ads

prinsip teknik mamfaat mind mapping lengkap terbaru

Mind maping

A.    Prinsip Dasar Mind Mapping
Prinsip yang khas digunakan dalam pembelajaran ini (Mind Mapping) adalah digunakannya kata kunci dalam menyalurkan berbagai pokok pikiran dari tioap siswa dimana kunci tersebut antara lain bai berupa kata kunci bebas, simbol, gambar, dan menggambarkan secara kesatuan dengan menggunakan teknik pohon.

infiniteminds
Mind map merupakan bahasa inggris yang berarti peta pikiran. Diambil dari dua kata mind = pikiran, dan map = peta. Mind maping dicetuskan oleh seorang tokoh yaitu Tony Buzan, dia megatakan prinsip dari mind maping ini lebih kepada suatu teknik dalam mencatat apa yag jadi tonjolan atau kelebihan dalam hal kreativitas sehingga efektif dalam memetakan pikiran (Tony Buzan dan Barry, 2004). Bukan tanpa alasan Teknik mencatat melalui peta pikiran (mind map) diciptakan berdasarkan kebutuhan dimana otak mengolah data dan meprosesnya dalam berbagai bentuk informasi baik itu berupa tulisan, gambar bunyi, bau, pikiran, hingga perasaan. Yang pada tahap selanjutnya informasi yang diterima diolah dan diubah dalam bentuk berbagai simbol, garis, kata, dan warna. Selain itu sifat yang baik dari Mind map bisa mengolah informasi tadi menjadi gambaran pola gagasan yang saling berkaitan pada cabang-cabangnya.
Mulanya radinat thingking lebih dikenal dulu dari Mind Mapping dipelopori oleh Tony Buzan tahun 1970-an. Adalah berupa sebuah ide atau kata kata tertentu yang bermakna sangat efektif bila digunakan untuk seseorang yang memiliki ide terpendam yang susah dikeluarkan sehingga dapat membuat asosiasi di antara ide tersebut. Selain itu Mind Mapping berfungsi sangat baik dalam hal mengatur informasi serta mengorganisirnya dalam bentuk berbagai seperti diagram pohon dan percabangannya yang dapat memudahkan membentuk informasidan mereferensinya.
Harus diketahui bahwa teknik ini lebih menekankan kepada penyusunan catatan yang bisa digunakan oleh siswa untuk potensi yang tersembunyi dalam otak agar dapat digunakan secara optimal. Lalu bagaimana caranya? Metode ini sangat bagus untuk meningkatkan daya ingat hampir 80% tingkat keberhasilan sehingga kerja otak kanan dan kiri dapat singkron.

B.     teknik dalam menyusun mind mapping
mind-mapping

Ada beberapa hal yan diperlu diperhatikan model pembelajaran ini sangat baik diterapkan berupa informasi yang masih umum dan dapat mencari jawaban alternatif dikarenakan sifat dari mind maping sendiri masih berupa peta konsep.
1.      Langkah pertama siapkan bahan berupa kertas selembar yang masih dengan posisi tertentu
2.      Lalu letak topik pada tengah tengah halaman kertas dimana topik tersebut permasalahan yang akan dibahas. Posisi kertas harus diatur dalam horizontal.
3.      Kemudian gunakan gambar, simbol atau kode pada mind mapping yang dibuat. Diusahakan siswa agar memvisualkan infrmasi tersebut kedalam otak, otak bagian kiri yang bersifat rasional, numerik dan verbal bersinergi dengan kerja otak bagian kanan lebih menonjol kepada daya imajinatif, emosi, kreativitas dan seni.
4.      Hasilnya sinergikan kedua kerja otak tadi agar menampakkan potensi yang dimiliki siswa, bisa dilihat siswa sudah dapat menangkap dengan mudah dan menguasai materi pelajaran.

Ada kelebihan lain dari mind maping yanitu siswa dapat mengolah dan menggunakan kata kunci sebagai ide yang ada dipikirannya sehingga dalam otaknya ide tersebut berupa cabang pemikiran hanya berupa kata tunggal dan bukan kalimat lalu ada pola dan hubunga dari tiap garis cabang yang akhirnya adalah pusat gambar Setiap garis-garis dibuat tidak berbentuk lurus agar tidak membosankan. Garis itu juga dibuat tipis bila menjauh dari gambar utama  yang fungsinya agar tertandanya hirarki  
Beberapa langkah dalam kerja kelompok model pembelajaran mind maping yang biasanya secara berpasangan ( 2 orang ) Langkah-langkah pembelajarannya :
-          Tugas Guru menjelaskan kompetensi yang akan dicapai.
-          Selanjutnya Guru harus menyajikan materi yang masih bersifat umum kepada siswa.  
-          Guru menyuruh siswa agar membentuk kelompok belajar yang berpasangan, hal tersebut bermaksd agar Untuk mengetahui daya serap siswa.
-          Siswa ditugaskan oleh guru untuk menceritakan materinya, dimana sebelumnya salah satu dari tiap pasangan dipanggil dan diberi materi tertentu yang kemudian diceritakan kepada kawannya. Begitu juga kelompok lainnya.
-          Guru Menugaskan siswa untuk mewawancara kelompok tetangganya dimana dilakukan secara random. Sampai sebagian siswa sudah menyampaikan hasil wawancaranya.
-          Apabila belum ada yang mengerti guru akan menjelaskan ulang materi tersebut.
-          Kesimpulan/penutup.

