Saat membuat bisnis
baru, Anda harus berhati-hati dalam merancang struktur organisasi perusahaan
Anda. Ini harus diputuskan sesuai dengan ukuran, industri dan tujuan perusahaan
Anda. Anda harus memikirkan struktur organisasi sebagai diagram alur
komunikasi. Struktur organisasi yang kurang dipahami akan menghasilkan komunikasi
lamban dan tidak efisien dimana para manajer di berbagai tingkat diminta
menyampaikan informasi kepada terlalu banyak orang karena terlalu banyak
tingkat persetujuan. Struktur organisasi yang dirancang dengan baik akan
menghasilkan saluran komunikasi yang efisien dan mendorong keputusan yang cepat
dan bersih. Mari kita lihat beberapa bentuk struktur organisasi yang paling
umum.
Fungsional
Struktur fungsional
adalah yang paling umum digunakan oleh sebagian besar bisnis. Ini adalah
diagram alir atas ke atas dengan eksekutif berpangkat tinggi di puncak, dengan
beberapa manajer menengah - seperti kepala sumber daya manusia, pemasaran,
akuntansi dan teknik - semuanya langsung melaporkan ke eksekutif puncak.
Departemen ini dikelola terpisah satu sama lain oleh kepala departemen, dan
mereka hanya menjawab manajer tingkat atas. Kekuatan sistem ini adalah mudah
dimengerti, dan membuat bisnis terkotak-kotak dengan rapi. Namun, kelemahannya
melotot - jika eksekutif yang lemah dan kurang terorganisir berada di puncak,
maka kasus di mana tangan kanan gagal berbicara ke kiri akan terjadi,
menyebabkan masalah frustasi.
Produk
Sebuah varian dari
struktur fungsional adalah struktur produk, yang dirancang untuk perusahaan
yang lebih besar. Dalam bagan alir ini, sekelompok eksekutif tertinggi duduk di
puncak, sementara produk berbeda dipisahkan menjadi perusahaan mini. Misalnya, perusahaan
produk makanan dapat dibagi menjadi minuman, makanan ringan, produk susu, makan
malam beku dan bumbu, dengan manajer masing-masing segmen melapor ke atas.
Dalam kasus ini, tidak masalah jika tangan kanan gagal berbicara ke kiri,
karena produk tidak saling bergantung satu sama lain.
Pelanggan
Jika perusahaan Anda
menawarkan layanan, seperti layanan kesehatan, Anda dapat menggunakan struktur
organisasi berbasis pelanggan. Ini hanyalah variasi dari struktur produk, di
mana segmen bisnis yang berbeda di bagian bawah masing-masing dibagi menjadi
kelompok pelanggan tertentu - misalnya pasien rawat inap, pasien rawat jalan
dan pasien klinik gratis. Para manajer dari masing-masing segmen kemudian akan
melapor langsung ke presiden rumah sakit di bagian atas. Ini juga dirancang
untuk menghindari tumpang tindih, kebingungan dan redudansi.
Daerah
Jika perusahaan Anda
benar-benar besar dan mulai go nasional atau global, Anda perlu membagi
struktur perusahaan Anda menjadi segmen regional. Ini juga merupakan varian
dari struktur fungsional, dengan eksekutif puncak yang berbasis di negara asal
Anda di atas, dengan segmen pelaporan terdiri dari manajer regional. Ini
menjamin bahwa permintaan Anda di pasar yang berbeda dipenuhi dengan cara yang
terlokalisasi. Lokalisasi adalah tujuannya di sini, dalam semua aspek - harga,
real estat dan lini produk. Perusahaan besar yang telah mencoba menggunakan
strategi penetapan harga tunggal pada lini produk statis di beberapa pasar
geografis seringkali gagal total, dimakan hidup oleh pesaing regional yang
lebih kecil.
Matriks
Struktur matriks sering
digunakan oleh perusahaan video game dan film, dengan berbagai departemen,
semuanya setara, bekerja sama untuk menghasilkan satu produk akhir. Dalam hal
ini, seorang manajer yang kuat di puncak - seperti penerbit video game atau
direktur film - bertindak sebagai pemimpin tim untuk memastikan bahwa setiap
segmen menerima data yang mereka butuhkan untuk menyelesaikan tugas terpisah
mereka. Misalnya, dalam produksi film, satu departemen bisa mengerjakan musik,
yang lain mungkin mengerjakan efek khusus, sementara yang lain bekerja pada
rekaman film tersebut. Setiap segmen harus menerima beberapa informasi dari
yang lain - misalnya, tim efek khusus memerlukan akses ke rekaman film - dan ini
adalah tugas direktur film (di bagian atas) untuk memastikan semua benang di
web terhubung ke satu sama lain, kemudian menghasilkan produk jadi.
Struktur lainnya
Sementara kebanyakan
perusahaan menggunakan variasi struktur fungsional, terserah Anda untuk mencari
tahu struktur mana yang paling sesuai dengan perusahaan Anda. Anda juga bisa
mencampur dan mencocokkan bagian terbaik masing-masing untuk menciptakan
struktur yang disesuaikan. Ingat saja, alasan untuk memiliki struktur
organisasi adalah menjaga komunikasi dan memastikan bahwa ada sedikit
kemunduran mungkin.
http://www.businessdictionary.com/article/557/which-organizational-structure-is-right-for-your-business/
0 Response to "Struktur yang tepat untuk bisnis anda"
Post a Comment