Mind maping
Mind map merupakan
bahasa inggris yang berarti peta pikiran. Diambil dari dua kata mind =
pikiran, dan map = peta. Mind maping dicetuskan oleh seorang tokoh yaitu Tony Buzan, dia megatakan prinsip dari mind maping ini lebih kepada
suatu teknik dalam mencatat apa yag jadi tonjolan atau kelebihan dalam hal kreativitas sehingga efektif dalam memetakan pikiran (Tony
Buzan dan Barry, 2004). Bukan tanpa alasan Teknik
mencatat melalui peta pikiran (mind map) diciptakan berdasarkan kebutuhan
dimana otak mengolah data dan meprosesnya dalam berbagai bentuk informasi baik
itu berupa tulisan, gambar bunyi,
bau, pikiran, hingga perasaan. Yang pada tahap selanjutnya informasi yang diterima
diolah dan diubah dalam bentuk berbagai simbol, garis,
kata, dan warna. Selain itu
sifat yang baik dari Mind map bisa mengolah informasi tadi menjadi gambaran pola gagasan yang saling berkaitan pada cabang-cabangnya.
A.
Prinsip
Dasar Mind Mapping
Prinsip yang
khas digunakan dalam pembelajaran ini (Mind
Mapping) adalah
digunakannya kata kunci dalam menyalurkan berbagai pokok pikiran dari tioap
siswa dimana kunci tersebut antara lain bai berupa kata kunci bebas, simbol, gambar, dan menggambarkan secara
kesatuan dengan menggunakan teknik pohon.
infiniteminds |
Mulanya radinat
thingking lebih dikenal dulu dari Mind
Mapping dipelopori oleh Tony Buzan tahun 1970-an. Adalah berupa sebuah ide atau kata kata
tertentu yang bermakna sangat efektif bila digunakan untuk seseorang yang
memiliki ide terpendam yang susah dikeluarkan sehingga dapat membuat asosiasi di antara ide tersebut. Selain itu Mind Mapping berfungsi sangat baik dalam hal mengatur informasi serta
mengorganisirnya dalam bentuk berbagai seperti diagram
pohon dan percabangannya yang dapat memudahkan membentuk informasidan
mereferensinya.
Harus diketahui
bahwa teknik ini lebih menekankan kepada penyusunan catatan yang bisa digunakan
oleh siswa untuk potensi yang tersembunyi dalam otak agar dapat digunakan
secara optimal. Lalu bagaimana caranya? Metode ini sangat bagus untuk
meningkatkan daya ingat hampir 80% tingkat keberhasilan sehingga kerja otak
kanan dan kiri dapat singkron.
B. teknik dalam
menyusun
mind mapping
mind-mapping |
Ada beberapa
hal yan diperlu diperhatikan model pembelajaran ini sangat baik diterapkan
berupa informasi yang masih umum dan dapat mencari jawaban alternatif
dikarenakan sifat dari mind maping sendiri masih berupa peta konsep.
1.
Langkah pertama siapkan bahan berupa kertas selembar yang
masih dengan posisi tertentu
2.
Lalu letak topik pada tengah tengah halaman kertas dimana
topik tersebut permasalahan yang akan dibahas. Posisi kertas harus diatur dalam
horizontal.
3.
Kemudian gunakan gambar,
simbol atau kode pada mind mapping yang dibuat. Diusahakan siswa agar memvisualkan
infrmasi tersebut kedalam otak, otak
bagian kiri yang bersifat rasional, numerik dan verbal bersinergi
dengan kerja otak bagian kanan lebih menonjol kepada daya imajinatif,
emosi, kreativitas dan seni.
4.
Hasilnya sinergikan kedua kerja otak tadi agar menampakkan
potensi yang dimiliki siswa, bisa dilihat siswa sudah dapat
menangkap dengan mudah dan menguasai materi pelajaran.
Ada kelebihan
lain dari mind maping yanitu siswa dapat mengolah dan menggunakan kata kunci
sebagai ide yang ada dipikirannya sehingga dalam otaknya ide tersebut berupa
cabang pemikiran hanya berupa kata
tunggal dan bukan kalimat lalu ada pola dan hubunga dari tiap garis cabang yang
akhirnya adalah pusat gambar Setiap
garis-garis dibuat tidak berbentuk lurus agar tidak membosankan. Garis itu juga dibuat tipis bila
menjauh dari gambar utama yang fungsinya agar tertandanya hirarki
Beberapa
langkah dalam kerja kelompok model pembelajaran mind maping yang biasanya secara berpasangan ( 2 orang ) Langkah-langkah
pembelajarannya :
-
Tugas Guru menjelaskan kompetensi yang akan dicapai.
-
Selanjutnya Guru harus
menyajikan materi yang masih bersifat umum kepada siswa.
-
Guru menyuruh siswa agar membentuk kelompok belajar yang
berpasangan, hal tersebut bermaksd agar Untuk
mengetahui daya serap siswa.
