7 langkah yang bisa membuatmu lebih dalam MATEMATIKA
Di Indonesia,
para siswa muda berjuang untuk memahami konsep inti matematika sebelum beralih
ke tingkat pendidikan matematika yang lebih tinggi, dan ada berbagai alasan
mengapa siswa muda ini gagal memahami prinsip-prinsip penting ini.
Untungnya, ada berbagai
metode yang bisa dimanfaatkan oleh siswa muda dan orang tua mereka untuk
membantu matematikawan muda lebih memahami bidang studi yang rumit. Memahami
daripada menghafal adalah salah satu solusi matematika, semakin aktif dalam pemahaman pribadi
masing-masing tentang saling mempengaruhi konsep matematika, menggunakan konsep
ini dalam praktik berulang-ulang, dan mendapatkan tutor pribadi adalah semua
cara agar pelajar muda dapat terbantu untuk memahami hal-hal sulit ini untuk
memahami konsep.
Berikut adalah beberapa
langkah cepat untuk membantu siswa matematika berjuang Anda menjadi lebih baik
dalam memecahkan persamaan matematis dan memahami konsep inti. Terlepas dari
usia, tip di sini akan membantu siswa belajar dan memahami dasar matematika
dari sekolah dasar sampai ke matematika universitas.
Pahami bukan Menghafal Matematika
Tips terbaik untuk
menjadi lebih baik dalam matematika adalah mencoba memahaminya daripada hanya
menghafalnya. Tips terbaik untuk menjadi lebih baik dalam
matematika adalah mencoba memahaminya daripada hanya menghafalnya.
Bila Terlalu sering siswa menghafal sebuah prosedur atau urutan langkah maka akan banyak ditemukan masalah matematika maka penting bagi para guru untuk selalu berusaha agar siswa
mereka dapat memahami mengapa dan bukan hanya bmenghafalnya saja
Matematika Bukan Olahraga Menonton, Bertindaklah Aktif
Tidak seperti beberapa
mata pelajaran, matematika adalah sesuatu yang tidak akan membiarkan siswa
menjadi pelajar pasif - matematika adalah subjek yang sering kali menyingkirkan
mereka dari zona nyaman mereka, tapi ini adalah bagian dari proses belajar saat
siswa belajar untuk menarik hubungan antara banyak konsep dalam matematika
Secara aktif menarik
ingatan siswa terhadap konsep lain sambil mengerjakan konsep yang lebih rumit
akan membantu mereka memahami dengan lebih baik bagaimana konektivitas ini
menguntungkan dunia matematika pada umumnya, sehingga memungkinkan integrasi
sejumlah variabel untuk merumuskan persamaan fungsi dengan mudah.
Semakin banyak referensi yang didapatkan oleh seorang siswa, semakin besar pemahaman siswa itu nantinya.
Konsep matematika mengalir melalui tingkat kesulitan, jadi penting bagi siswa
untuk menyadari manfaat dari mulai dari mana pun pemahaman mereka dan membangun
konsep inti, melangkah maju ke tingkat yang lebih sulit hanya jika pemahaman
penuh tersedia.
Internet memiliki
banyak situs matematika interaktif yang mendorong siswa sekolah menengah atas
untuk terlibat dalam studi matematika mereka - pastikan menggunakannya jika
siswa Anda sedang berjuang dengan kursus sekolah menengah seperti Aljabar atau
Geometri.
Praktek, Praktek, dan Praktik
Terus belajar matematika sampai Anda benar-benar memahaminya.
Banyak orang menganggap
matematika untuk bahasa sendiri, Jadi, seperti belajar bahasa baru,
matematika mengharuskan siswa baru untuk mempraktikkan setiap konsep saat ia
datang.
Siswa harus melakukan
banyak masalah seperti yang diperlukan
untuk memastikan mereka memahami konsep tersebut. Beberapa mungkin memerlukan
lebih banyak latihan dan beberapa memerlukan jauh lebih sedikit, namun para
guru akan ingin memastikan bahwa setiap siswa mempraktikkan konsep tersebut
sampai dia secara individual mencapai kelancaran keterampilan matematika
tersebut.
Sekali lagi, seperti
belajar bahasa baru, pemahaman matematika adalah proses yang lamban bagi
beberapa orang. Mendorong siswa untuk merangkul "A-ha!" momen akan
membantu menginspirasi kegembiraan dan energi untuk belajar bahasa matematika.
Bila seorang siswa bisa
mendapatkan tujuh pertanyaan yang bervariasi secara benar, siswa itu mungkin
pada titik pemahaman konsepnya, mana yang lebih benar jika siswa tersebut dapat
kembali mengunjungi pertanyaan beberapa bulan kemudian dan masih bisa
menyelesaikannya.
Mengerjakan Latihan Tambahan
Latihan tambahan
serupa dengan latihan biasa, namun menantang siswa untuk secara individual menantang
diri mereka sendiri untuk memahami dan memanfaatkan konsep inti matematika.
