Selama
observasi lapangan di SMP Negeri 3 Banda Aceh, hal yang paling penulis
perhatikan adalah keramah tamahan para guru, pegawai, dan siswa kepada siapapun
yang datang bertamu dan kerukunan yang terjalin baik antara guru maupun dengan pihak lain.
2.2
Program
Tahunan (Terlampir)
Kita sebagai calon guru semestinya kita harus mengetahui tentang
perencanaan. Untuk memperlancar suatu sistem pendidikan dan pembelajaran yang
efektif maka diperlukan adanya perencanaan yang matang termasuk salah satunya
adalah program satu tahun yang harus disiapkan dalam suatu lembaga pendidikan.
Oleh karena itu di sini dibahas mengenai beberapa pengertian Program Tahunan.
Program tahunan adalah rencana penetapan alokasi waktu satu tahun untuk
mencapai tujuan (SK dan KD) yang telah ditetapkan. Penetapan alokasi waktu
diperlukan agar seluruh kompetensi dasar yang ada dalam kurikulum seluruhnya
dapat dicapai oleh siswa. Penentuan alokasi waktu ditentukan pada jumlah jam
pelajaran sesuai dengan struktur kurikulum yang berlaku serta keluasan materi
yang harus dikuasai oleh siswa.
Program tahunan merupakan program umum setiap mata pelajaran untuk setiap
kelas, berisi tentang garis-garis besar yang hendak dicapai dalam satu tahun
dan dikembangkan oleh guru mata pelajaran yang bersangkutan program ini perlu
dipersiapkan dan dikembangkan oleh guru sebelum tahun pelajaran dimulai ,
karena merupakan pedoman bagi pengembangan program-progran berikutnya, yakni
program semester, mingguan dan harian serta pembuatan silabus dan sistem
penilaian komponen-komponen program tahunan meliputi identifikasi (satuan
pendidikan,mata pelajaran, tahun pelajaran) standart kompetensi, kompetensi
dasar, alokasi waktu dan keterangan.
Menyusun program tahunan pada dasarnya adalah menetapkan jumlah waktu yang
tersedia untuk setiap kompetensi dasar berdasarkan penyusunan alokasi waktu
yang telah ditetapkan.
Dalam mengembangkan program tahunan ditempuh langkah-langkah sebagai
berikut :
a)
Menelaah kalender
pendidikan, dan ciri khas sekolah/madrasah berdasarkan kebutuhan tingkat satuan
pendidikan.
b) Menandai hari-hari libur, permulaan tahun pelajaran, minggu efektif, belajar,
waktu pembelajaran efektif (per minggu). Hari-hari libur meliputi:
1. Jeda tengah
semester
2. Jeda antar semester
3. Libur akhir tahun pelajaran
4. Hari libur keagaman
5. Hari libur umum termasuk hari-hari besar nasional
6. Hari libur khusus.
c)
Menghitung jumlah minggu
efektif setiap bulan dan semester dalam satu tahun dan memasukkan dalam format matrik yang tersedia.
d)
Medistribusikan alokasi
waktu yang disediakan untuk suatu mata pelajaran, pada setiap KD dan topik
bahasannya pada minggu efektif, sesuai ruang lingkup cakupan maeri, tingkat
kesulitan dan pentingnya materi tersebut, serta mempertimbangkan waktu untuk
ulangan serta review materi.
Komponen-komponen program tahunan
meliputi:
1.
Identitas (satuan
pendidikan, mata pelajaran, kelas, semester)
2.
Kompetensi Inti
3.
Kompetensi dasar
4.
Alokasi waktu, dan
5.
Keterangan
2.3 Program Semester
(Terlampir)
Program semester adalah program pengajaran yang harus dicapai selama satu
semester, selama periode ini diharapkan para siswa menguasai pengetahuan, sikap
dan keterampilan sebagai satu kesatuan utuh. Program semester dijabarkan dari
Garis-Garis Besar Program Pengajaran pada masing-masing bidang studi/mata
pelajaran, di dalamnya terdiri atas: pokok bahasan/ sub-pokok bahasan, alokasi
waktu, dan alokasi pertemuan kapan pokok bahasan/sub-pokok bahasan tersebut
disajikan.
Komponen-komponen program semester melalui:
a.
Identitas (satuan
pendidikan, mata pelajaran, kelas, semester)
b.
Standar kompetensi
c.
Kompetensi dasar
d.
Materi pokok
e.
Kegiatan pembelajaran
f.
Indikator Penilaian
(teknik, bentuk instrumen, contoh instrumen)
g.
Alokasi waktu, dan
h.
Sumber belajar.
Langkah-langkah penyusunan program semester:
1.
Menghitung jumlah minggu
kalender dalam setiap semester.
2.