-
Siswa ditugaskan oleh guru
untuk menceritakan materinya, dimana sebelumnya salah satu dari tiap pasangan
dipanggil dan diberi materi tertentu yang kemudian diceritakan kepada kawannya.
Begitu juga kelompok lainnya.
-
Guru Menugaskan
siswa untuk
mewawancara kelompok tetangganya dimana dilakukan secara random. Sampai sebagian siswa sudah menyampaikan hasil wawancaranya.
-
Apabila belum ada yang mengerti guru akan menjelaskan
ulang materi tersebut.
-
Kesimpulan/penutup.
C. Manfaat Teknik
Mencatat dengan Teknik Mind Map
banyak sekali
keuggulan yang dapat diambil dari pembelajaran ini diantaranya Cara ini cepat Teknik dapat digunakan untuk
mengorganisasikan ide-ide yang muncul dikepala anda Proses
mengganbar diagram bisa memunculkan ide-ide yang lain. Diagram
yang sudah terbentuk bisa menjadi panduan untuk menulis.
Selain itu
dibawah ini akan dijelaskan secara terperinci mamfaat lainnya:
1) Dapat
meninkatkan kreativitas individu atau berkelompok
Sesudah kita
mengetahui bagaimana kerja dan tahap tahap dari mind maping maka siswa akan
dengan mudah melaksanakan pembelajaran ini apabila sering dilakukan dalam
kelas. bentuk informasi yang diterima dari pembelajaran ini menjadikan siswa sangat aktiff, kreatif dan
responsif. Penggunaan berbagai
simbol, gambar, pemilihan kata kunci tertentu bukan hal yang jarang terjadi sehingga
akan merangsang pola fikir oleh tiap peserta didik.
2) Dapat
mempermudah otak dalam memahami konsep informasi yang diberikan
Setelah siswa
memperoleh materi yang diberikan dalam bentuk simbol, gambar dan lainnya maka membuat siswa dituntut harus menghubungkan tiap informasi yang berbeda
yang tidak sama setiap komponennya maka dari itu akan membuat daya serap serta
pemahaman dari semua siswa akan dibiasakan untuk bekerja secara cepat dan
tepat. menyerap informasi dengan cepat.
3) Meningktkan
daya ingat
Dikarenakan
dari karakteristiknya membuat siswa harus melibatkan tiap komponen mind maping
yang mengandung makna secara umum ataupun khusus sehingga akan dapat meningkatkan daya ingat mereka terhadap
informasi yang terkandung di dalam mind map itu.
4) Dapat
mengakomodasikan tiap informasi yang diberikan
Siswa harus
dituntut agar mempunyai sudut pandang tertentu dalam menangkap informasi yang
diambil dari berbagai sumber-sumber belajar. Akhirnya
ditemui banyak keragaman dalam sudut pandang berfikir sehingga dapat membuat
mereka untuk memaknai secara khas informasi
tersebut lalu dijelaskan masing masing dalam mind map mereka
masing-masing.
5) Mind
map dapat memusatkan perhatian siswa
Selama proses
pembelajran ini berlangsung maka akan membuat fokus secra mendalam dari tiap
siswa dalam memahami tiap materi yang dibahas yang kemudian memahami dan memaknai informasi yang diterimanya. Sehingga dapat
membuat efektifitas dalam belajar akan menjadi lebih baik.
6) Proses belajar yang menyenangkan
Didalam proses
pembelajran ini membuat anak anak lebih disiapkan untuk menyukai cara
menggambar dimana ini bisa dilihat dari teknik menulis dalam mind maping ini
sendiri digunakannya sberbagai simbol akan membuat siswa merasa senang, sejelek
apapun hasil gambar mereka akan menimbulkan warna dan aura positif dalam kelas
prinsip dari mind maping adalah membuat belajar mengajar jadi menyenangkan.
7) Mind
map mengaktifkan seluruh bagian otak
Semua bagian
dari otak baik otak kanan ataupun kiri semua digunakan secara optimal dimana
disisi yang digunakan dalam berfikir secara logis dikerjakan oleh otak kiri, tetapi mereka harus mengunakan otak kanannya dialam hal menyalurkan
tiap emosi yang dimilikinya dalam bentuk warna
dan simbol-simbol tertentu selama membuat mind map (peta pikiran).
Selain dari
keunggulan dari ming maping tiap pembelajaran juga ditemu kekurangan yang
membuat mereka untuk mengevaluasi tiap hasil akhirnya agar menjadi optimal di
tiap pembelajaran kedepannya beberapa dibawah adalah kekurangan dari proses
belajar mengajar dari tipe pembelajaran ini
D. Kekurangan model pembelajaran mind
mapping:
a.
Hanya siswa yang aktif yang terlibat
b.
Tidak sepenuhnya murid yang belajar.
c.
Jumlah detail informasi tidak dapat dimasukkan
0 Response to "prinsip teknik mamfaat mind mapping lengkap terbaru"
Post a Comment