Jika tidak, siswa-siswa ini tidak akan pernah bisa berhasil menghitung masalah
Kalkulus atau Aljabar II yang lebih sulit saat mereka mencapai usia junior dan
senior mereka.
Pikirkan matematika
seperti yang orang pikirkan tentang alat musik. Sebagian besar pemusik muda
tidak hanya duduk dan ahli memainkan alat musik, mereka mengambil pelajaran,
berlatih, berlatih lagi dan meskipun mereka beralih dari keterampilan tertentu,
mereka masih meluangkan waktu untuk meninjau dan melampaui apa yang diminta
oleh instruktur mereka atau guru.
Demikian pula,
matematikawan muda harus berlatih di atas dan di luar hanya berlatih dengan
kelas atau dengan pekerjaan rumah, tetapi juga melalui kerja individu dengan
lembar kerja yang didedikasikan untuk konsep inti.
Siswa yang sedang
berjuang juga bisa menantang diri mereka sendiri untuk mencoba memecahkan
pertanyaan nomor ganjil 1-20, yang solusinya ada di belakang buku teks
matematika mereka selain tugas reguler mereka dalam masalah bilangan genap.
Melakukan pertanyaan
latihan ekstra hanya membantu siswa memahami konsep ini dengan lebih mudah.
Dan, seperti biasa, guru harus memastikan untuk mengunjungi kembali beberapa
bulan kemudian, membiarkan murid-murid mereka melakukan beberapa pertanyaan
latihan untuk memastikan bahwa mereka masih memahaminya.
Buddy Up!
Beberapa orang suka
bekerja sendiri. Namun, ketika sampai pada pemecahan masalah , seringkali
membantu beberapa siswa untuk memiliki teman kerja. Terkadang teman kerja dapat
membantu mengklarifikasi konsep untuk siswa lain dengan melihatnya dan
menjelaskannya secara berbeda. Anda tahu apa yang mereka katakan: dua kepala
lebih baik dari satu!
Guru dan orang tua
harus mengatur kelompok belajar atau bekerja berpasangan atau triad jika siswa
mereka berjuang untuk memahami konsep mereka sendiri. Dalam kehidupan dewasa,
profesional sering bekerja melalui masalah dengan orang lain, dan matematika tidak
harus berbeda!
Seorang teman kerja
juga memberi siswa kesempatan untuk mendiskusikan bagaimana mereka memecahkan
masalah matematika, atau bagaimana salah satu atau yang lain tidak mengerti
solusinya. Dan seperti yang akan Anda lihat di daftar tip ini, berbicara
tentang matematika mengarah pada pemahaman permanen.
Jelaskan dan Tanyakan
Salah satu cara untuk
belajar matematika adalah dengan mengajarkannya kepada orang lain.
Tips bagus lainnya untuk
membuat siswa memahami konsep inti matematika lebih baik adalah dengan
menjelaskan bagaimana konsep tersebut bekerja dan bagaimana memecahkan masalah
dengan menggunakan konsep itu kepada siswa lain.
Dengan cara ini,
masing-masing siswa dapat menjelaskan dan mempertanyakan satu sama lain
mengenai konsep dasar ini, dan jika seorang siswa tidak mengerti, yang lain
dapat mempresentasikan pelajaran melalui perspektif yang berbeda dan lebih
dekat.
Menjelaskan dan
mempertanyakan dunia adalah salah satu cara mendasar yang dipelajari manusia
dan tumbuh sebagai pemikir individu dan memang hebat matematika. Membiarkan
siswa kebebasan ini akan memberikan konsep ini pada ingatan jangka panjang, yang
memperkuat signifikansi mereka di benak siswa muda jauh setelah mereka
meninggalkan sekolah dasar.
Beritahu Teman ... atau Tutor
Siswa harus didorong
untuk mencari pertolongan yang tepat daripada terjebak dan frustasi pada
masalah atau konsep tantangan. Terkadang siswa hanya membutuhkan sedikit
klarifikasi tambahan untuk sebuah tugas, jadi penting bagi mereka untuk
berbicara saat mereka tidak mengerti.
Apakah siswa tersebut
memiliki teman baik yang ahli dalam matematika atau orang tuanya perlu menyewa
seorang tutor, mengenali titik di mana seorang siswa muda membutuhkan
pertolongan kemudian mendapatkannya sangat penting untuk kesuksesan anak
tersebut sebagai siswa matematika.
Kebanyakan orang
membutuhkan bantuan beberapa saat, tapi jika siswa membiarkan kebutuhan itu
berjalan terlalu lama, mereka akan menemukan bahwa matematika hanya akan
menjadi lebih membuat frustrasi. Guru dan orang tua seharusnya tidak membiarkan
rasa frustrasi tersebut menghalangi siswa mereka mencapai potensi penuh mereka
dengan menjangkau dan meminta teman atau guru mempelajarinya melalui konsep
yang mereka ikuti.
0 Response to "7 langkah yang bisa membuatmu lebih baik dalam MATEMATIKA"
Post a Comment