ads

pengertian . KTSP. Kurikulum 2013 terbaru!!

A.    Kurikulum
kurikulum

 
Kurikulum yaitu sekelompok mata pelajaran atau macam progaram dari pemerintah berupa pendidikan yang isinya susunan pelajran yang akan ditunjukkan untuk peserta didik dalam satu atau lebih periode pendidikan. Berbagai metode penyusun perangkat mata pelajaran yang akan digunakan untuk penyelenggaaan pendidikan dan kebutuhan tenaga kerja, dan harus disesuaikan dengan sarana prasarana.
Peraturan kurikulum ada dicantumkan dalam uu no. 20 th 2003 tentang sisdiknas: seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaraan untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu. Ada beberapa jenis kurikulum yang akan saya jelaskan dibawah ini antara lain KTSP dan K13 (kurikulum 2013)

1.      Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) disebut juga dengan Kurikulum 2006 suatu kurikulum yang sistemnya kepada operasional pendidikan yang dikembangkan oleh BNSP atau badan standar nasional yang dilaksanakan oleh semua satuan pendidikan dimana diamanatkan dalam perundang undangan pada UU no 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional dan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan. Ada tahapan tertentu dalam penyusunan kurikulum ini, pertama Penyusunan KTSP oleh sekolah dimulai  pada tahun pertama yaitu 2007/2008 dengan mengacu pada Standar Isi  tingkat sarjana (SI) dan Standar Kompetensi Lulusan (SKL) bagaimana dengan tingkat Sekolah dasar?? untuk pendidikan dasar, dan menengah ada maklumat tersendiri dari PERMEN nasional No 22 tahun 2006, dan Nomor 23 Tahun 2006, ada juga pada Panduan Pengembangan KTSP yang telah diterbitkan oleh Badan Standar Nasional Pendidikan. Kurikulum ini berlangsung sekitar 6 tahun. 

2.      Kedua adalah Kurikulum 2013 (K-13) yaitu suatu kurikulum yang pasti dan mulai diterapkan oleh pemerintah dalam rangka mengganti kurikulum sebelumnya yaitu (KTSP) Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan yang telah dilaksanakan beberapa tahun selama kurang lebih 6 tahun. K13 mulai sesua namanya mulai diuji coba pada tahun 2013 yang diterapkan pada beberapa sekolah. Kemudian pada tahun 2014, Kurikulum 2013 mulai dilakukan pada kelas tertentu pada tingkat Sekolah Dasar seperti kelas I, II, IV, dan V lalu pada tingkatan SMP Kelas VII dan VIII dan SMA Kelas X dan XI. memiliki karakteristik sendiri seperti ada 3 aspek penilaian yaitu aspek pengetahuan, aspek keterampilan, dan aspek sikap dan perilaku. Ada beberapa mata pelajaran yang digabungkan dan ada juga yang ditambahkan contoh dari mata pelajaran yang dirampingkan (gabung) seperti materi Bahasa Indonesia, IPS, PPKn, dsb, sedangkan materi yang ditambahkan adalah materi Matematika. Pada Kurikulum 2013.

B.     Fungsi Kurikulum Dalam Kepentingan Pendidikan

Umumnya guru atau pendidik menngunakan kurikulum sebagai acuan dan pedoman dalam proses belajar mengajar, guru juga menggunakan kurikulum dalam proses pembelajaran dalam kelas.  Sedangkan untuk sekolah atau pengawas, berfungsi sebagai pedoman dalam melaksanakan supervisi atau pengawasan. Lalu kurikulum uga bisa difungsikan bagi orang tua peserta didik seperti membimbing anak dalam belajar dirumah, kurikulum digunakan dalam kehidupan masyarakat mendorong agar masyarakat memberi bantuan untuk terselenggarakannya proses belajar mengajar didalam sekolah. Lalu bagaimana dengan peserta didik? Bagi siswa itu sendiri, kurikulum berfungsi sebagai suatu pedoman belajar. Keterkaitan fungsi kurikulum dengan siswa adalah. Siswa sebagai subjek didik. Ini ulasan dari fungsi secara umum dari kurikulum.

Untuk lebih khususnya terdapat empat fungsi kurikulum, yaitu:

a.        Fungsi kurikulum dalam mencapai tujuan pendidikan
dalam peandangan pendidikan Kurikulum digunakan sebagai media untuk tercapainya tujuan dan keinginan tertentu dikarenakan fungsi dari kurikilum sebagai media atau alat selama berlangsungnya proses pendidikan

b.      Kurikulum bagi perkembangan siswa
Sedangkan dalam posisi sebagai peserta didik atau siswa. Kurikulum digunakan untuk organisasi belajar ( lerning organsatior ) dimana susunannya sangat teliti dan cermat, dipersiapkan untuk kebutuhan dan rancangan bagi siswa salah satunya adalah konsumsi siswa. Jadi merancang kurikulum dapat membina dan membentuk karakter dari siswa agar menjadi bermamfaat di masyarakat.

c.       Fungsi kurikulum bagi para pendidik
Sama halnya dengan perkembangan siswa disini lebih kepada memegang peranan di organisasi dan pengalaman siswa, kurikulum juga digunakan untuk evaluasi tingkat perkembangan  siswa dalam menyerap setiap yang diajarkan oleh guru, selain itu juga difungsikan pada Pedoman dalam megatur kegiatan pendidikan dan pembelajaran.

d.      Fungsi kurikulum bagi pimpinan
Disini kurikulum lebih dimamfaatkan dalam bisang supervisi yaitu bila terjadi penyimpangan dalam proses pendidikan kurikulum dapat menjaga dan mengatur kembali agar kondusif. Juga untuk acuan dalam melaksanakan fungsi supervise dalam menciptakan situasi belajar yang menunjang situasi belajar siswa kearah yang lebih baik.digunakan untuk bantuan kepada guru dalam menjalankan tugas kependidikannya. Supervisi adalah seorang administrator maka kurikulum dijadikan pengembangan. Sebagai pedoman dalam melaksanakan fungsi supervisi dalam memberikan bantuan pada kepada para guru dalam menjalankan tugas kependidikan mereka.

e.       Fungsi kurikulum bagi orangtua siswa
Dalam konteks sebagai orang tua dari peserta didik, kurikulum pengaruhnya dalam rangka membina dan membantu sekolah, serta kurikulum digunakan untuk memantau segala aktivitas setiap anak mereka disekolah.

f.       Fungsi kurikulum pada sekolah tingkat atas
Disekolah tingkat atas  kurikulum digunakan untuk kesinambungan dari sekolah  tingkat lebih rendah, jadi kurikulum dirancang untuk melanjutkan sekolah yang lebih tinggi dari sebelumnya. Contohnya bila SMA mengaci pada Kurikulum SMP maka akan ada korelasi dan keterkaitan antar tingkatan pendidikan dalam sisi matapelajaran ataupun rumusan kurikulum.

g.      Fungsi kurikulum pada masyarakat
Didalam hidup bermasyarakat kurikulum diterapkan oleh lembaga pendidikan untuk memberi bantuan dalam proses pendidikan, butuh kerjasama tiap elemen salah satunya adalah masyarakat. Tugas masyarakat mendukung segala aktivitas pendidikan dan memberi kritik maupun saran untuk keberlangsungan proses pendidikan agar terjadi korelasi yang saling menguntungkan. Terlebih pada kebutuhan masyarakat dan tenaga kerja.

Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.

0 Response to "pengertian . KTSP. Kurikulum 2013 terbaru!!"