C.    Manfaat Teknik Mencatat dengan Teknik Mind Map
banyak sekali keuggulan yang dapat diambil dari pembelajaran ini diantaranya Cara ini cepat Teknik dapat digunakan untuk mengorganisasikan ide-ide yang muncul dikepala anda Proses mengganbar diagram bisa memunculkan ide-ide yang lain. Diagram yang sudah terbentuk bisa menjadi panduan untuk menulis.
Selain itu dibawah ini akan dijelaskan secara terperinci mamfaat lainnya:
 
loop
1)      Dapat meninkatkan kreativitas individu atau berkelompok
Sesudah kita mengetahui bagaimana kerja dan tahap tahap dari mind maping maka siswa akan dengan mudah melaksanakan pembelajaran ini apabila sering dilakukan dalam kelas. bentuk informasi yang diterima dari pembelajaran ini menjadikan siswa sangat aktiff, kreatif dan responsif. Penggunaan berbagai simbol, gambar, pemilihan kata kunci tertentu bukan hal yang jarang terjadi sehingga akan merangsang pola fikir oleh tiap peserta didik.
2)     Dapat mempermudah otak dalam memahami konsep informasi yang diberikan
Setelah siswa memperoleh materi yang diberikan dalam bentuk simbol, gambar dan lainnya maka membuat siswa dituntut harus menghubungkan tiap informasi yang berbeda yang tidak sama setiap komponennya maka dari itu akan membuat daya serap serta pemahaman dari semua siswa akan dibiasakan untuk bekerja secara cepat dan tepat. menyerap informasi dengan cepat.
3)      Meningktkan daya ingat
Dikarenakan dari karakteristiknya membuat siswa harus melibatkan tiap komponen mind maping yang mengandung makna secara umum ataupun khusus sehingga akan dapat meningkatkan daya ingat mereka terhadap informasi yang terkandung di dalam mind map itu.
4)      Dapat mengakomodasikan tiap informasi yang diberikan
Siswa harus dituntut agar mempunyai sudut pandang tertentu dalam menangkap informasi yang diambil dari berbagai sumber-sumber belajar. Akhirnya ditemui banyak keragaman dalam sudut pandang berfikir sehingga dapat membuat mereka untuk memaknai secara khas informasi tersebut lalu dijelaskan masing masing dalam mind map mereka masing-masing.
5)      Mind map dapat memusatkan perhatian siswa
Selama proses pembelajran ini berlangsung maka akan membuat fokus secra mendalam dari tiap siswa dalam memahami tiap materi yang dibahas yang kemudian memahami dan memaknai informasi yang diterimanya. Sehingga dapat membuat efektifitas dalam belajar akan menjadi lebih baik.
6)      Proses belajar yang menyenangkan
Didalam proses pembelajran ini membuat anak anak lebih disiapkan untuk menyukai cara menggambar dimana ini bisa dilihat dari teknik menulis dalam mind maping ini sendiri digunakannya sberbagai simbol akan membuat siswa merasa senang, sejelek apapun hasil gambar mereka akan menimbulkan warna dan aura positif dalam kelas prinsip dari mind maping adalah membuat belajar mengajar jadi menyenangkan.
7)      Mind map mengaktifkan seluruh bagian otak
Semua bagian dari otak baik otak kanan ataupun kiri semua digunakan secara optimal dimana disisi yang digunakan dalam berfikir secara logis dikerjakan oleh otak kiri, tetapi mereka harus mengunakan otak kanannya dialam hal menyalurkan tiap emosi yang dimilikinya dalam bentuk warna dan simbol-simbol tertentu selama membuat mind map (peta pikiran).
Selain dari keunggulan dari ming maping tiap pembelajaran juga ditemu kekurangan yang membuat mereka untuk mengevaluasi tiap hasil akhirnya agar menjadi optimal di tiap pembelajaran kedepannya beberapa dibawah adalah kekurangan dari proses belajar mengajar dari tipe pembelajaran ini
D.   Kekurangan model pembelajaran mind mapping:
a.       Hanya siswa yang aktif yang terlibat
b.      Tidak sepenuhnya murid yang belajar.
c.       Jumlah detail informasi tidak dapat dimasukkan


Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.

0 Response to "prinsip teknik mamfaat mind mapping lengkap terbaru"