ads

7 langkah yang bisa membuatmu lebih baik dalam MATEMATIKA

7 langkah yang bisa membuatmu lebih dalam MATEMATIKA

Di Indonesia, para siswa muda berjuang untuk memahami konsep inti matematika sebelum beralih ke tingkat pendidikan matematika yang lebih tinggi, dan ada berbagai alasan mengapa siswa muda ini gagal memahami prinsip-prinsip penting ini.

Untungnya, ada berbagai metode yang bisa dimanfaatkan oleh siswa muda dan orang tua mereka untuk membantu matematikawan muda lebih memahami bidang studi yang rumit. Memahami daripada menghafal adalah salah satu solusi matematika, semakin aktif dalam pemahaman pribadi masing-masing tentang saling mempengaruhi konsep matematika, menggunakan konsep ini dalam praktik berulang-ulang, dan mendapatkan tutor pribadi adalah semua cara agar pelajar muda dapat terbantu untuk memahami hal-hal sulit ini untuk memahami konsep.

Berikut adalah beberapa langkah cepat untuk membantu siswa matematika berjuang Anda menjadi lebih baik dalam memecahkan persamaan matematis dan memahami konsep inti. Terlepas dari usia, tip di sini akan membantu siswa belajar dan memahami dasar matematika dari sekolah dasar sampai ke matematika universitas.

Pahami bukan Menghafal Matematika

The best tip to getting better at math is to try to understand it rather than just memorize it.
Tips terbaik untuk menjadi lebih baik dalam matematika adalah mencoba memahaminya daripada hanya menghafalnya. Tips terbaik untuk menjadi lebih baik dalam matematika adalah mencoba memahaminya daripada hanya menghafalnya. 

Bila Terlalu sering siswa menghafal sebuah prosedur atau urutan langkah maka akan banyak ditemukan masalah matematika maka penting bagi para guru untuk selalu berusaha agar siswa mereka dapat memahami mengapa dan bukan hanya bmenghafalnya saja 

Matematika Bukan Olahraga Menonton, Bertindaklah Aktif

Young boy writes math equations on chalkboard
Tidak seperti beberapa mata pelajaran, matematika adalah sesuatu yang tidak akan membiarkan siswa menjadi pelajar pasif - matematika adalah subjek yang sering kali menyingkirkan mereka dari zona nyaman mereka, tapi ini adalah bagian dari proses belajar saat siswa belajar untuk menarik hubungan antara banyak konsep dalam matematika

Secara aktif menarik ingatan siswa terhadap konsep lain sambil mengerjakan konsep yang lebih rumit akan membantu mereka memahami dengan lebih baik bagaimana konektivitas ini menguntungkan dunia matematika pada umumnya, sehingga memungkinkan integrasi sejumlah variabel untuk merumuskan persamaan fungsi dengan mudah.

Semakin banyak referensi yang didapatkan oleh seorang siswa, semakin besar pemahaman siswa itu nantinya. Konsep matematika mengalir melalui tingkat kesulitan, jadi penting bagi siswa untuk menyadari manfaat dari mulai dari mana pun pemahaman mereka dan membangun konsep inti, melangkah maju ke tingkat yang lebih sulit hanya jika pemahaman penuh tersedia.

Internet memiliki banyak situs matematika interaktif yang mendorong siswa sekolah menengah atas untuk terlibat dalam studi matematika mereka - pastikan menggunakannya jika siswa Anda sedang berjuang dengan kursus sekolah menengah seperti Aljabar atau Geometri.


Praktek, Praktek, dan Praktik

Keep working at math until you truly understand it.
Terus belajar matematika sampai Anda benar-benar memahaminya.

Banyak orang menganggap matematika untuk bahasa sendiri, Jadi, seperti belajar bahasa baru, matematika mengharuskan siswa baru untuk mempraktikkan setiap konsep saat ia datang.

Siswa harus melakukan banyak masalah  seperti yang diperlukan untuk memastikan mereka memahami konsep tersebut. Beberapa mungkin memerlukan lebih banyak latihan dan beberapa memerlukan jauh lebih sedikit, namun para guru akan ingin memastikan bahwa setiap siswa mempraktikkan konsep tersebut sampai dia secara individual mencapai kelancaran keterampilan matematika tersebut.

Sekali lagi, seperti belajar bahasa baru, pemahaman matematika adalah proses yang lamban bagi beberapa orang. Mendorong siswa untuk merangkul "A-ha!" momen akan membantu menginspirasi kegembiraan dan energi untuk belajar bahasa matematika.

Bila seorang siswa bisa mendapatkan tujuh pertanyaan yang bervariasi secara benar, siswa itu mungkin pada titik pemahaman konsepnya, mana yang lebih benar jika siswa tersebut dapat kembali mengunjungi pertanyaan beberapa bulan kemudian dan masih bisa menyelesaikannya.

