Pengertian tgt atau temas games
tournament
apa itu metode pembelajaran teams games tournamen (TGT) langkah langkah kelemahan kelebihan |
Tgt sebenarnya hampir sama seperti STAD yang mana setiap hal pembelajaran
dan tahap dari pembelajarannya hampir sama kecuali dipakainya sistem tournament
sebagai ganti dari kuis dan skor perbaikan individu.
Seperti STAD tipe pembelajarannya ini mudah diterapkan, melibat aktivitas
seluruh aktivitas tanpa memandang status. Disini melibatkan peran siswa sebagai
teman presentasi sebaya tapi ada diselipkan unsur permainan dan tournament.
Aktivitas ini lebih ditekankan kepada pembelajaran kooperatif sehingga
memungkinkan untuk belajra lebih rileks, disamping dibebankan tanggung jawab,
kerja sama, persaingan sehat dan keterlibatan belajar.
Tokoh yang berperan dalam TGT ini adalah Davied Devries dan Keilth Edward
ini merupakan metode pertama pembelajaran dari Jphn Hopkins, bermaksud untuk meriview materi pembelajaran pada siswa.
Salvin berhasil meningkatkan skil-skil dasar, pencapaian, interaksi positif dan
antariksa antar siswa antara siswa satu sama lain.
Permainan yang dilakukan berisi pertanyaan yang relevan dan sejalan dengan
materi yang diajarkan untuk meriview pengetahuan siswa yang diperoleh dari
presentasi kelas dan latihan tim.
Turnamen merupakan struktur
bagaimana dilaksanakannya permainan tersebut. Turnamen itu biasanya
dilaksanakan pada akhir minggu, setelah guru menyelesaikan presentasi kelas dan
tim-tim memperoleh kesempatan berlatih dengan LKS. Untuk turnamen pertama, guru
menetapkan siapa yang akan bertanding pada meja permainan. Menetapkan tiga siswa
peringkat atas dalam kinerja yang lalu pada meja 1, masing-masing siswa
mewakili timnya. Tiga siswa berikutnya pada meja dua, dan seterusnya
1.
pendekatan
model TGT
Pendekatan model ini dapat dilakukan pada beberapa sudut
pandang yaitu:
a.
pendekatan
yang beorientasi pada berpusat pada siswa, hal ini dapat dilihat pada kerja
kelompok yang selalu melibatkan siswa pada saat pembelajaran di kelas dengan
tutor sebaya.
b.
Pendekatan
liberal (liberal approaches)
Pendekatan ini menitik
beratkan pada pemberian kesempatan pada pengembangan dan keterampilan dari
belajar sendiri.
c.
Pendekatan
bervariasi
Pendekatan ini yang
bertolak pada konsep permasalahan yang selalu dihadapi oleh siswa. Dalam model
pembelajaran ini (TGT0 dapat digunakan pada berbagai kesesuaian dengan kondisi
yang ada pada kelas dan pada siswa. Cara inilah yang dapat memamfaatkan
berbagai keterampilan siswa secara total dengan tanggung jawab individual dalam
kondisi diskusi yang dilakukan dalam kelompok.
2.
Strategi
yang digunakan pada metode Teams Games Tournament (TGT)
a.
Strategi
pembelajaran
Pada model ini strategi
yang biasa digunakan adalah pembelajran kooperatif yamn mana menekankan pada
prestasi belajar siswa sekaligus kemampuan yang ada siswa ditingkatkan pula,
baik itu kemampuan sosial, harga diri, cara berfikir dalam memecahkan masalah
yang diberikan dan lain-lain.
b.
Metode
yang digunakan pada pembelajran Temas Games Tournament (TGT)
Ada berbagai metode yang
baik digunakan dalam pembelajar ini antara lain:
-
Metode
ceramah
Metode ini mendorong
siswa agar siswa selalu memperhatikan guru dan dilakukan secara monolog atau
berlangsung satu arah, metode dengan cara ini diawali dengan pelajaran,
penyimpulan, materi dan konfirmasi bila terdapat dari peserta didik apa yang
harus diperbaiki.
-
Metode
kerja kelompok
Metode kerja kelompok
dimana siswa dikondisikan pada suatu kelompok yang telah diberikan materi atau
tugas oleh guru agar segera diselesaikan, tiap kelompok bisa beranggota 4-6
orang.
-
Metode
diskusi
Metode ini hampir sama
seperti kerja kelompok yang mana siswa diberikan masalah agar didiskusikan pada
kelompoknya sendiri.
-
Metode
demonstrasi
Yang mana pada metode
ini guru mendemon atau mencontohkan apa yang harus dilakukan siswa tentang
suatu proses atau benda.
-
Metode
problem sulfing
Disini siswa dihadapkan
pada masalah tertentu yang mana masalah itu disediakan dalam bentuk lembar
kerja siswa (LKS) untuk diselesaikan pada tiap-tiap kelompok.
-
Metode
pemberian tugas
Metode ini sering
disebutkan dengan resitasi yang mana guru memeberi tugas agar dikerjakan baik
itu sendiri atau berkelompok, metode ini sangat bagus pada tipe pembelajaran
verbal atau bukan praktikum.
3.
