ads

konsep dasar, pentingnya manajemen. efisiensi dan efektivitas

Pmp

Konsep dasar management

Dalam hal organisasi sangat dekat kaitannya dengan managemen dimana dalam mengelola suatu organisasi besar ataupun kecil diperlukan ilmu manajemen untuk mencapai tujuan yang diinginkan. Sehubungan dengan hat tersebut, maka ada baiknya kita memahami dulu pengertian dari organisasi
. Griffin memaparkan makna dari organisasi bahwa organisasi adalah a group of people working together in a structured and coordinated fashion to achieve a set of goals. atau dalam bahasa indonesia orang yang bekerja bersama secara berkelompok dan mempunyai struktur dan sistem koordinasi yang bagus sehingga tujuan yang ditetapkan dapat tercapai. Maka jelas bahwa organisasi dengan management sangat erat kaitan dan singkron antar keduanya sehingga apapun yang diusahakan untuk dicapai akan diupayakan dengan kerja sama
gambar by: triputronugroho.wordpress. com


Harus diingat bahwa banyak sekali jenis organisasi tergantung dari ruang lingkup dunia yang digelutinya sehingga membuat tujuan tiap organisasi pun akan berbeda. Organisasi politik, social, bisnis adalah beberapa contoh organisasi. Organiasi seperti bisnis adalah suatu kumpulan orang untuk mencapai suatu tujuan yang bersifat profit. Sekalipun tidak seluruh organisasi bisnis bertujuan untuk profit, yang dimaksud dengan profit adalah suatu tujuan yang ingin dicapai oleh setiap organisasi bersifat bisnis, sehingga mereka berupaya untuk mewujudkan tujuannya tersebut melalui kerja sama di dalam organisasi tersebut. Maka diperlukan stretegi untuk menyeleraskan orang yang memiliki karakter dan latar belakang yang berbeda, memiliki motif ataupun sifat dari setiap orang yang berbeda, Selain orang-orang yang berbeda-beda, organisasi juga terdiri dari berbagai sumber daya yang dimilikinya, misalnya peralatan, perlengkapan, dan lain-lain. Sehingga kalau pintar mengatur dan meneglola perbedaan tersebut akan membuat tujuan akan lebih mudah dicapai. Griffin mengemukakan organisasi yang bersifat profesional paling minimal hal yang harus dimiliki  bagai macam sumber daya, seperti sumber daya manusia (human resources), sumber daya alam (natural resources), sumber daya dana (financial resources) atau keuangan (funds), serta sumber daya informasi (infor­mational resources). Maka disinalah peran penting manajemin yaitu mengatur keseluruhan sumber daya tersebut sehingga dapat dikelola melalui kerja sama dari orang-orang yang berbeda. Manajemen mempunyai karakteristik untuk mengelola berbagai perbedaan baik orang maupun sumber daya lain.

PENTINGNYA MANAJEMEN
 
gambar by: managementgroup1.weebly. com
Seperti dijelaskan sebelumnya bahwa kebutuhan Manajemen sangat jelas dalam semua organisasi, agar konteks seperti usaha dan tujuan yang akan dicapai akan lebih mudah. Ada tiga alasan utama diperlukannya manajemen :

  1. Untuk mencapai tujuan. Manajemen dibutuhkan untuk menca­pai tujuan organisasi dan pribadi.
  2. Untuk menjaga keseimbangan. Manajemen dibutuhkan untuk menjaga ke­seimbangan antara tujuan-tujuan, sasaran-sasaran dan kegiatan-kegiatan. Bila terdapat perbedan pendapat yang saling bertentangan antar berbagai pihak tertentu dan mempunyai kepentingan dalam organisasi, seperti pemilik dan karyawan, ma­upun kreditur, pelanggan, konsumen, supplier, serikat kerja, assosiasi perdagangan, masyarakat dan pemerintah.
  3. Untuk mencapai efisiensi don efektivitas. Manajemen dibutuhkan untuk cara kerja Suatu organisasi. Manajemen akan memudahkan dalam mengukur dengan cara yang efisiensi dan efektivitas.

Efisiensi dan Efektivitas

Evisiensi dan efektifitas adalah suatu konsep yang memudahkan dalam mengukur perestasi ataupun sejauh mana perkembangan tujuan yang hendak dicapai. manajemen adalah efisiensi dan efektivitas. Konsep dari Efisiensi adalah kemampuan dalam mengelola dan menyelesaikan suatu pekerjaan dengan benar. Efisiensi lebih berprinsip kepada konsep matematik, atau merupakan perhitungan ratio antara keluaran (output) dan masukan (input). Dalam hal mengelola suatu organisasi diperlukan Seorang manajer efi­sien dimana tugasnya mengatur dalam penyelesaian pekerjaan secara benar,  seorang manajer ini akan lebih banyak pengeluaran (hasil, produktivitas, performance) dari pada pemasukan (tenaga kerja, bahan, uang, mesin, dan waktu) yang digunakan. Maka dapat disimpulkan seorang yang memegang posisi sebagai manajer akan dapat meminimaliasi segala pengeluaran baik itu penggunaan biaya ataupun sumber daya lain sehingga mencapai keluaran yang telah ditentukan. Atau sebaliknya, manajer disebut efi­sien bila dapat memaksimumkan keluaran dengan jumlah masukan yang terbatas.

Berbeda degan evisiensi yang berfokus bagaimana mengatur tujuan agar dikerjakan dengan benar maka Efektivitas merupakan kemampuan untuk memilih tujuan yang tepat atau peralatan yang tepat untuk pencapaian tujuan yang telah ditetapkan. Maka alhasil seorang yang memegang jabatan sebagai seorang manajer efektif dapat mengelola dan memilih apa saja cara, metode dan pekerjaan yang tepat agar tujuan dari organisasi akan mudah. Peter Drucker adalah seorang ahli manajer mengatakan efektivitas adalah mela­kukan pekerjaan yang benar (doing the right things) , sedang efisiensi adalah melakukan pekerjaan dengan benar (doing things right). Jadi hal yang perlu dipikirkan oleh setiap manajer adalah bukanlah bagaimana melakukan setiap pekerjaan dengan baik dan benar tetapi bagaimana menemukan dan mengambil setiap pekerjaan yang tepat dan benar untuk dilakukan, sehingga setiap sumberdaya dan usaha dapat dipusat (fokus) dalam pekerjaan itu. Contohnya seperti Seorang manajer yang ber­sikeras untuk memproduksi hanya mobil-mobil besar, tetapi dalam pasar sendiri, permin­taan dari masyarakat justru kebalikan dimana pasar memutuhkan mobil-mobil kecil maka manajer tersebut membuat kesalahan dan tidak efektif, walaupun produksi mobil-mobil besar terse­but dilakukan dengan efisien.

DAFTAR PUSTAKA
Bambang Setiyo Pambudi, SE, MM. 2013. Pengantar manajement. Fakultas ekonomi – jurusan manajemen universitas trunojoyo.










Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.

0 Response to "konsep dasar, pentingnya manajemen. efisiensi dan efektivitas"