Menghitung jumlah minggu tidak efektif dalam
satu semester.
3.
Menghitung minggu
efektif dalam satu semester.
4.
Menghitung jam tidak efektif dalam satu
semester.
5.
Menghitung jam efektif
dalam satu semester.
6.
Menjabarkan jam efektif
untuk setiap kompetensi dasar.
7.
Mengurutkan kompetensi
dasar pada setiap semester.
8.
Menuangkan hasil
analisis ke dalam format program semester.
2.4 Kalender Akademik
(Terlampir)
Kalender pendidikan adalah pengaturan waktu untuk kegiatan pembelajaran
peserta didik selama satu tahun ajaran yang mencakup permulaan tahun pelajaran,
minggu efektif belajar, waktu pembelajaran efektif dan hari libur. Permulaan
tahun pelajaran adalah waktu dimulainya kegiatan pembelajaran pada awal tahun
pelajaran. Minggu efektif belajar adalah jumlah minggu kegiatan pembelajaran
untuk setiap tahun pelajaran. Waktu pembelajaran efektif adalah jumlah jam
setiap minggu, meliputi jumlah jam pembelajaran untuk setiap mata pelajaran
termasuk termasuk muatan lokal, ditambah jumlah jam untuk kegiatan pengembangan
diri. Waktu libur adalah waktu yang ditetapkan untuk tidak diadakan kegiatan
pembelajaran. Waktu libur dapat berbentuk jeda tengah semester, jeda antar
semester, libur akhir tahun pelajaran, hari libur keagamaan, hari libur umum,
termasuk hari-hari besar nasional, dan hari libur khusus.
BAB
III
PENUTUP
3.1
Kesimpulan
Program Magang I adalah
salah satu kegiatan akademik yang diwajibkan bagi setiap mahasiswa FKIP dalam
bentuk pelatihan dan praktek pendidikan, sehingga mahasiswa memiliki
seperangkat pengetahuan keterampilan dan sikap profesional guru. Program Magang
I sangat bermanfaat bagi mahasiswa praktik sabagai calon guru karena melalui
kegiatan ini mahasiswa praktikan memperoleh pengalaman atas profesi yang
ditekuninya kelak.
Dari kegiatan magang I
yang dilaksanakan di SMP Negeri 3 Banda Aceh selama 3 minggu, dapat disimpulkan
bahwa sekolah tersebut baik. Penulis dapat memahami betapa sulitnya menjadi
guru yang profesional. Penulis juga dapat mengenal kondisi fisik sekolah,
kegiatan belajar-mengajar, dan kegiatan yang sebenarnya di SMP Negeri 3 Banda
Aceh. Penulis dapat langsung berhadapan dengan program semester, program
tahunan, kalender akademik, interaksi antar warga sekolah. Setelah mengikuti
magang ini penulis mendapat pengetahuan yang lebih mengenai situasi dan kondisi
lingkungan sekolah tingkat pertama, cara menghadapi berbagai tugas saat menjadi
seorang guru. Maka dari itu, penulis mengharap semoga hasil dari kegiatan ini
dapat bermanfaat bagi penulis ketika berada dilingkungan sekolah yang
sebenarnya.
3.2
Saran
Dari
hasil kegiatan magang yang telah dilaksanakan, beberapa saran yang dapat kami
berikan yaitu :
1.
Sebagai calon guru yang
profesional hendaknya mahasiswa magang serius dan bertanggung jawab saat mengikuti
magang di sekolah latihan.
2.
Kepada mahasiswa yang
melakukan Magang I agar dapat meningkatkan kedisiplinan, terutama dalam hal
kehadiran ke sekolah latihan serta tepat waktu.
3.
Mengingat waktu magang
sangat singkat, maka mahasiswa praktikan agar lebih memanfaatkan kesempatan ini
dengan sebaik-baiknya, sebagai bekal untuk menjadi guru yang baik dan
profesional.
4.
Perlunya ketersediaan
waktu kepada dosen untuk menghantarkan mahasiswa, membimbing, dan penutupan
magang.
Daftar
Pustaka
Arikunto, S. 2000. Penilaian Program Pendidikan, Cet 1.
Jakarta: PT. Ina Aksara.
Hamalik,
Umar. 2004. Kurikulum Berbasis Kompetensi. Bandung : PT Rosda karya.
Mulyasa, E. 2008. Kurikulum
Berbasis Kompetensi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Sanjaya, W. 2008. Perencanaan Dan
Desain System Pembelajaran. Jakarta : Prenada Media Grup.
http://www.wawasanpendidikan. com/2014/09/Contoh-Minggu-Efektif-dalam-Satu-Semster .html.
sambungan untuk lampiran kalender akademik (klik disni)
0 Response to "contoh laporan magang 1 SMP, bab 1, 2, 3"
Post a Comment