Persiapan
Teams Games Tournament
Ada beberapa hal yang harus dilakukan guru sebelum
melaksanakan metode ini diantaranya bahan atau materi, kemudian penempatan
dalam kelompok, jadwal dll.
a.
Bahan:
hal yang sangat krusial disini adalah bahan ajar, sama seperti STAD. TGT juga
membutuhkan atau semua metode belajar perlum bahan ajar sebelum menjelaskan
kepada siswa. Dimana di TGT sendiri guru
butuh satu set kartu yang diberi nomor 1-30 untuk tiga siswa dalam kelas
terbesar. Sebelum presentasi materi guru harus sudah ada lembar dari LKS
b.
Penempatan
siswa dalam tim
Guru menempatkan siswa
dalam tim yang heterogen iasanya terdiri dari 4 sampai 5 siswa. Untuk pembelajaraan
kooperatif kelompok diisi dengan siswa yang kemampuan akademisnya merata.
c.
Penempatan
siswa pada meja turnament awal
Satu salinan
dipersiapkan pada meja, pada salinan itu terdapat urutan rangking siswa dari
tertinggi sampai terendah. kemudian siswa yang siswa dihitung semua siswa yang
ada dikelas dibagi beberapa contohnya 3 maka tiap anggota akan memiliki anggota
3 orang, dan selebihnya sisa kelompok terakhir. Pada tahap pertama siswa
diajarkan dengan kegiatan mengajar oleh guru lalu diumumkan penempatan tim lalu
mintalah siswa menggeser meja bersama-sama untuk membuat meja meja tim.
d.
Jadwal
kegiatan
Jadwal kegiatan terdiri
dari mengajar lalu dilanjutkan dengan siswa belajar materi yang diajarkan,
selanjutnya diikuti dengan tournament, di tournament ini siswa bertanding
dengan tim lain yang mana bahannya berupa foto copy lembar permainan yang telah
disiapkan oleh guru untuk diisi siswa. Dan satu tumpuk kartu-kartu bernomor
yang homogen dengan pertanyaan pada lebar permainan untuk tiap meja turnament. Kemudian
ada beberapa tambahan dari jadwal kegiatan yaitu:
-
Penghargaan
tim, guru menyiapkan sertifikat bagi tim pemenang atau lainnya
-
Bumping:
penempatan siswa kembali ke meja masing-masing
-
Pemberian
nilai: TGT secara otomatis memberikan nilai bagia tiap individu, ini juga dapat
digunakan pada evaluasi tengah semester atau test akhir semester.
4.
Langkah-langkah
Ada beberapa langkah yang harus dilakukan mulai dari:
a.
Penyjian
kelas
Guru menyajikan materi
kepada siswa terlebih dahulu, akan lebih menarik penyajiannya berupa CD (audio
visual) dilakukan dengan penelitian.
b.
Belajar
kelompok
Setiap kelompok yang
sudah dibagi leh guru yang heterogen, mereka bersama berusaha memahami materi
yang telah diberikan oleh guru. Lalu guru memberikan LKS untuk dikerjakan dan
siswa mencocokkan jawaban dengan jawaban teman sekelompok, dipersilahkan juga
siswa untuk bertanya, mengemukakan ide dll.
c.
Permainan
Apabila selesai dengan
LKS maka akan dimulai permainan, permainan diwakili oleh tiap-tiap kelompok
yang mana telah diberikan kartu yang bernomor diisi dengan pertanyaan sehingga
siswa perwakilan mengerjakannya bersama teman sekelompok
d.
Pertandingan
(tournamenta)
Tujuannya agar tiap
siswa apakan menguasai materi yang diberikan. Turnament sendiri diikuti oleh
semua siswa. Meja turnament diurutkan berdasarkan tingkatan akademik siswa itu
sendiri. Soal turnament sendiri dirancang agar siswa bisa mengerjakannya
sehingga dapat menyumbangkan point untuk kelompok. Siswa dengan skor yang lebih
tinggi akan naik meja yang akademiknya lebih baik dan beitu seterusnya.
5.
kelebihan
dan kekurangan metode Teams Games Tournament
a.
kelebihan
-
para
siswa dalam kelas memperoleh banyak teman pada kelompkm yang rasial
-
terjadi
peningkatan pendapat bahwa hasil yangg diperoleh tergantug pada kerja keras
member dari kelompok
-
dapat
menggunakan waktu dengan baik dalam belajar bersama
-
meningkatkan
rasa emosional dan harga diri juga meningkatkan tingkat kehadiran di seklah.
b.
Kelemahan
-
Harus
menggunakan waktu yang sangat lama
-
Guru
dituntut harus pandai dalam memilih materi yang akan diajarkan dan cocok dengan
metode ini
-
Perlu
persiapan dengan betul-betul, mulai dari materi, soal dan cara tournament
Daftar
pustaka
Miftahul
huda. 2012. Model-model pengajaran dan
pembelajaran. Yogyakarta: pustaka belajar.
Anwar,
nhing. Makalah model pembelajaran
Desykartikaputri.wordpress.com
3bkelompok5.blogspot,com
Rizardian.blogspot.com
Wawanlistyawan.com
0 Response to "apa itu metode pembelajaran teams games tournamen (TGT) langkah langkah kelemahan kelebihan"
Post a Comment