Mengerjakan Latihan Tambahan

A young math student counting on fingers in classroom
Latihan tambahan serupa dengan latihan biasa, namun menantang siswa untuk secara individual menantang diri mereka sendiri untuk memahami dan memanfaatkan konsep inti matematika. Jika tidak, siswa-siswa ini tidak akan pernah bisa berhasil menghitung masalah Kalkulus atau Aljabar II yang lebih sulit saat mereka mencapai usia junior dan senior mereka.

Pikirkan matematika seperti yang orang pikirkan tentang alat musik. Sebagian besar pemusik muda tidak hanya duduk dan ahli memainkan alat musik, mereka mengambil pelajaran, berlatih, berlatih lagi dan meskipun mereka beralih dari keterampilan tertentu, mereka masih meluangkan waktu untuk meninjau dan melampaui apa yang diminta oleh instruktur mereka atau guru.

Demikian pula, matematikawan muda harus berlatih di atas dan di luar hanya berlatih dengan kelas atau dengan pekerjaan rumah, tetapi juga melalui kerja individu dengan lembar kerja yang didedikasikan untuk konsep inti.

Siswa yang sedang berjuang juga bisa menantang diri mereka sendiri untuk mencoba memecahkan pertanyaan nomor ganjil 1-20, yang solusinya ada di belakang buku teks matematika mereka selain tugas reguler mereka dalam masalah bilangan genap.

Melakukan pertanyaan latihan ekstra hanya membantu siswa memahami konsep ini dengan lebih mudah. Dan, seperti biasa, guru harus memastikan untuk mengunjungi kembali beberapa bulan kemudian, membiarkan murid-murid mereka melakukan beberapa pertanyaan latihan untuk memastikan bahwa mereka masih memahaminya.

Buddy Up!

Students and teacher counting in classroom
Beberapa orang suka bekerja sendiri. Namun, ketika sampai pada pemecahan masalah , seringkali membantu beberapa siswa untuk memiliki teman kerja. Terkadang teman kerja dapat membantu mengklarifikasi konsep untuk siswa lain dengan melihatnya dan menjelaskannya secara berbeda. Anda tahu apa yang mereka katakan: dua kepala lebih baik dari satu!

Guru dan orang tua harus mengatur kelompok belajar atau bekerja berpasangan atau triad jika siswa mereka berjuang untuk memahami konsep mereka sendiri. Dalam kehidupan dewasa, profesional sering bekerja melalui masalah dengan orang lain, dan matematika tidak harus berbeda!

Seorang teman kerja juga memberi siswa kesempatan untuk mendiskusikan bagaimana mereka memecahkan masalah matematika, atau bagaimana salah satu atau yang lain tidak mengerti solusinya. Dan seperti yang akan Anda lihat di daftar tip ini, berbicara tentang matematika mengarah pada pemahaman permanen.

Jelaskan dan Tanyakan

One way to learn math is to teach it to someone else.
Salah satu cara untuk belajar matematika adalah dengan mengajarkannya kepada orang lain.

Tips bagus lainnya untuk membuat siswa memahami konsep inti matematika lebih baik adalah dengan menjelaskan bagaimana konsep tersebut bekerja dan bagaimana memecahkan masalah dengan menggunakan konsep itu kepada siswa lain.

Dengan cara ini, masing-masing siswa dapat menjelaskan dan mempertanyakan satu sama lain mengenai konsep dasar ini, dan jika seorang siswa tidak mengerti, yang lain dapat mempresentasikan pelajaran melalui perspektif yang berbeda dan lebih dekat.

Menjelaskan dan mempertanyakan dunia adalah salah satu cara mendasar yang dipelajari manusia dan tumbuh sebagai pemikir individu dan memang hebat matematika. Membiarkan siswa kebebasan ini akan memberikan konsep ini pada ingatan jangka panjang, yang memperkuat signifikansi mereka di benak siswa muda jauh setelah mereka meninggalkan sekolah dasar.

Beritahu Teman ... atau Tutor

Brother and sister doing math homework with markers at table
Siswa harus didorong untuk mencari pertolongan yang tepat daripada terjebak dan frustasi pada masalah atau konsep tantangan. Terkadang siswa hanya membutuhkan sedikit klarifikasi tambahan untuk sebuah tugas, jadi penting bagi mereka untuk berbicara saat mereka tidak mengerti.

Apakah siswa tersebut memiliki teman baik yang ahli dalam matematika atau orang tuanya perlu menyewa seorang tutor, mengenali titik di mana seorang siswa muda membutuhkan pertolongan kemudian mendapatkannya sangat penting untuk kesuksesan anak tersebut sebagai siswa matematika.


Kebanyakan orang membutuhkan bantuan beberapa saat, tapi jika siswa membiarkan kebutuhan itu berjalan terlalu lama, mereka akan menemukan bahwa matematika hanya akan menjadi lebih membuat frustrasi. Guru dan orang tua seharusnya tidak membiarkan rasa frustrasi tersebut menghalangi siswa mereka mencapai potensi penuh mereka dengan menjangkau dan meminta teman atau guru mempelajarinya melalui konsep yang mereka ikuti.


Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.

0 Response to "7 langkah yang bisa membuatmu lebih baik dalam MATEMATIKA"